Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Anda pasti sudah tidak asing lagi melihat pedagang kaki lima atau tenda-tenda makan yang menjual bubur kacang hijau, bukan? Kacang hijau yang merupakan bahan makanan berupa biji-bijian ini menjadi salah satu bahan kegemaran masyarakat Indonesia yang biasanya dijadikan bubur. Dengan menyimpan banyak kandungan gizinya, ternyata kacang hijau sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil.
Kacang hijau memberikan kebutuhan kalsium untuk ibu hamil 300x200 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Seperti yang sudah kita ketahui, ibu-ibu yang sedang hamil harus menjaga kestabilan gizi untuk buah hatinya. Nah, dengan mengkonsumsi kacang hijau, janin serta sang ibu pun akan mendapatkan cukup gizi, sehingga kesehatan tubuh keduanya tetap terjaga. Memang, zat gizi apa saja sih yang ada di dalam kacang hijau? Lalu, manfaat apa saja yang akan didapat ibu hamil jika rutin mengkonsumsinya? Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Ada beberapa kandungan zat gizi pada kacang hijau yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh Anda, begitu pula dengan ibu hamil. Kandungan gizi tersebut adalah:

1. Protein

Selain protein kacang hijau bisa memenuhi kebutuhan karbo ibu hamil dan janin 300x162 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Seperti pada umumnya, bahan makanan yang berasal biji-bijian memiliki zat protein nabati, tidak terkecuali dengan kacang hijau. Untuk kacang hijau sendiri, protein nabati yang terkandung ternyata sangatlah tinggi, sekitar 24% atau bisa juga dikatakan setiap 100 gram sajian kacang hijaunya memiliki 7 gram untuk zat gizinya.

Bagi Anda yang sedang mengalami luka berat atau patah tulang, lebih baik konsumsi kacang hijau, karena protein yang dikandungnya dapat membantu pembentukan otot-otot yang rusak dan sel-sel dalam tubuh pun juga bisa berfungsi normal.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yang ada di dalam kacang hijau pun juga tergolong tinggi, yakni sekitar 19 gram di setiap 100 gramnya sajian kacang hijau. Jadi, bagi Anda yang tidak begitu suka makan nasi, lebih baik konsumsi saja kacang hijau agar kebutuhan karbo dalam tubuh tetap stabil.

3. Serat

Serat dalam tubuh bisa tercukupi dengan mengkonsumsi kacang hijau 300x225 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Sedangkan untuk kandungan seratnya, kacang hijau memiliki serat sekitar 7 hingga 8 gram di setiap 100 gramnya sajian kacang hijau.

4. Vitamin

Vitamin yang ada di kacang hijau bisa mencegah terjadinya cacat pada perkembangan janin 300x200 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Untuk vitaminnya, kacang hijau ternyata punya banyak sekali vitamin yang terkandung, seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, serta Vitamin B2. Nah, vitamin-vitamin inilah yang membantu pembentukan janin hingga ke bentuk sempurna.

5. Asam folat

Kacang hijau juga memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi, yakni sekitar 159 gram di setiap 100 gramnya sajian kacang hijau.

6. Lemak

Kacang hijau bisa dijadikan makanan diet karena memiliki kadar lemak rendah 300x300 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Selain sehat bagi ibu-ibu hamil, orang-orang yang sedang melakukan diet pun tidak perlu khawatir untuk mencari makanan diet, karena kacang hijau memiliki kandungan lemak yang sedikit. Jadi, kacang hijau bisa menjadi asupan makanan diet yang sangat aman dikonsumsi.

7. Mineral

Kacang hijau ternyata punya kandungan mineral yang cukup tinggi, yakni kalsium dengan kadar 27 gram untuk setiap 200 mili gram sajian kacang hijaunya dan kandungan fosfor 99 mili gram setiap 100 gram sajian kacang hijaunya.

Kacang hijau yang sangat baik untuk ibu hamil dan janinnya 300x200 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan zat gizi yang ada di kacang hijau, tentu kita bisa langsung melihat manfaat-manfaat apa saja yang akan didapat, terutama bagi ibu-ibu hamil.

1. Membantu kelengkapan gizi ibu dan sang janin.

2. Ibu hamil bisa mendapat pasokan energi tambahan yang diperlukan selama kehamilan dan setelah melahirkan.

3. Mencegah terjadinya kecacatan kelahiran bayi karena adanya asam folat.

4. Bagi ibu-ibu hamil yang sulit buang air besar, dengan mengkonsumsi kacang hijau bisa lebih dilancarkan.

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang diperlukan janin 300x169 » Kandungan dan 4 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Itulah beberapa kandungan dan manfaat kacang hijau bagi Anda serta ibu-ibu yang sedang hamil. Dengan kayanya kandungan zat gizinya, tentu tubuh pun akan menjadi terjaga kesehatannya dan imun dalam tubuh pun juga tetap stabil. Tidak ada salahnya, kan rutin mengkonsumsi kacang hijau?