Legion Phone Duel, Smartphone Gaming Pertama Besutan Lenovo

Seperti halnya Asus, Lenovo juga tidak mau kalah di pasar gaming. Sama-sama mengusung nama besarnya di dunia gaming, Lenovo juga meluncurkan smartphone gaming pertamanya.

Peluncuran smartphone gaming Lenovo yang diberi nama Legion Phone Duel ini juga bertepatan dengan Asus meluncurkan smartphone gaming terbarunya yaitu ROG Phone 3.

Dan menariknya, baik Asus maupun Lenovo sama-sama menggunakan chipset yang serupa yaitu Qualcomm Snapdragon 865+. Dengan memilih chipset yang sama dan meluncurkan perangkatnya di tanggal yang sama, secara tidak langsung Lenovo memang terlihat menabuh genderang perang dengan Asus di lini smartphone gaming.

Lalu seperti apakah detail spesifikasi Lenovo Legion Phone Duel? Apakah spesifikasi yang diusung smartphone gaming pertama Lenovo tersebut layak untuk bertanding dengan ROG Phone 3 milik Asus?

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa spesifikasi yang diusung Lenovo Legion Phone Duel, anda bisa baca informasi tersebut selengkapnya di artikel ini.

Display 6.59 Inci Dengan Panel AMOLED

Sebagai sebuah smartphone gaming, Lenovo Legion Phone Duel terlihat mengusung display yang sangat tepat. Untuk displaynya, Lenovo Legion Phone Duel menggunakan display berukuran bentang diagonal 6.59 inci. Ukuran display yang diusung Lenovo Legion Phone Duel serupa dengan yang digunakan di ROG Phone 3.

Sedangkan untuk bagian panelnya, Lenovo Legion Phone Duel juga menggunakan panel jenis AMOLED sama seperti yang digunakan juga pada ROG Phone 3.

Untuk desain displaynya, Lenovo Legion Phone Duel tidak menggunakan notch maupun punch hole seperti kebanyakan smartphone masa kini. Lenovo Legion Phone Duel masih menggunakan bezel yang cukup tebal di bagian atas untuk menyematkan sensor kamera depan serta berbagai sensor penting lainnya.

Namun menariknya, meskipun menerapkan desain display dengan bezel tebal, tampilan eksterior Lenovo Legion Phone Duel sama sekali tidak berkurang.

hp gaming lenovo legion phone duel » Legion Phone Duel, Smartphone Gaming Pertama Besutan Lenovo

Karena sudah menggunakan panel jenis AMOLED, sudah dapat dipastikan untuk bagian display, Lenovo Legion Phone Duel memang memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Lenovo Legion Phone Duel di bagian display:

  • Sudah menggunakan fitur in display fingerprint.
  • Dilengkapi dengan fitur refreh rate 144 Hz dan juga touch sampling rate 240 Hz.
  • Mendukung resolusi FHD+.

Selain itu, di bagian depan Lenovo Legion Phone Duel juga dilengkapi dengan speaker stereo yang dapat meningkatkan kenyamanan bermain game.

Ditenagai Chipset Qualcomm Snapdragon Seri Tertinggi Saat Ini

Hadir sebagai smartphone gaming jelas membuat Lenovo tidak sembarangan menyematkan chipset di dalam Legion Phone.

Seperti halnya Asus, Lenovo juga memilih menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon seri tertinggi saat ini yaitu 865+ di dalam Lenovo Legion Phone Duel.

Dengan menggunakan chipset tersebut, Lenovo Legion Phone Duel dengan sangat mudah mendapatkan performa terbaiknya. Hal tersebut disebabkan karena di dalamnya sudah dibekali dengan CPU octa core berkecepatan maksimal 3.1 Ghz.

Selain itu, Lenovo Legion Phone Duel juga masih ditopang dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB. Sedangkan untuk bagian penyimpanan datanya, Lenovo Legion Phone Duel dilengkapi dengan memori internal 512 GB.

Untuk bagian sistem operasinya, Lenovo Legion Phone Duel juga sama dibekali dengan sistem operasi Android versi 10 dengan ZUI 12 ataupun Legion OS.

Dibekali Dual Kamera Dengan Penempatan yang Cukup Unik

Pada bagian kamera, Lenovo Legion Phone Duel bisa dikatakan kalah dari Asus ROG Phone 3. Hal tersebut disebabkan karena Lenovo Legion Phone Duel hanya dibekali dengan dual kamera saja.

Konfigurasi dual kamera Lenovo Legion Phone Duel terdiri dari kamera 64 MP sebagai kamera primer dan kamera 16 MP ultrawide sebagai kamera pendukung. Sedangkan untuk di bagian depan, Lenovo Legion Phone Duel dibekali dengan kamera selfie 20 MP.

Namun meskipun hanya dibekali dengan dual kamera saja, Lenovo Legion Phone Duel bisa dikatakan lebih unggul dari Asus ROG Phone 3 dari segi penempatan kameranya.

Jika dilihat, Lenovo Legion Phone Duel menempatkan dual kameranya tepat di bagian tengah cover belakang. Sedangkan untuk kamera selfie, Lenovo Legion Phone Duel justru menempatkannya di bodi samping.

Dengan penempatan kamera tersebut, Lenovo Legion Phone Duel bisa digunakan untuk live streaming saat bermain game jauh lebih baik daripada Asus ROG Phone 3 yang mengusung penempatan kamera seperti smartphone pada umumnya.

Baterai Ganda Dengan Fitur Fast Charging Super Besar

Untuk bagian catu daya, Lenovo Legion Phone Duel bisa dikatakan kalah dari ROG Phone 3. Hal tersebut disebabkan karena Lenovo Legion Phone Duel hanya dibekali dengan baterai jenis Li-Po non removable berkapasitas 5.000 mAh.

Namun menariknya, Lenovo Legion Phone Duel dibekali dengan 2 buah baterai yang masing-masing memiliki kapasitas 2.500 mAh. Dengan menggunakan 2 baterai tersebut, Lenovo Legion Phone Duel diyakini bisa tetap digunakan secara aman meskipun sedang melakukan pengisian daya baterai.

Selain itu, Lenovo Legion Phone Duel juga dilengkapi dengan fitur fast charging spesial yang memiliki daya maksimal hingga 90W. Dengan fitur fast charging tersebut, baterai Lenovo Legion Phone Duel bisa diisi dari kondisi 0% hingga 50% hanya dalam waktu 10 menit saja.

Dan menariknya, Lenovo Legion Phone Duel juga sudah dilengkapi dengan charger USB tipe C khusus yang memiliki 2 konektor sehingga bisa melakukan pengisian 2 baterai secara bersamaan.

Harga Lenovo Legion Phone Duel

Seperti halnya Asus ROG Phone 3, Lenovo Legion Phone Duel juga akan diluncurkan di beberapa negara. Namun sayangnya, Lenovo Legion Phone Duel tidak akan diluncurkan di Amerika Serikat.

Untuk harga jualnya, Lenovo Legion Phone Duel akan dijual mulai dari harga 3.499 Yuan atau sekitar 7,3 jutaan Rupiah saja.