Jatuh Cinta Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kamu, Kok Bisa?

Siapapun pasti pernah jatuh cinta, bahkan tak jarang ada yang sudah merasakan moment indah ini dalam masa kecil, seperti cinta monyet misalkan. Jatuh cinta tidak pernah mengenal usia, dimana, dan siapa orangnya. Jatuh cinta seakan-akan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Jatuh cinta membuat kondisi mood kita layaknya roller coaster, bahagianya murni seperti langit biru tapi bisa sesedih jurang dalam yang gelap. Namun, khas cinta inilah yang membuat hidup ini indah.
Jatuh Cinta Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kamu 300x180 » Jatuh Cinta Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kamu, Kok Bisa?

Tidak usah malu bila sedang jatuh cinta, justru berbahagialah dan nikmati setiap momentnya. Selain indah, jatuh cinta pun bermanfaat bagi kesehatan anda, manfaat apa saja itu?

Tentu saja ada penjelasan yang masuk akal akan hal ini. Sudah merupakan fakta umum bahwa manusia adalah mahluk sosial, dimana keterikatan hubungan kuat antar individu satu dengan yang lainnya sangatlah penting. Banyak para ahli yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh jatuh cinta terhadap kondisi biologis, tapi bukankah bila kita memiliki seseorang yang memberi pengaruh positif bagi kita akan memberikan motivasi tersendiri untuk memiliki pola hidup yang lebih baik bukan?

Setiap langkah hidup Tuhan akan terus membimbing kita bagaimana melalui hidup dengan menciptakan seseorang yang berarti bagi kita. Maksud jatuh cinta sendiri tidak harus dalam hal romantis, cinta bisa anda temukan dalam wujud sahabat, keluarga, rekan kerja, dll.

Tentu saja ada penjelasan yang masuk akal akan hal ini. Sudah merupakan fakta umum bahwa manusia adalah mahluk sosial 300x169 » Jatuh Cinta Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kamu, Kok Bisa?
1. Menurunkan tekanan darah
Seseorang yang memiliki kehidupan pernikahan yang baik sangat baik untuk tekanan darah anda. Menurut studi yang bersumber dari Annals of Behavioral Medicine, mereka menemukan bahwa mereka yang memiliki hubungan suami istri yang berbahagia memiliki kualitas tekanan darah yang baik, lalu disusul oleh kaum jomblo. Justru seseorang yang tidak berbahagia selama status menikah memiliki kualitas tekanan darah yang buruk.

2. Mengurangi stres, depresi, dan penyalahgunaan obat-obatan
Tentu saja dengan adanya support dari orang yang kita cintai membuat kita siap menghadapi segala liku kehidupan yang anda karena ketika kita sedang dalam kondisi terpuruk, kamu tidak akan sendirian. Justru orang yang selalu memendam segala masalah dan perasaan negatif sendirian dan cenderung mengisolasi diri akan memiliki peluang tinggi mengalami depresi.

3. Terhindar dari penyakit
Karena dengan jatuh cinta selalu melalui hari-hari dengan perasaan gembira dan positif, efek psikologis inilah yang akan berdampak pada kondisi kesehatan, yaitu meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik. Biasanya orang yang selalu memiliki emosi positif cenderung lebih kebal dari virus. Justru orang yang stress dan depresi memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga penyakit bisa lebih mudah menyerang.

4. Panjang umur
Sebuah studi yang mempelajari efek pernikahan pada angka kematian selama 8 tahun di periode 1990-an, dimana mereka menggunakan data dari survey kesehatan nasional, peneliti menemukan bahwa masyarakat yang tidak menikah cenderung memiliki usia yang lebih pendek.

Intinya masyarakat yang rentan berumur pendek adalah yang sering mengisolasi diri dari lingkungan sosial dan enggan berbaur atau membentuk suatu hubungan yang baru untuk kesehatan emosional mereka. Sedangkan mereka yang sudah menikah bisa menghilangkan rasa kesepian, mendapat support, kondisi ekonomi terjamin, sekaligus perasaan bahagia dari anak mereka.

5. Menyehatkan kulit
Mungkin sering dirasakan bagi anda ketika sedang jatuh cinta, jantung akan berdegup kencang lalu kulit anda akan sering merona dan aliran darah mengalir lebih deras. Tentu saja hal ini akan melancarkan sirkulasi darah dan membuat kulit anda terkesan lebih cerah. Ditambah dengan emosi positif dan kebahagiaan yang selalu menyertai akan berdampak positif pada kulitmu.