Liburan ke Yogyakarta Lebih Seru dengan Mengunjungi 6 Wisata Ekstrem Ini

Yogyakarta dan budayanya yang masih sangat kental adalah daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang tinggal di luar kota tersebut. Bukan hanya itu, Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja juga menjadi kota dengan potensi pariwisata tiada habisnya. Di tengah banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, selalu muncul nama-nama baru yang menarik perhatian para pelancong.

Hebatnya lagi, kota yang terkenal dengan bakpia Patok ini juga ternyata punya beragam lokasi wisata ekstrem favorit anak muda zaman sekarang. Jika kamu salah satu yang punya nyali tinggi, coba datangi beberapa tempat berikut ini saat berkunjung ke Jogja.

Cliff Swing Gunung Api Purba

Mungkin bagi sebagian orang, ayunan adalah permainan untuk anak-anak, tetapi bagaimana dengan cliff swing? Permainan ini juga merupakan ayunan, tetapi dibuat dengan lebih menantang karena dilakukan di atas tebing yang sangat tinggi. Jika kamu penasaran dengan permainan ini, coba datang ke Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di sana, kamu bisa mencoba naik ayunan yang yang dipasang di antara dua tebing. Pertama, kamu harus naik dan berjalan di seutas tali untuk mencapai ayunan yang berada di tengah-tengah. Di bawahmu, menganga jurang lebar setinggi 100 meter. Bagaimana? Jika tertarik, kamu bisa merogoh kocek sekitar tiga sampai empat juta.

Lava Tour Merapi

Apabila tidak ingin capek-capek mendaki Gunung Merapi atau hanya sekadar menikmati keindahannya dari kaki gunungnya, kamu juga bisa melakukan tur menggunakan mobil jeep. Coba lakukan Lava Tour bersama teman-temanmu, sekitar tiga sampai lima orang. Kamu bisa menyewa jeep untuk berkeliling Gunung Merapi, melewati jalanan yang dipenuhi bebatuan dan halangan lainnya. Sudah jelas tour ini cukup menantang mengingat mobil kamu akan digoncang sedemikian rupa hingga ke atas gunung.

Gondola Pantai Timang

Apabila dua wisata sebelumnya dirasa cukup mahal, maka ada lagi wisata ekstrem cukup murah di Desa Purwodadi, Gunung Kidul. Namanya adalah Gondola Pantai Timang. Gondola tersebut sebenarnya alat yang digunakan nelayan untuk berburu lobster, tapi siapa sangka jika banyak orang luar yang tertarik menaikinya.

Dengan membayar sekitar 150-an ribu rupiah, kamu akan merasakan sensasi menaiki gondola tradisional yang ditarik dengan tambang. Di bawah kakimu ada laut lepas dengan ombak yang cukup menakutkan. Uji nyalimu dengan berwisata ke tempat ini bersama teman-temanmu.

Paralayang Bukit Gupi

Di wilayah Bukit Gupi, Kecamatan Purwosari Gunung Kidul juga ada wisata cukup menantang, yaitu paralayang. Kamu akan ditantang untuk menaklukkan ketinggian memakai paralayang dari Bukit Gupi. Lalu nikmati keindahan Yogyakarta yang sangat menawan dari atas.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu akan ditemani pemandu saat menjelajah udara. Meskipun bikin deg-degan, tapi patut sekali untuk dicoba.

Jembatan Gantung Pantai Sinden

Saat kamu jalan-jalan ke Pantai Sinden yang ada di Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, jangan lupa untuk mencoba sensasi berjalan di atas jembatan gantungnya. Usai menikmati keindahan pantainya, tantang dirimu dengan berjalan di atas jembatan gantung yang membawamu menyeberang ke Pulau Kalong. Di bawah jematan, ombak berdebum kencang dengan laut lepas yang siap menyeret apa pun. Jika berani, kamu cukup membayar 25 ribu rupiah.

Caving Gua Jomblang

Yogyakarta juga punya wisata ekstrem di sebuah gua. Namanya adalah Gua Jomblang yang berada di Padukuhan Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Gua satu ini sangat terkenal hingga ke luar negeri karena medannya yang vertikal. Jika sampai di tengah gua, kamu bisa merasakan sensasi masuknya cahaya dari lubang tengah-tengah gua. Meskipun medannya sulit, tapi patut untuk dikunjungi.

Gimana? Jadi ingin juga berwisata ekstrem tidak?