Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau

Apa sih kopi hijau itu? Apakah Anda pernah mengkonsumsinya? Kopi hijau sebenarnya merupakan biji kopi yang belum sama sekali dilakukan proses pemanggangan. Kalau biji kopi dipanggang, maka kadar asam klorogenat dapat berkurang, karena itulah biji kopi hijau sengaja tidak dipanggang agar kadar asam klorogenatnya tetap tinggi.

Asam klorogenat yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran kalau kopi hijau sangat populer untuk dikonsumsi apalagi bagi orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badannya. Selain itu bisa menjadi bahan pengobatan diabetes, hipertensi, obesitas, serta penyakit Alzheimer. Berikut ini beberapa manfaat dari kopi hijau.

1. Mood dapat meningkat
Biji Kopi Hijau Tidak Mengalami Proses Pemanggangan 300x200 » Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau
Kopi hijau memiliki kafein yang sangat membantu Anda dalam meningkatkan mood dan akitivitas kinerja otak. Dalam studi yang sudah diuji coba, ternyata kafein juga mampu memberikan fokus, ketahanan tubuh, serta meningkatkan memori dalam faktor kinerja kognitif.

Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi kopi hijau sebesar 38 hingga 400 mg per hari atau 4 cangkir kopi yang masing-masing sebanyak 1/3 cangkirnya.

2. Antioksidan bagi tubuh
Kopi Hijau Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh 300x214 » Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau
Kandungan antioksidan pada biji kopi hijau dapat membantu sel dalam tubuh melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan sel-sel. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kopi hijau memiliki asam klorogenat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya 4 sel kanker mengalami perkembangan, sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit kanker.

3. Menurunkan berat badan
Antioksidan pada Kandungan Kopi Hijau dapat Mengurangi Resiko Kanker 300x300 » Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau
Jika Anda sedang menginginkan berat badan turun untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kopi hijau cocok dijadikan santapan minuman diet Anda. Kenapa bisa begitu? Itu karena adanya kafein dan asam klorogenat yang tidak mengalami proses pemanggangan akan memiliki kadar yang lebih banyak dan bisa mengurangi lemak dalam tubuh secara efektif.

Asam klorogenat yang tidak dipanggang akan lebih mudah dicerna dan tentu mudah diserap oleh pencernaan tubuh. Jika Anda tidak ingin meminum kopinya, sudah tersedia suplemen biji kopi yang pastinya sudah diekstrak untuk memudahkan orang yang tidak meminum kopi tapi ingin mengkonsumsi kopi hijau demi menurunkan berat badannya.

Selain mendapatkan manfaat di atas, jika terlalu sering mengkonsumsinya, Anda akan mendapatkan efek sampingnya juga. Memang sangat umum kalau mengkonsumsi kopi terlalu banyak justru akan membahayakan bagi tubuh, begitu pula dengan kopi hijau. Dosis yang sangat dianjurkan dalam kopi hijau adalah maksimal 480 mg dalam 1 hari dan dikonsumsi maksimal selama 12 minggu saja tidak boleh lebih.

Dalam bentuk suplemen ekstraknya pun Anda wajib mengkonsumsinya maksimal sebanyak 200 mg dalam kurun waktu 5 hari sekali dan maksimal mengkonsumsinya selama 12 minggu saja. Anda harus memperhatikan hal tersebut, karena kafein pada kopi hijau mirip dengan kandungan kafein pada kopi biasanya.
Terlalu Banyak Kopi Hijau Dapat Menyebabkan Sulit Tidur 300x200 » Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau
Pada umumnya, kafein akan memberikan efek samping, seperti insomia, sakit perut, gelisah, meningkatkan detak jantung, serta bisa mengakibatkan mual dan muntah. Hal itu pun kalau Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar, tapi akan berbeda kalau Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Efek samping yang akan terjadi jika mengkonsumsinya berlebihan adalah, mudah cemas, detak jantung menjadi tidak teratur, telinga mudah berdenging, dan sakit kepala yang terus menerus. Begitu pula bagi Anda penderita penyakit kronis, seperti gangguan pendarahan, glaukoma, osteoporosis, iritasi usus, serta diare. Jika Anda mengidap penyakit tersebut, sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi hijau berlebihan jika tidak ingin kondisi kesehatan Anda semakin buruk.
Meskipun Banyak Manfaatnya Ada pula Efek Sampingnya 300x188 » Kenali Manfaat dan Resiko Kopi Hijau
Pada intinya, semua kopi boleh dikonsumsi jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Tapi, jika Anda ingin mendapatkan banyak manfaat dari meminum kopi, Anda bisa mengkonsumsi kopi hijau yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, yang perlu Anda ingat adalah jangan mengkonsumsinya terlalu banyak, karena justru akan mengundang penyakit.