Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali

Sinyal merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa kita lepaskan bagi para pengguna smartphone. Namun terkadang, sinyal operator yang dipakai tidak kunjung muncul atau justru sebaliknya. Indonesia sebenarnya dikenal sebagai salah satu negara penghasil sinyal yang cukup sulit, sehingga saat berada di dalam rumah pun Anda akan kesulitan mendapatkan sinyalnya.

Tanpa adanya sinyal, Anda pun tidak akan bisa membuka browser, media sosial, game online, dan sebagainya. Anda yang berkomunikasi secara media online, seperti Line, Whatsapp, dan lainnya pasti tidak bisa dilakukan karena sinyal tidak ada. Maka dari itu, agar bisa mendapatkan sinyalnya kembali, ikuti saja cara-cara ini.

Smartphone Harus Di restart Secara Berkala
Restart smartphone Anda agar mendapat sinyal lagi 300x200 » Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali
Cara pertama yang cukup simple untuk mengembalikan sinyal adalah dengan me-restart smartphone secara berkala. Meskipun cara ini sangat mudah, smartphone Anda nantinya akan menjadi lebih segar. Dengan begitu, kinerja pada dapur pacunya bisa lebih optimal dan lancar.

Selain mempercepat dapur pacunya, sinyal Anda yang tadinya hilang atau lambat bisa kembali cepat lagi. Kalau masih belum bisa, Anda dapat mengikuti cara lainnya seperti berikut ini.

Matikan dan Aktifkan Kembali Smartphone Anda
Matikan dan nyalakan lagi kalau belum berhasil mendapat sinyal 300x200 » Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali
Cara ini mirip seperti yang sebelumnya dijelaskan, tapi bedanya, cara ini harus mematikan smartphone beberapa waktu, lalu menyalakannya lagi. Biasanya, mesin smartphone panas ketika terlalu lama memakainya, sehingga sinyal menjadi terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, dinginkan mesinnya dengan mematikannya. Kalau sudah dingin, nyalakan kembali.

Fungsinya sebenarnya sama dengan penjelasan sebelumnya, memberikan penyegaran pada kinerja smartphonenya. Jadi kalau sudah mulai panas dan sinyal mulai sulit, pakai saja cara ini agar kembali normal.

Aktifkan Flight Mode Beberapa Saat Agar Koneksi Tidak Lag
Nyalakan dan matikan Flight Mode agar jaringan merestart 300x179 » Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali
Anda tidak mendapat sinyal meskipun cara di atas sudah dilakukan? Coba aktifkan flight mode atau mode pesawat beberapa saat. Cara ini khususnya memang dipakai untuk me-refresh jaringan yang Anda pakai, apalagi sedang berada di daerah yang sulit sinyal. Aktifkan saja beberapa detik, lalu matikan lagi mode tersebut. Tak lama setelah loading jaringan, sinyal Anda pun akan kembali secara normal.

Selain mengembalikan sinyal jaringan, cara ini juga bisa menghubungkan pemancar operator terdekat, sehingga jaringan internet Anda dapat semakin kencang. Kendala menggunakan jaringan internet pun sudah tidak ada lagi.

Buatlah Peta Sinyal Agar Indikator Sinyal Terlihat
Pakai saja aplikasi atau fitur peta sinyal untuk mencari tempat yang banyak menghasilkan sinyal 300x212 » Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali
Untuk mempermudah mencari sinyal, Anda perlu menyalakan peta sinyal yang biasanya disediakan oleh beberapa smartphone. Kalau Anda tidak memiliki fitur tersebut, Anda bisa saja menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download di penyedia aplikasi di Android atau IPhone.

Bagi Anda yang memiliki fitur ini di smartphone, aktifkan saja mode field test dan lihat daerah mana yang memiliki banyak sinyal. Bisa juga Anda masuk ke dalam menu Settings, lalu cari menu pilihan yang bisa mengecek kekuatan sinyal. Berjalan-jalanlah sekitar rumah hingga mendapat sinyal yang bagus. Kalau sudah, tandai daerah tersebut di smartphone Anda agar bisa mudah mendapat sinyalnya.

Membuat Sendiri Pemancar Sinyal dengan Alat-alat Di rumah
Kalau masih tidak bisa buat saja sendiri penangkap sinyalnya 300x168 » Kesulitan Mencari Sinyal Di rumah? Ikuti Cara Ini Agar Sinyal Anda Kuat Kembali
Kalau masih tidak bisa juga dengan cara-cara di atas, buat saja pemancar sinyal yang hanya menggunakan alat-alat sederhana dan mudah ditemukan di rumah. Cara yang paling banyak dipakai adalah dengan memakai CD yang tidak terpakai lagi maupun media yang luas dan berbentuk lonjong, seperti panci atau penggorengan.

Bisa juga memakai kertas alumunium foil dengan membungkuskannya ke body smartphone Anda. Di jamin, sinyal Anda pun akan kembali normal.

Cara di atas memang yang paling banyak dipakai oleh orang-orang Indonesia, karena sulitnya mencari sinyal. Jadi, ketika Anda sedang kehilangan sinyal, coba saja cara-cara di atas sampai menemukan sinyalnya kembali.