Jadi Seri Smartphone 5G Pertama dari Sony, Seperti Ini Spesifikasi Sony Xperia 1 II

Tidak mau ketinggalan dari vendor smartphone Android lain, akhirnya Sony secara resmi memperkenalkan seri smartphone 5G pertamanya yang diberi nama Sony Xperia 1 II.

Sony Xperia 1 II awalnya memang direncanakan untuk diperkenalkan pertama kali di ajang bergengsi MWC 2020. Namun karena acara MWC 2020 dibatalkan, maka Sony memilih memperkenalkan Sony Xperia 1 II secara online pada tanggal 24 Februari 2020 lalu.

Selain menjadi smartphone 5G pertama dari Sony, ternyata Sony Xperia 1 II ini juga masuk sebagai kategori smartphone flagship. Lalu seperti apakah spesifikasi yang dibawa Sony Xperia 1 II tersebut? Untuk lebih jelasnya, baca detail spesifikasinya di dalam artikel ini.

Display OLED Dengan Aspek Rasio Khas Sony 21:9

Meskipun baru saja meluncurkan smartphone dengan desain layar berponi, Sony Xperia 1 II ini hadir dengan desain layar khas Sony yang memiliki bezel cukup tebal di bagian atas dan juga di bagian bawah.

Bukan hanya menggunakan desain layar yang jadi ciri khas Sony saja, Sony Xperia 1 II ini juga menggunakan aspek rasio khas Sony yaitu 21:9.

Untuk ukuran display yang dibenamkan di dalam Sony Xperia 1 II ini sendiri juga cukup besar yaitu 6.5 inci. Dan untuk panelnya, Sony Xperia 1 II ini dibekali dengan panel jenis OLED. Dengan menggunakan panel jenis OLED tersebut, Sony Xperia 1 II ini sudah mendukung resolusi layar hingga 4K HDR.

review fitur harga spesifikasi hp android sony xperia 1 ii » Jadi Seri Smartphone 5G Pertama dari Sony, Seperti Ini Spesifikasi Sony Xperia 1 II

Dan bukan hanya itu saja, panel Sony Xperia 1 II ini juga sudah mendukung penggunaan teknologi Motion Blur Reduction Technology serta sudah memiliki refresh rate 90 Hz.

Yang terakhir, baik bagian layar maupun bagian cover belakang Sony Xperia 1 II ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 6. Dan sebagai tambahan, Sony Xperia 1 II ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68.

Diotaki Chipset Qualcomm Snapdragon Seri Paling Canggih Saat Ini

Karena masuk kedalam kategori smartphone flagship, sudah dapat dipastikan jika Sony Xperia 1 II ini dibekali dengan chipset yang spesial.

Selain itu, Sony Xperia 1 II ini juga hadir sebagai smartphone Sony pertama yang mendukung jaringan 5G.

Oleh sebab itu, Sony Xperia 1 II ini diotaki dengan chipset Qualcomm Snapdragon seri tertinggi saat ini yaitu 865. Selain memiliki performa CPU yang jauh lebih baik, chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini juga dilengkapi dengan GPU yang jauh lebih baik performanya.

Dan bukan hanya membawa chipset Qualcomm Snapdragon seri tertinggi saja, Sony Xperia 1 II ini juga masih dibekali dengan RAM 8 GB serta memori internal berkapasitas 256 GB.

Sedangkan untuk urusan sistem operasinya, Sony Xperia 1 II akan mengusung Android 10 sebagai OS default dari vendor yang berkantor pusat di kota Tokyo, Jepang ini.

Memiliki 3 Kamera Utama Dengan Menggunakan Lensa ZEISS

Selain unggul di bagian chipset dan juga layar, Sony Xperia 1 II ini juga bisa dikatakan memukau di bagian kameranya.

Sony Xperia 1 II ini memang tidak dibekali dengan kamera yang terlalu banyak di bagian belakang. Sony Xperia 1 II ini hanya dibekali dengan 3 buah kamera utama saja.

Namun meskipun hanya terdiri dari 3 buah kamera saja, ketiga buah kamera utamanya tersebut menggunakan lensa dari ZEISS.

Konfigurasi 3 kamera utamanya sendiri terdiri dari kamera 12 MP sebagai kamera primer dengan fitur double PDAF dan juga OIS. Selain itu, kamera primer tersebut juga didukung dengan kamera ultrawide 12 MP dan kamera 12 MP telephoto.

Selain itu, di bagian belakang juga masih disematkan 3D ToF sensor untuk mempercepat pengaturan fokus kamera utama.

Sayangnya, spesifikasi kamera yang dibenamkan di bagian depan Sony Xperia 1 II ini belum dibocorkan.

Bawa Baterai Dengan Kapasitas Rata-Rata

Untuk bagian catu dayanya, Sony Xperia 1 II ini bisa dikatakan biasa saja. Pasalnya Sony Xperia 1 II ini hanya dibekali dengan baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 4.000 mAh saja.

Namun meskipun kapasitas baterainya biasa saja, Sony Xperia 1 II ini tampaknya sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Pasalnya, Sony Xperia 1 II ini sudah dipastikan memiliki fitur wireless charging.

Pilihan Warna dan Harga Sony Xperia 1 II

Sony Xperia 1 II memang baru saja diperkenalkan secara online pada tanggal 24 Februari 2020. Menurut rencananya, Sony Xperia 1 II ini baru akan dijual di kuartal kedua tahun 2020.

Sony Xperia 1 II akan hadir dalam 2 pilihan warna yaitu warna hitam dan juga ungu. Smartphone Sony pertama yang mendukung jaringan 5G ini akan dijual dengan kisaran harga 1.200 Euro atau setara dengan 18 jutaan Rupiah.