Indonesia Rawan Penggunaan Smartphone pada Anak-anak, Yuk Awasi Mereka dengan Aplikasi ini!

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, anak-anak lebih memilih bermain gadget dibandingkan bermain di luar bersama teman-teman atau melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Memang gadget memberikan dampak positif pada pengetahuan anak-anak, tapi tentu saja juga bisa mengakibatkan dampak negatif pada mereka.

Tidak jarang kasus anak-anak yang membuka situs terlarang atau bermain game yang tidak pantas untuk dimainkan, sehingga mengubah pola pikir mereka menjadi tidak baik, bahkan bisa menirunya. Pastinya kecemasan hal-hal tersebut dirasakan oleh sebagian besar orangtua.

Memisahkan anak dengan gadget yang mereka pakai sehari-hari adalah hal yang cukup sulit dilakukan, terlebih mereka sudah terlalu kecanduan gadget. Kalau Anda takut mereka membuka sesuatu yang tidak diperbolehkan, pasang saja aplikasi-aplikasi seperti ini agar bisa lebih mengawasi penggunaan mereka.

Aplikasi Edukatif yang Lebih Bermanfaat, Kid Mode

Anda tidak perlu khawatir lagi kalau anak membuka aplikasi atau situs yang tidak mengedukatif mereka, karena dengan Kid Mode, ada beberapa fitur yang dapat membantu perkembangan anak meskipun menggunakan gadget. Salah satu fitur yang menyenangkan untuk mereka adalah game edukatifnya. Untuk anak-anak yang masih berumur 3 hingga 7 tahun, sebaiknya bermain game tersebut dibandingkan membuka game yang tidak mendidik.

Selain itu, terdapat pula Library of Classic Storybook yang berisi buku-buku cerita, sehingga anak bisa mengenal cerita anak-anak. Lalu ada juga fitur Paint yang bisa mereka pakai untuk menggambar. Fitur terakhir yang bermanfaat adalah Lock yang bisa mengunci aplikasi tertentu.

Phone Control, Aplikasi Monitor pada Gadget Anda

Kalau Anda termasuk orang yang begitu ketakutan pada perilaku anak-anak yang memakai gadget, lebih baik pasang saja aplikasi Phone Control. Aplikasi ini bisa memantau segala aktivitas yang dilakukan anak-anak pada gadgetnya. Mulai dari SMS, telepon, sampai lokasi pun bisa Anda pantau semua.

Tidak perlu takut kalau anak-anak mengetahui fitur ini, karena pengaturannya hanya pada di menu Settings saja, jadi mereka tidak akan mudah menemukannya.

Norton Family Parental Control, Aplikasi Keamanan Canggih dari Norton

Anda pasti sudah tidak asing dengan Norton, bukan? Ya, Norton adalah salah satu developer pembuat anti virus yang terkenal dan mereka pun juga mengeluarkan aplikasi keamanan untuk anak-anak, yaitu Norton Family Parental Control. Aplikasi ini bisa memonitor, melaporkan, dan memblokir aplikasi-aplikasi yang tidak pantas untuk anak-anak.

Kalau Anda mengatur kata kuncinya pada aplikasi ini dan anak-anak mencoba membukanya, secara otomatis aplikasi tersebut akan dilaporkan kepada Anda melalui e-mail atau notifikasi SMS ke nomor Anda. Tidak hanya itu saja. Aplikasi keamanan ini juga bisa memantau nomor telepon yang keluar masuk dan media sosial yang diakses anak-anak.

Kakatu Parental Control, Aplikasi Keamanan Anak Buatan Tanah Air

Selain produk-produk luar negeri, kali ini aplikasi keamanan yang dibahas adalah berasal dari Indonesia. Sebagai salah satu aplikasi keamanan buatan Indonesia, aplikasi ini tidak kalah baiknya dengan buatan luar negeri. Anda bisa memantau penggunaan anak-anak pada gadget yang dipakai, baik di mana saja dan kapan pun.

Di sisi lain, Anda juga akan menerima notifikasi dari aktivitas gadget yang mereka gunakan dan memberikan panduan untuk merespon anak-anak. Tidak kalah canggihnya, bukan?

Sebagai orangtua dan keluarga, sudah seharusnya kita membantu anak-anak mengurangi kecanduan gadget, bukan ikut sibuk dengan gadget masing-masing. Jika terlalu lalai, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti sakit akibat radiasi gadget atau lainnya. Jadi, bantulah mereka untuk menguranginya agar tubuh dan pola pikirnya tetap sehat.