Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet yang Tidak akan Membuat Berat Badan Turun

Kebanyakan wanita menginginkan tubuh yang ideal, yang tidak gemuk juga tidak terlalu kurus. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang ideal sangatlah tidak mudah. Maka tidak heran, kalau para wanita berusaha mendapatkan tubuh yang ideal dengan berbagai macam cara, bahkan rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan operasi tubuh.

Tapi tidak jarang juga para wanita rela melakukan diet agar mendapatkan tubuh yang mereka inginkan. Dengan melakukan diet, cara tersebut tentu lebih sehat dilakukan dan metode yang tergolong sangat hemat. Namun, masih banyak orang yang salah saat sedang melakukan diet dan bahkan berat badan mereka tidak kunjung turun. Lalu, kesalahan-kesalahan apa saja sih yang biasanya mereka lakukan saat diet?

1. Sengaja tidak sarapan

Meskipun sedang diet jangan lupa melakukan sarapan pagi 300x201 » Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet yang Tidak akan Membuat Berat Badan Turun

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan pada saat diet adalah sengaja tidak melakukan sarapan pagi. Padahal sarapan pagi sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita, terutama kita harus membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari hingga malam hari. Apalagi setelah mereka melewatkan sarapan pagi, mereka juga melewatkan makan siang.

Kalau pada siang hari Anda juga melewatkan makan siang, secara otomatis pada saat malam hari Anda akan lebih banyak makan. Jika dilakukan terus menerus, sudah pasti berat badan tidak akan turun. Lebih baik, tetaplah lakukan sarapan pagi dengan menyantap buah-buahan, sereal, ataupun oatmeal. Kalau Anda menerapkan cara seperti itu, tubuh akan tetap mendapat energi sekaligus Anda masih bisa melakukan diet sehat.

2. Perhatikan jenis makanan yang disantap

Imbangi makanan sehat dengan memperhatikan sumber energinya 300x211 » Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet yang Tidak akan Membuat Berat Badan Turun

Kalau Anda hanya memperhatikan berapa banyak jumlah porsi yang harus Anda makan, itu adalah diet yang salah. Selain jumlah porsi yang harus Anda perhatikan, jenis makanan yang disantap pun juga perlu Anda perhatikan. Jangan hanya mengkonsumsi 1 jenis sumber makanan saja, tapi sumber yang lainnya juga, seperti aneka buah, sayur, daging, dan masih banyak lagi.

Yang perlu Anda ingat adalah kadar karbohidrat atau lemak yang disantap harusnya berkadar rendah. Lebih baik perbanyaklah sumber protein dan serat agar keseimbangan diet dan gizi tetap terjaga. Tapi jangan terlalu banyak, ya.

3. Makan terlalu malam

Jangan makan terlalu larut karena tidak sehat untuk diet 300x217 » Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet yang Tidak akan Membuat Berat Badan Turun

Salah satu kesalahan yang cukup fatal lainnya adalah makan malam pada saat sudah terlalu larut malam. Kebiasaan yang satu ini sangatlah tidak baik bagi orang-orang sedang diet, karena makan malam yang terlalu larut dapat menggangu sistem pencernaan yang tidak akan menurunkan berat badan Anda.

Usahakan makan malam sebelum jam 7 dan hindari mengkonsumi terlalu banyak karbohidrat pada malam hari, seperti nasi, kentang, atau makanan bertepung lainnya. Lalu, usahakan pula tidur 2 jam setelah Anda makan malam. Dengan seimbangnya pola makan dan pola tidur, tentu diet Anda akan berhasil.

4. Porsi makan yang tidak teratur

jangan lupa perhatikan porsi makan saat sedang diet 300x222 » Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet yang Tidak akan Membuat Berat Badan Turun

Merencanakan banyaknya porsi yang harus disantap untuk program diet sangatlah penting, karena dengan merencanakannya Anda tidak akan melebihi atau mengurangi batas porsi diet yang sewajarnya. Sebagai contoh, di pagi hari, imbangi konsumsi makanan karbohidrat dan protein 2 banding 1. Kemudian pada malam hari, porsi karbohidrat yang dikurangi dan sumber protein yang dilebihkan.

Selain itu, jangan pernah mengkonsumsi 1 jenis makanan terlalu banyak, seperti pada siang hari Anda hanya mengkonsumsi banyak makanan berprotein, lalu pada malam hari Anda mengkonsumsi banyak makanan berkabohidrat. Dengan pola makan yang seperti itu, tentu program diet Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Itulah 4 kesalahan yang paling umum dilakukan pada saat memulai diet. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan seperti itu, Anda tidak lagi salah menerapkan program diet. Kunci dari diet sehat adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat. Jangan lupa disertai dengan olahraga yang rutin, ya.