Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?

Makanan yang memiliki serat yang tinggi mampu menekan nafsu makan dan membuat kita kenyang dalam waktu yang lebih lama. Di sisi lain, sebagai jenis makanan diet, tentu makanan serat bisa membantu kita dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan serat dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh kita.
Makanan Berserat Saja tidak Cukup Untuk Menurunkan Berat Badan 300x182 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Tapi bagi sebagian orang, makanan serat tidak dapat membantu mereka dalam penurunan berat badan. Apa sih alasannya yang membuat berat badan mereka tidak kunjung turun?

1. Kadar serat yang dimakan salah
Makanan Serat Sangat Baik Untuk Program Diet 300x198 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Kalau Anda tetap pada tubuh yang itu-itu saja dan tidak kunjung turun beratnya, mungkin Anda salah dalam asupan kadar seratnya. Jika Anda berumur di atas 17 tahun, sebaiknya konsumsilah serat sebanyak 25 hingga 30 gram per hari dan lebih bagus lagi kalau Anda memperbanyaknya menjadi 50 gram per hari.
Tapi ingat, jangan melebihi batas kadar tersebut, kalau tidak, berat badan Anda tidak akan stabil. Tidak hanya itu saja, jika kelebihan serat, pencernaan Anda akan mengalami gangguan, seperti feses tidak lancar atau sering mengalami sakit perut.

2. Kurangnya asupan protein
Asupan Protein harus Seimbang dengan Makanan Berserat 300x167 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Kurangnya asupan protein dalam makanan yang Anda makan juga menjadi penyebab tidak adanya perubahan pada berat badan Anda. Kebutuhan protein dalam setiap harinya harus Anda perhatikan, karena jika tubuh menerima asupan protein yang cukup, maka metabolisme yang bekerja dalam tubuh dapat mudah membakar kalori dan tentu jumlah pembakarannya bisa menjadi lebih banyak.
Usahakan asupan protein Anda dalam jumlah 10% hingga 15% untuk per harinya. Anda bisa luangkan waktu pagi hari untuk sarapan 1 telur rebus dan pada siang harinya Anda bisa makan siang dengan daging secukupnya dan beberapa potongan tempe. Tidak lupa juga untuk makan malam konsumsilah beberapa potong tahu dan ikan.

3. Kurang minum air putih
Imbangi Dengan Air putih yang cukup Untuk Penurunan Berat Badan 300x177 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Walaupun Anda sudah banyak mengkonsumsi makanan berserat, tapi akan percuma jika Anda kurang minum air putih. Untuk mendampingi makanan berserat, Anda harus mencukupi tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 2 hingga 2,5 liter setiap hari. Kenapa harus didampingi dengan minum air putih yang banyak?
Itu karena kandungan serat pada makanan akan menyebabkan feses semakin mengeras dan pastinya Anda akan mengalami susah buang air besar atau sembelit. Dengan minum air putih yang cukup, air tersebut membuat tekstur fesesnya menjadi lebih lembut, sehingga buang air besar Anda akan semakin lancar.

4. Lebih banyak minum minuman manis
Dalam Diet Makanan Serat Harus Seimbang 300x177 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Faktor paling utama berat tubuh Anda tidak kunjung turun adalah Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang memakai pemanis buatan, seperti soda, jus dalam produk kemasan, serta minuman olahraga buatan lainnya. Minuman-minuman yang menggunakan pemanis buatan tersebut tentu memiliki kadar kalori yang sangat tinggi, apalagi minuman tersebut tidak memberikan efek kenyang sama sekali bagi tubuh Anda.

5. Jarang berolahraga
Olahraga Juga Sebagai Pendamping Makanan Berserat untuk Mendapatkan Tubuh Ideal 300x184 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Meskipun Anda sudah mengkonsumsi serat yang cukup tapi tidak diimbangi dengan olahraga, maka tidak menutup kemungkinan kalau diet yang Anda lakukan akan gagal. Padahal olahraga sangat membantu sekali dalam proses penurunan berat badan, karena otot-otot tubuh bisa lebih produktif dan tingkat metabolisme akan bisa lebih meningkat dalam membakar lemak dalam tubuh.
Kurangi Soda untuk Mengurangi Kadar Kalori Berlebih dalam Tubuh 300x200 » Kenapa Berat Badan Tidak Turun Meskipun Sudah Banyak Makan yang Berserat?
Itulah alasan-alasan kenapa berat Anda tidak turun meskipun sudah banyak memakan makanan yang berserat tinggi. Kalau Anda tidak mengimbanginya dengan minum air putih dan olah raga yang cukup, maka Anda akan mendapatkan hasil yang kurang optimal. Jika Anda ada tekad untuk diet, sebaiknya imbangilah dengan berbagai hal yang baik untuk Anda.