Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab

Sebagai manusia tentu saja kita ingin bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Entah untuk mahluk hidup lain atau ekosistem yang kita tempati. Milyaran manusia berlomba untuk menjadi manusia terbaik menurut versi masing-masing. Kita tahu bahwa tidak ada mahluk ciptaan Tuhan yang sempurna, tapi setiap harinya kita dituntut untuk melakukan dan menjadi yang terbaik.

Salah satu kriteria manusia yang baik adalah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Rasa tanggung jawab tersebut bisa terlihat dari pencapaian yang ada di kehidupan masing-masing. Contoh nyata yang bisa dilihat adalah dari penyelesaian tugas-tugas yang diterimanya. Manusia dianggap memiliki tanggung jawab yang baik bila mampu menuntaskan pekerjaan yang ada. di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terus mengembangkan rasa tanggung jawab yang dimiliki agar lebih baik.

1. Temukan motivasi
1. Temukan motivasi 300x225 » Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab
Motivasi sangatlah penting untuk dimiliki masing-masing individu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tanyakan pada diri sendiri alasan apa yang bisa membantu untuk dapat menuntaskan tanggung jawab yang dimiliki. Motivasi bisa dikaitkan dengan tujuan. Orang cenderung menyelesaikan pekerjaan dengan baik apabila memiliki motivasi atau tujuan yang tepat.

Sebagai contoh, agar dapat memenuhi kebutuhan hidup yang banyak, seorang karyawan rela meluangkan waktu di luar jam kerja untuk menyelesaikan lebih banyak target pekerjaan. Banyaknya target pekerjaan yang diselesaikan akan berpengaruh terhadap uang yang dihasilkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Jangan menyalahkan orang lain
2. Jangan menyalahkan orang lain 300x154 » Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab
Menyalahkan orang lain merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia. Sebisa mungkin orang lain selalu melihat kita sebagai individu yang benar. Namun, hal tersebut tidak harus selalu dilakukan. Menyalahkan orang lain terhadap kesalahan yang dibuat sendiri justru menjadi bumerang yang bisa menyakiti kita nantinya. Jangan lagi menyalahkan orang lain dan membuat alasan atas perbuatan yang diperbuat. Jadikan kesalahan tersebut sebagai bahan introspeksi diri untuk menjadi individu yang lebih baik di kemudian hari.

3. Buat target yang masuk akal
3. Buat target yang masuk akal 300x300 » Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab
Membuat target sama pentingnya dengan mencari motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, yang perlu diingat adalah jangan membuat target yang memaksakan dan terlihat sangat sulit digapai. Cobalah untuk lebih realistis melihat situasi sehingga target sebisa mungkin tercapai/ memiliki target yang mustahil untuk digapai justru akan membuat beban pekerjaan semakin berat. Jiwa kita akan selalu tidak tenang sehingga stres mudah datang ketika target dibuat secara realistis.

4. Mematuhi jadwal yang sudah dibuat
4. Mematuhi jadwal yang sudah dibuat 300x225 » Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab
Jadwal adalah hal selanjutnya yang harus diperhatikan. Banyak orang sukses terhadap pekerjaannya dengan rajin membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Jadwal tersebut akan membatu seseorang untuk menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki. Bila sudah membuat jadwal, sebisa mungkin untuk mematuhi jadwal tersebut. Buatlah kebiasaan untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Memang akan terasa berat karena belum terbiasa, tapi bila dilatih terus menerus kebiasaan tersebut akan mudah untuk dilakukan.

5. Jangan mudah menyerah
5. Jangan mudah menyerah 300x252 » Langkah Mudah untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab
Menjadi manusia yang bertanggung jawab tidak akan membuatmu menjadi orang lemah yang mudah menyerah. Kegagalan untuk memberikan performa terbaik seringkali akan dihadapi, tapi hal tersebut bukanlah alasan untuk terus jatuh dan berada di titik rendah. Selalu temukan cara ketika gagal menyelesaikan tanggung jawab. Cari motivasi yang bisa selalu digunakan untuk dijadikan semangat.

Beberapa hal di atas bisa dijadikan acuan untuk menjadi manusia dengan versi yang lebih baik. Seperti yang telah disebutkan di awal, tidak ada yang namanya kesempurnaan. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak memberikan performa terbaik di setiap kesempatan yang dimiliki.