Konsumtif Menjadi Ciri Gaya Hidup Masyarakat Milenial

Gaya hidup konsumtif merupakan sebuah perilaku yang di tandai dengan kehidupan serba berlebihan bahkan cenderung bermewah-mewahan yang dapat memberikan kepuasan dalam diri seseroang. Generasi milenial saat ini memang cukup banyak menganut gaya hidup konsumtif dalam keseharian, mereka mendapatkan kenyamanan secara fisik dengan tidak dapat mengendalikan keinginan dalam hal kesenangan duniawi.
Gaya hidup konsumif 300x133 » Konsumtif Menjadi Ciri Gaya Hidup Masyarakat Milenial
Biasanya gaya hidup konsumtif banyak dilakukan oleh kalangan menengah keatas yang memiliki penghasilan diatas rata-rata. Namun saat ini golongan memengah ke bawah pun turut mengikuti trend gaya hidup konsumtif yang nyatanya cukup merugikan bagi diri mereka sendiri. Seseorang dapat dikatakan menganut gaya hidup konsumtif apabila melihat suatu benda akan mudah tertarik kemudian lekas membelinya, meskipun barang tersebut tidak benar-benar di perlukan.

Dampak yang akan terjadi dengan gaya hidup konsumtif tak hanya dapat dirasakan oleh diri pribadi namun juga masyarakat luas bahkan negara. Dampak negatif yang biasanya muncul akibat gaya hidup konsumtif adalah kerapnya terjadi perampokan, pencurian dan penganiayaan yang disebab kan oleh tingginya hasrat untuk mendapatkan banyak uang yang sering kali digunakan hanya untuk berhura-hura.

Penyebab Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif 300x206 » Konsumtif Menjadi Ciri Gaya Hidup Masyarakat Milenial
Saat ini gaya konsumtif tak hanya sekedar sebagai sebuah pandangan hidup, akan tetapi telah menjelma menjadi sebuah pilihan masyarakat milenial. Dengan gaya hidup yang lebih menonjolkan sisi kemewahan dan keglamouran dipercaya akan membawa kebahagiaan dan kepuasan baik fisik maupun psikis. Akan tetapi tanpa disadari, dengan gaya hidup konsumtif justru akan berdampak tidak baik bagi keuangan anda.

Gaya hidup konsumtif dapat dikategorikan sebagai salah satu pemborosan yang lambat laun akan sulit diubah dan di kendalikan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya gaya hidup konsumtif di masyarakat seperti saat ini, diantaranya adalah:

1. Tingkat stres yang cukup tinggi
Stres yang sering dialami oleh masyarakat saat ini mendorong munculnya gaya hidup konsumtif, banyak yang melakukan kegiatan untuk menghilangkan stres dan penat dengan cara berbelanja secara berlebihan. Bahkan tak jarang mereka membeli barang-barang yang tidak di butuhkan, hanya sekedar suka membeli tanpa mempertimbangkan kegunaan barang tersebut.

2. Gengsi
Menganut gaya hidup konsumtif banyak dilakukan oleh mereka yang sangat memperhatikan gengsi. Kebanyakan orang akan mudah untuk terbawa ke dalam arus perkembangan zaman, di mana segala sesuatunya harus bagus dan mewah. Dengan selalu mengikuti gengsi tinggi nyatanya akan berdampak tidak baik bagi finansial anda.

3. Pergaulan
Pergaulan menjadi salah satu pemicu munculnya gaya hidup konsumtif yang banyak dilakukan oleh masyarakat milenial. Banyak yang tidak menyadari bahwa dari pertemanan yang dilakukan dengan kalangan atas, akan menjerumuskan menjadi seseorang yang lebih konsumtif. Gaya hidup konsumtif dalam lingkup pergaulan menjadi salah satu eksistensi seseorang dalam lingkungan sosial.

4. Media
Media merupakan salah satu penyebab munculnya gaya hidup konsumtif di masyarakat. Baik media sosial, media cetak maupun media elektronik dengan mudah dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang-barang yang di iklankan, meskipun sebenarnya barang tersebut tidak di butuhkan.

Agar dapat terhindar dari gaya hidup konsumtif, seseorang harus memiliki tekad yang bulat untuk tidak terpengaruh kepada lingkungan. Menabung menjadi sebuah solusi yang tepat untuk bisa mengerem kebiasaan anda dalam berbelanja produk yang tidak begitu penting. Selain itu penting bagi anda dan keluarga membuat sebuah rancangan belanja yang jelas sesuai anggaran yang di tentukan.

Anggaran yang di buat dapat menjadi alat untuk menentukan target pengeluaran, oleh sebab itu penting untuk mendisiplinkan diri dalam menjalankan anggaran yang telah dibuat. Mengendalikan diri untuk tidak mudah tergoda membeli sesuatu memang sangat sulit dilakukan, akan tetapi dengan tekad yang bulat, gaya hidup konsumtif tentu akan bisa di hindari.