Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya

Bagi sebagian orang pandai merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dan bahkan mandi seakan menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Di Indonesia sendiri, mandi biasanya dilakukan sebanyak 2 kali perhari. Kendati demikian Masih banyak orang yang mandi lebih dari 2 kali terutama di perkotaan.

Alasan Tidak Boleh Mandi Terlalu Sering

Kendali beberapa orang menganggap mandi merupakan kegiatan yang penting tetapi ternyata mandi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini alasan mengapa anda tidak boleh mandi terlalu sering.

1. Bakteri baik dalam tubuh bisa hilang

1. bakteri baik dalam tubuh bisa hilang 300x169 » Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya
Selain bakteri jahat bakteri baik juga dapat ditemukan pada tubuh kita. Oleh sebab itu bukan tidak mungkin apabila kita terlalu sering mandi maka bakteri baik tersebut akan hilang. Hal inilah yang menyebabkan apabila bakteri dan mikroba baik untuk tubuh bilang maka kesehatan tubuh juga akan terganggu.

2. Gunakan air dingin untuk mandi di pagi hari

2. gunakan air dingin untuk mandi di pagi hari 300x250 » Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya
Beberapa orang memang lebih memilih untuk mandi dengan menggunakan air hangat saat pagi hari karena cuacanya Masih dingin. Tetapi mandi dengan air hangat ternyata juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itulah Ada baiknya ketika mandi pagi menggunakan air dingin karena air dingin ini berfungsi untuk mencegah penyakit flu ataupun infeksi.

Menariknya lagi mandi menggunakan air dingin saat pagi hari juga mampu mengatur peredaran sel darah putih yang terdapat pada tubuh sehingga metabolisme juga akan meningkat.

3. Mandi terlalu sering mengindikasikan apabila anda stress

3. mandi terlalu sering mengindikasikan aoabila anda stress 300x211 » Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya
Menariknya lagi seseorang yang terlalu sering mandi ternyata dapat mengindikasikan Apabila mereka Tengah stress. Mereka cenderung kesepian dan kurang bahagia. Hal itu tidak lain karena menurut penelitian yang ditemukan orang yang terlalu sering mandi maka mereka akan menghabiskan waktu mandi untuk melamun.

Hal ini Tentunya jauh berbeda dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan berendam ataupun mandi dalam jangka waktu lama.

4. Adanya waktu berbahaya untuk mandi

4. adanya waktu berbahaya untuk mandi 300x169 » Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya
Selain terlalu seringnya mandi ternyata terdapat beberapa waktu yang tidak disarankan untuk mandi. Salah satu waktu yang dilarang untuk melakukan mandi adalah ketika jam 06.00 sore Hingga 07.00 sore. hal itu tidak lain karena dalam waktu tersebut jantung tubuh memiliki kondisi yang lemah sehingga dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Tak hanya itu pukul 08.00 hingga 12.00 malam merupakan waktu berbahaya untuk mandi karena di waktu tersebut jantung tidak bisa menerima air dingin karena di jam-jam tersebut tubuh harus diistirahatkan. Oleh sebab itulah kita perlu lebih bijak dalam mengatur waktu mandi karena ternyata ada waktu-waktu berbahaya yang tidak disarankan untuk mandi.

5. Kulit akan mengalami kekeringan

5. kulit akan mengalami kekeringan 300x206 » Jangan Mandi Terlalu Sering, Berikut Alasannya
Masalah lainnya yang diakibatkan karena terlalu seringnya mandi adalah kulit yang akan mengalami kekeringan terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mandi menggunakan air hangat. Di dalam tubuh manusia sendiri terutama kulit mampu memproduksi minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Tetapi apabila seseorang terlalu sering mandi menggunakan air hangat maka hal ini justru dapat memicu kekeringan terjadi pada tubuh anda. Bukan tidak mungkin selain dapat mengganggu penampilan, kesehatan anda juga akan terganggu.

Ternyata memang ada banyak hal yang belum Anda ketahui mengapa tidak boleh terlalu sering mandi. Oleh sebab itulah ini kita harus lebih bijak dalam mengatur waktu mandi dan tidak mandi secara berlebihan. Apabila ingin mendapatkan tubuh yang sehat maka jangan lupa untuk tetap berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.