Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri

Bepergian atau mengunjungi tempat baru memiliki banyak kegunaan. Orang-orang akan mendapat pengalaman baru dari kegiatan tersebut. Selain itu, wawasan dan kepekaan juga akan ikut terlatih dari melakukan perjalanan seorang diri. Kegiatan travelling digemari oleh banyak orang. Kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk meredakan stres akibat dari tekanan pekerjaan yang dirasakan.

Travelling bisa dilakukan secara berkelompok bersama dengan teman atau keluarga. Selain itu, travelling juga bisa dilakukan seorang diri. Tidak sedikit orang yang memilih untuk berlibur atau melakukan perjalanan seorang diri. Alasan mereka memilih solo travelling bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada orang-orang yang nyaman bila berpetualang tanpa ditemani oleh banyak orang. Di balik banyaknya latar belakang solo travelling, berikut hal-hal yang harus diperhatikan bila memutuskan untuk melakukan solo travelling.

1. Lakukan riset
1. Lakukan riset 300x200 » Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri
Riset tidak hanya dilakukan ketika sedang melakukan penelitian, sebelumbepergian pun ada baiknya untuk melakukan riset. Riset bermanfaat untuk mengetahui terlebih dahulu keadaan yang akan dihadapi ketika mengunjungi tempat baru. Penyesuaian dan persiapan bisa dilakukan terlebih dahulu setelah melakukan riset terkait rencana liburan. Dari riset yang dilakukan, objek wisata yang ingin dikunjungi bisa dibuat menjadi jadwal atau rencana liburan. Setelah itu, rencana biaya pun bisa diperkirakan. Melakukan riset juga menjadi bekal yang harus disiapkan karena berhubungan dengan keadaan hidup yang nantinya akan dijalani selama liburan.

2. Lakukan pemesanan
2. Lakukan pemesanan 300x125 » Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri
Setelah melakukan riset, lakukan pemesanan tiket. Ada baiknya untuk melakukan pemesanan tiket transportasi umum yang akan dinaiki jauh hari sebelum waktu keberangkatan yang diinginkan. Memesan tiket dari jauh hari akan membantu seseorang untuk mendapat harga yang tidak terlalu mahal. Apalagi bila sedang musim diskon atau low season, harga tiket akan bisa didapat dengan harga yang lebih murah.

Selain tiket transportasi umum yang akan digunakan, ada baiknya untuk melakukan reservasi hotel atau penginapan. Alasannya sama dengan pemesanan tiket transportasi umum, agar bisa mendapat harga yang lebih murah.

3. Hubungi teman
3. Hubungi teman 300x197 » Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri
Menghubungi teman yang dimaksud bisa dibagi menjadi dua. Pertama hubungi teman yang ada di tempat tujuan bila ada. hal tersebut bisa digunakan sebagai langkah penghematan. Bila teman memiliki tempat tinggal dan bersedia menerimamu untuk menginap, biaya penginapan bisa dialokasikan ke hal lain. Selain itu, menghubungi teman di tempat yang akan dituju bisa menjadi bahan referensi tempat-tempat yang wajib dikunjungi.

Kedua, adalah teman atau kerabat dekat. Sebelum meninggalkan tempat tinggal ada baiknya untuk menginformasikan kemana akan pergi, tempat tujuan yang akan dikunjungi dan tempat menginap. Informasi kecil tersebut akan bermanfaat agar teman-teman di sekeliling bisa mengetahui dimana keberadaanmu.

4. Hidup minimalis
4. Hidup minimalis 300x200 » Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri
Bepergian seorang diri berarti tidak bisa mengandalkan orang lain. Semua barang yang dibawa menjadi tanggung jawab diri sendiri. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak membawa barang yang berlebihan. Selama melakukan solo travelling selalu bawa barang yang memang sangat dibutuhkan. Jauhi membawa barang yang tidak begitu penting. Solo travelling akan membantu seseorang untuk hidup minimalis sehingga tetap mudah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

5. Gunakan ransel yang nyaman
5. Gunakan ransel yang nyaman 300x225 » Jangan Ragu untuk Mengunjungi Tempat Baru Seorang Diri
Masih memiliki keterkaitan dengan nomor sebelumnya, bawa tas yang nyaman untuk digunakan ketika pergi sendirian. Banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada ransel atau backpack berukuran besar. Jarang sekali ada yang membawa koperatau tas jenis lainnya karena akan menghambat pergerakan. Ransel besar seperti yang biasa dibawa oleh para pendaki gunung bisa digunakan. ada banyak penyewaan carrier bila ingin menghemat untuk tidak membeli carrier yang baru. Namun, bila memungkinkan bisa meminjam teman yang memiliki carrier. Hal tersebut akan sangat menghemat pengeluaran.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk orang yang tertarik melakukan solo travelling atau mengunjungi tempat baru seorang diri. Tempat baru di bumi selalu menunggu untuk dikunjungi.