Ketahui Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh – Kol merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan dan dimasak menjadi tumis ataupun lalapan. Rasanya yang gurih ini membuat jenis sayur ini menjadi salah satu bahan masakan yang digemari banyak orang untuk dijadikan lalapan.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kol memiliki kandungan gizi dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kol bagi kesehatan tubuh? Berikut ini manfaat dari kol yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Kol Bagi Kesehatan Tubuh » Ketahui Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Membantu pembentukan sel darah merah

Manfaat kol bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh. Kandungan zat besi pada kol ini lah yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah pada tubuh.

  1. Mencegah kanker

Manfaat berikutnya dari kol yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu mencegah kanker. Di dalam kol dan sayuran jenis kubis-kubisan lainnya memiliki kandungan zat yang mampu menahan dan mencegah pertumbuhan senyawa penyebab kanker. Bagi perempuan, kol sangat bermanfaat sekali untuk dikonsumsi karena kandungan kol juga mampu mencegah penyakit kanker payudara.

  1. Mengontrol tekanan darah tinggi

Selain dapat mencegah kanker, mengkonsumsi kol juga bermnfaat baik untuk mengontrol tekanan darah pada tubuh. Kandungan kalium yang terdapat pada kol berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Mengandung vitamin C

Vitamin C penting sekali bagi kesehatan tubuh dimana Vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi sayur kol. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, Vitamin C pada kol juga baik untuk mencegah sariawan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Bagi orang yang memiliki berat badan yang berlebih, berusaha dengan melakukan berbagai cara agar dapat menurunkan berat badannya. Tahukah Anda jika kol ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, sayuran yang satu ini baik dikonsumsi karena kandungan kalorinya yang rendah.

  1. Baik untuk mendetoks tubuh

Tubuh membutuhkan proses detoks agar racun dan senyawa yang membahayakan tubuh dapat hilang. Saalh satu cara untuk detoks tubuh Anda yaitu dengan mengkonsumsi kol. Vitamin C yang terkandung pada kol selain berfungsi untuk meningkatkan sistem imun juga baik untuk proses detoks tubuh.

  1. Baik Untuk Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Untuk itu menjaga kesehatan otak merupakan hal yang penting. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menutrisi otak yaitu kol. Kol merupakan salah satu sayuran yang mengandung Vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi serta kesehatan mental. Bahkan Vitamin K pada kol juga bermanfaat untuk mencegah penyakit yang menyerang otak seperti Alzheimer.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Selain baik untuk otak, manfaat kol bagi keshatan tubuh berikutnya yaitu bermnafaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten pada kol mampu mencegah masalah dan penyakit yang menyerang mata. Dengan begitu kesehatan mata tetap terjaga dan penglihatan pun meningkat.

  1. Kesehatan Tulang

Agar tubuh tetap kuat dalam menjalankan aktivitas, kekuatan tulang tentunya sangat penting dalam menopang tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan tulang tentunya tubuh memerlukan asupan gizi seperti kalsium, kalium dan magnesium.  Kol merupakan salah satu sayuran yang mengandung tiga zat tersebut yakni kalsium, kalium dan magnesium. Dengan mengkonsumsi kol, dapat mencegah tubuh Anda dari penyakit osteoporosis.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala sangat mengganggu aktivitas. Saat sakit kepala menyerang tentunya kita dapat berkonsentrasi dan tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan. Kol merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Berbagai jenis sayuran hijau memang baik dikonsumsi karena mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Begitu pun dengan kol, kol merupakan salah astu sayuran yang mengandung serat yang berfungsi untuk melancarkan buang air besar dan mencegah penyakit sembelit.

  1. Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Saat hamil, sang ibu dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan janin yang dikandungnya. Kol merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dimana kandungan assam folatnya berfungsi untuk perkembangan janin.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Selain otak, jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting, dimana jantung ini berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Nah, manfaat berikutnya dari kol yaitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium pada kol tidak hanya berfungsi untuk kesehatan tulang tapi baik juga untuk kesehatan jantung.