Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren

Indonesia memang negara yang punya sejuta pesona alam. Terdiri dari banyak pulau, membuat Negara kita ini dipenuhi lokasi pariwisata menarik. Termasuk ketika Anda mau berkunjung ke Pulau Sumatera. Pulau ini juga menyimpan pesona serta kekayaan alam yang tiada tara. Cocok untuk Anda yang ingin berwisata di alam bebas nan indah.

Tentu saja bukan hanya itu, selain wisata alam yang menawan, Sumatera juga menghadirkan wisata lainnya yang edukatif dan bernilai sejarah. Jika Anda penasaran dengan wisata apa saja yang bisa dijelajahi ketika ke Sumatera, berikut ini daftar tempat pariwisata terbaik dan paling menakjubkan.

Danau Toba dan Pulau Samosir
Danau Toba dan Pulau Samosir 300x185 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Danau Toba dan Pulau Samosir adalah lokasi yang sangat populer di Indonesia. Cerita mengenai mitos sejarah tempat ini bahkan menjadi salah satu cerita lokal yang banyak diketahui, karena memang kerap kali dituliskan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia.

Di danau yang punya kedalaman mencapai 1.145 km2 ini, Anda bisa berkeliling sembari naik perahu atau kapal. Nikmati keindahan bentangan pegunungan di sekitar Danau Toba, lalu mampir dan menjelajah Pulau Samosir yang letaknya di tengah-tengah Danau Toba.

Salju Panas Tinggi Raja
Salju Panas Tinggi Raja 300x168 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Nama tempat wisata ini sangat unik, yaitu Salju Panas, di mana kita semua tahu bahwa salju adalah benda dingin yang sudah seharusnya dingin. Tentu saja karena di Salju Panas Tinggi Raja, bukan salju asli yang kita temukan, melainkan lokasi kawah putih yang menyerupai salju. Kawah ini sangat panas sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika berkunjung.

Meskipun begitu, Salu Panas Tinggi Raja adalah salah satu wisata alam tercantik yang ada di Sumatera. Anda bisa mengambil foto dengan background seperti di negeri dongeng, dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Jika ingin ke tempat ini, butuh sekitar tiga jam dari pusat Kota Medan.

Air Terjun Sipiso-Piso
Air Terjun Sipiso Piso 300x171 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Ke Sumatera akan kurang lengkap jika tidak mengunjungi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu Air Terjun Sipiso-Piso di Kecamatan Merek, Karo. Tinggi pancuran air terjun ini mencapi 120 meter dengan aliran air yang sangat deras. Pemandangan di sekitar pun sangat hijau, dan udaranya yang nyaman cocok untuk merilekskan pikiran.

Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura 300x200 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Riau juga punya istana bersejarah peninggalan pemerintahan zaman dulu. Bernama Istana Siak Sri Indrapura, yaitu sebuah istana dari Kesultanan Siak yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Tempat ini menjadi wisata edukasi yang sangat menarik, karena Anda bisa belajar mengenai sejarah Kesultanan Siak dari koleksi-koleksi di dalamnya. Anda juga bisa melihat-lihat kamar para sultan zaman dulu yang masih dijaga dengan baik.

Ngarai Sianok
Ngarai Sianok 1 300x180 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Ketika ke Sumatera Barat, kurang lengkap jika Anda tidak ke Ngarai Sianok. Tempat ini merupakan destinasi wisata alam terbaik yang selalu memukau para pengunjungnya. Anda dapat menyaksikan bentangan tebing hijau yang tampak ajaib, juga aliran sungai jernih di bawahnya yang mengalir sangat jernih. Dipastikan Anda akan banyak bersyukur ketika usai datang ke Ngarai Sianok ini.

Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman 300x147 » Inilah 6 Tempat Wisata Menakjubkan di Sumatera Paling Keren
Majid Raya Baiturrahman menjadi terkenal berkat keajaibannya menghadapi tsunami yang pernah menimpa Aceh. Saat ini, masjid ini menjadi destinasi wisata religi paling banyak dikunjungi wisatawan. Tempatnya sangat bersih dan luas, pasti sangat nyaman beribadah di masjid ini. Tidak heran jika Masjid Raya Baiturrahman selalu menjadi tujuan utama wisatawan yang bertandang ke Aceh.

Sumatera memang punya banyak potensi wisata yang sebenarnya sangat bagus. Sayangnya kurang banyak disadari sehingga gaungnya tidak sebesar Bali maupun Lombok. Oleh sebab itu, jika ada waktu, sempatkan mengunjungi Sumatera dan nikmati keindahan wisatanya.