Ini Perbedaan Antara Chipset Mediatek Dimensity Dengan Mediatek Helio

Tidak bisa dipungkiri lagi, Mediatek sudah menjadi ancaman berat bagi vendor system on chip untuk perangkat smartphone besar seperti Eynos, Qualcomm, dan juga HiSilicon Kirin.

Di tahun 2020 ini, Mediatek berhasil menumbangkan beberapa seri chipset buatan Qualcomm yang selama ini menjadi raja di perangkat smartphone.

Dengan semakin banyak vendor smartphone Android yang memilih membenamkan chipset besutan Mediatek di dalam produknya, maka Mediatek juga terlihat melakukan diferensiasi pada seri chipsetnya.

Saat ini, Mediatek memiliki 2 lini inti yaitu chipset seri Helio dan juga chipset seri Dimensity. Lalu sebenarnya apa perbedaan dari chipset Mediatek Helio dengan chipset Mediatek Dimensity itu?

Bagi anda yang selama ini penasaran mengenai apa yang membedakan antara chipset Mediatek seri Helio dan Dimensity, anda bisa baca informasi tersebut di artikel ini.

5 Hal Utama yang Membedakan Antara Chipset Mediatek Helio Dengan Mediatek Dimensity

Sekilas memang chipset buatan Mediatek seri Helio dan DImensity itu terlihat serupa. Namun sebenarnya, 2 seri chipset besutan Mediatek tersebut memiliki banyak perbedaan.

perbedaan chipset mediatek dimensity dengan helio » Ini Perbedaan Antara Chipset Mediatek Dimensity Dengan Mediatek Helio

Berikut ini merupakan 5 macam hal yang membedakan antara chipset Mediatek seri Helio dengan Dimensity:

  1. Dukungan jaringan

Hal pertama yang membedakan antara chipset Mediatek seri Dimensity dengan Helio adalah pada dukungan jaringannya.

Untuk chipset Mediatek seri Helio adalah chipset yang hanya mendukung jaringan 4G LTE saja. Sedangkan untuk chipset yang mendukung jaringan 5G adalah Mediatek seri Dimensity.

Jadi bisa dikatakan Mediatek Dimensity adalah seri chipset terbaru dari Mediatek yang sudah diintegrasikan dengan teknologi modem 5G.

  1. Teknologi AI

Selain berbeda dari segi dukungan jaringannya, antara Mediatek Dimensity dengan Mediatek Helio juga memiliki perbedaan yang cukup jauh dari segi teknologi AI di dalamnya.

Untuk bagian teknologi AI, Mediatek Dimensity dibekali dengan teknologi AI yang jauh lebih canggih. Teknologi AI yang dibenamkan di dalam chipset Mediatek Dimensity disebut dengan HyperEngine 2.0.

Sedangkan untuk chipset Mediatek seri Helio hanya dibekali dengan teknologi AI HyperEngine 1.0 saja.

Dengan mengusung teknologi AI yang lebih baik, sudah dapat dipastikan jika performa chipset Mediatek Dimensity juga jauh lebih baik. Selain itu, fitur kamera yang bisa didukung chipset Mediatek Dimensity juga makin banyak.

  1. Teknologi gaming

Bukan hanya fitur AI saja yang berbeda, chipset Mediatek Helio dan Mediatek Dimensity juga memiliki perbedaan pada teknologi game.

Untuk urusan gaming, Mediatek Helio memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan chipset Mediatek Dimensity. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa seri chipset Mediatek Helio yang memang dibuat khusus untuk mendukung kegiatan gaming.

Chipset Mediatek seri Helio yang dibuat khusus untuk tujuan gaming tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur spesial yang bisa menjaga kestabilan suhu serta konsumsi daya baterai.

  1. Seri smartphone yang menggunakan

Perbedaan selanjutnya antara chipset Mediatek seri Helio dengan Mediatek seri Dimensity adalah pada seri smartphone yang menggunakannya.

Chipset Mediatek seri Dimensity memang saat ini lebih banyak digunakan di smartphone mid range hingga flagship. Hal tersebut disebabkan karena memang teknologi 5G termasuk teknologi baru dan biasanya teknologi baru memang masih digunakan di smartphone mid range hingga flagship saja.

Sedangkan untuk chipset Mediatek seri Helio, memang chipset tersebut justru lebih banyak digunakan di smartphone entry level hingga mid range saja.

Pasalnya, chipset Mediatek seri Helio ini memang lebih banyak dipilih vendor smartphone untuk menekan harga jual smartphonenya nanti.

  1. Harga jualnya

Perbedaan terakhir antara chipset Mediatek seri Helio dengan Mediatek seri Dimensity jelas ada pada bagian harga.

Karena menggunakan mayoritas teknologi baru, chipset Mediatek Dimensity jelas memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan chipset Mediatek seri Helio.

Oleh sebab itu, chipset Mediatek Dimensity baru banyak digunakan di smartphone flagship dan mid range saja.

Terlepas dari perbedaan antara chipset Mediatek seri Helio dengan Mediatek seri Dimensity, keduanya sama-sama menjadi ancaman kuat bagi chipset lain. Selain harganya yang jelas jauh lebih terjangkau, chipset besutan Mediatek semakin hari juga semakin luar biasa performanya.

Jadi bagaimana? Kalau disuruh memilih, apakah anda mau memiliki sebuah smartphone yang ditenagai dengan chipset Mediatek? Jika mau, chipset Mediatek seri Helio atau seri Dimensity yang lebih anda pilih?