Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini

Bagi pencinta kuliner, rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi makanan khas dari Arab. Negara di Timur Tengah ini tak hanya dikenal akan buah kurmanya saja, tapi juga dikenal memiliki beberapa makanan khas dengan rasa unik, kaya rempah dan dijamin bikin ketagihan. Apa saja menu khas Arab yang wajib kamu coba?

1. Falafel
Falafel 284x300 » Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini
Di Indonesia kita mengenal perkedel, kalau di Arab ada makanan khas yang bentuknya mirip dengan perkedel yakni falafel. Falafel terbuat dari campuran rempah-rempah dan kacang Faca atau buncis tanah yang digiling, dipadatkan lalu dibentuk menyerupai bola kemudian digoreng.

Falafel memiliki rasa pedas dan sering disantap bersamaan dengan salad, acara, roti pita atau saus. Anda bisa menemukan hidangan ini dijual di pinggir-pinggir jalan terutama di kawasan Yordania.

2. Nasi Kebuli
Nasi Kebuli 300x219 » Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini
Makanan khas Arab yang satu ini cukup populer di Indonesia. Nasi Kebuli dikenal memiliki cita rasa yang gurih, kaya akan bumbu rempah dan memiliki aroma yang sedap. Penjual Nasi Kebuli di Indonesia cukup mudah ditemukan karena banyak masyarakat yang menyukai menu khas ini.

Hidangan ini didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari kambing, mulai dari daging kambing, susu kambing hingga kaldu kambing. Itu sebabnya Nasi Kebuli memiliki rasa dan aroma yang amat khas. Makanan ini dihidangkan bersama dengan pelengkap berupa kismis, acar, dan sambal.

3. Kushari
Kushari 300x234 » Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini
Kushari atau sering disebut dengan Koshary, Kosheri atau Koshari merupakan makanan yang diciptakan pada abad ke-19 di Mesir. Makanan ini cukup lezat meskipun terbuat dari sisa-sisa makanan. Pada masa awal terciptanya, kushari cukup populer di kalangan kaum pekerja dan buruh.

Kushari terbuat dari campuran nasi, lentil dan makaroni. Campuran tersebut kemudian diberi potongan spaghetti, bawang goreng, kacang Arab dan saus tomat cuka atau saus pedas. Sepanjang diolah menggunakan minyak sayur, Kushari menjadi hidangan yang tepat bagi para vegetarian karena tidak mengandung produk hewani.

4. Manakeesh
Manakeesh 300x204 » Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini
Sekilas Manakeesh terlihat seperti pizza dari Italia. Tapi, makanan khas Arab yang satu ini memiliki bahan baku yang berbeda dari pizza. Manakeesh terbuat dari campuran tepung terigu, gula dan madu. Campuran ini kemudian dibentuk bulat pipih seperti pizza dan diberi bumbu rempah-rempah khas Timur Tengah dan minyak zaitun.

Layaknya pizza, Manakeesh juga diberi topping yang beragam mulai dari keju putih atau keju jenis ackawi, irisan tomat, daging cincang dan saus pedas. Kombinasi bahan-bahan dan rempah khas Arab ini menghasilkan cita rasa yang khas dan tak kalah lezat dari pizza biasa.

5. Samboosa
Samboosa 300x295 » Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Kalau Belum Mencicipi 5 Menu Khas Arab Ini
Samboosa merupakan makanan bergizi yang sering disantap untuk menambah nafsu makan dan menyehatkan tubuh. Makanan khas Arab ini juga sering dijadikan teman minum teh klasik atau santapan di bulan puasa oleh masyarakat Timur Tengah.

Samboosa terbuat dari campuran telur, keju, aneka sayuran seperti wortel, buncis dan kentang, daging kambing, sapi atau ayam cincang yang digoreng atau dipanggang, bawang bombay, ketumbar dan kacang polong kemudian dibungkus dengan kulit pastry yang gurih. Makanan ini sering disajikan bersamaan dengan sup wortel atau sup kacang lentil.

Itulah lima makanan khas Arab yang harus kamu cicipi. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Arab yang memiliki rasa lezat dan aroma rempah yang kuat seperti Katayef, Roti Maryam, Hummus dan masih banyak lagi. Jika Anda berkunjung ke Saudi Arabia jangan lupa untuk mencicipi makanan khas ini ya.