Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang

Kasus meledaknya baterai smartphone akhir-akhir ini menjadi masalah yang serius di Indonesia. Kasus tersebut sudah memakan banyak korban, baik itu anak-anak bahkan orang dewasa. Tidak bisa dipungkiri bahayanya sebuah smartphone ternyata bisa membuat penggunanya mengalami hal yang tidak diinginkan.

Salah satu penyebab utama dari smartphone yang meledak adalah terlalu lama men-charge baterainya, sehingga baterai yang kelebihan menerima kekuatan listrik pastinya akan meledak. Selain itu, penyebab apa lagi, ya yang biasanya terjadi?

Faktor Paling Umum, Human Error
Kelalaian sendiri bisa mengakibatkan baterai smartphone meledak 300x156 » Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang
Siapa bilang meledaknya baterai smartphone hanya disebabkan karena baterainya yang sudah rusak dari pabriknya? Anggapan seperti itulah terkadang yang membuat kita takut dalam membeli sebuah smartphone, padahal faktor lain yang paling umum adalah adanya human error atau kesalahan dari penggunanya sendiri.

Beberapa macam kesalahan pemakainya yang ceroboh tentu bisa mengakibatkan baterai smartphone meledak secara tiba-tiba. Misalnya saja kalau Anda terlalu lama meletakan smartphone-nya di tempat yang panas, seperti terkena sinar matahari, secara garis besar akan memuat baterai rusak dan kemudian meledak.

Jadi, jangan sampai Anda meletakan smartphone-nya di sembarang tempat, ya. Letakan saja di tempat aman yang tidak terkena panas langsung, seperti tas, atas meja, dan sebagainya.

Menggunakan Baterai Palsu yang Terlalu Beresiko
Hindari menggunakan charger palsu agar tidak terjadi ledakan pada baterai 300x225 » Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang
Setiap merek smartphone apapun setelah 1 tahun penggunaan, tentunya kemampuan baterai akan semakin berkurang. Pastinya berkurangnya kinerja baterai, secara terpaksa Anda wajib mengganti baterainya agar fungsinya bisa lebih meningkat lagi.

Namun, kendala dalam pergantian baterai smartphone adalah harganya. Harga baterai yang asli memang dikenal sangat mahal, jadi tidak heran kalau semakin banyak penjual aksesoris smartphone yang menjual baterai dari berbagai merek dengan harga miring, padahal tergolong baterai palsu.

Karena harganya yang lebih murah dari barang aslinya, tidak jarang pengguna smartphone memilih produk palsunya. Pemilihan yang salah itulah yang menyebabkan baterai yang sudah terpasang akan rusak dan menimbulkan ledakan.

Selain Baterai, Charger Palsu Menjadi Penyebab Baterai Meledak
Terkadang ada cacat produk yang mengakibatkan baterai rusak dan meledak 300x300 » Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang
Ketika smartphone masih berada di pabrik, tentu ada ahli-ahli yang melakukan uji coba untuk kesesuaian tegangan baterai dan kekuatan arusnya. Karena itulah, setiap jenis smartphone memiliki tipe charger yang berbeda-beda. Ketika Anda menggunakan charger palsu atau yang berbeda, smartphone Anda akan berakibat fatal dan berujung terjadi ledakan.

Karena masalah itu, usahakan Anda menggunakan charger dari produk aslinya saja. Kalaupun Anda lupa membawa charger, lebih baik Anda memakai Power Bank saja, dibandingkan meminjam charger teman, karena belum tentu kekuatan tegangannya sama.

Adanya Cacat Produk pada Saat Pembuatan
Pilih baterai asli saja untuk mendapatkan kekuatan baterai yang sesuai 300x300 » Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang
Selain dari faktor-faktor di atas, adanya kesalahan dari pabrik juga bisa mengakibatkan baterai terbakar. Meskipun sudah lolos dari pemeriksaan kualitas dan uji coba, belum tentu produk tersebut aman dipakai. Adanya cacat produk memang sudah tidak asing lagi, bahkan vendor kelas ternama pun pernah melakukannya.

Dari kesalahan tersebut, smartphone yang baru saja dipakai meledak secara tiba-tiba. Karena sudah semakin banyak kasus seperti itu terjadi (di vendor yang sama), maka pihak vendor menarik langsung produknya dari pasaran global.

Menggunakan Earphone Saat Smartphone Sedang Di charge
Hindari penggunaan earphone saat smartphone sedang di charge 300x158 » Kasus Baterai Smartphone Semakin Banyak, Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang
Faktor yang umum terjadi adalah penggunaan earphone sekaligus melakukan charge smartphone. Meskipun hanya masalah simple, hal tersebut tetap tidak boleh dilakukan. Bahayanya menggunakan earphone saat smartphone sedang charge akan membuat radiasi semakin meningkat dan smartphone akan meledak.

Anda yang sedang menggunakan earphone pun akan terkena dampaknya langsung, yaitu tubuh bisa ikut terbakar. Jadi, jangan lagi memakai earphone pada saat sedang di charge, ya.

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, mulai sekarang Anda pun harus berhati-hati, terutama saat sedang di charge. Lebih baik jangan Anda tinggal tidur, karena akan mengakibatkan over power dan meledak. Tentu keselamatan Anda lebih penting daripada smartphone-nya, bukan?