Handphone Jatuh Ke Air? Lakukan Cara Yang Satu Ini!

Pernahkah anda mengalami handphone yang terjatuh ke air? Beberapa orang pasti mengalami hal ini dan tidak sedikit yang langsung membawanya ke konter handphone. Tentunya hal ini membuat tidak sedikit orang yang panik karena biasanya handphone tidak akan menyala atau tidak berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana pertolongan pertama yang anda lakukan terhadap handphone yang jatuh ke air?

handphone jatuh ke air 300x188 » Handphone Jatuh Ke Air? Lakukan Cara Yang Satu Ini!

Banyak orang yang langsung mematikan ponsel yang dimilikinya jika masih menyala dan memilih untuk menjemurnya untuk mengeringkan air yang masuk. Memang setelah beberapa saat dan ponsel mengering dan dinyalakan, ponsel kembali menyala. Namun, ponsel yang anda miliki akan menyala tidak seperti biasanya dan bahkan tidak normal. Beberapa hal terjadi seperti kamera yang terus membuka sendiri atau beberapa hal yang dirasa rusak pada sistem ponsel tersebut.

Banyak hal lain yang terjadi saat ponsel masuk ke air dan menunjukan hal-hal yang tidak normal, tentunya hal ini tidak sedikit membuat banyak orang khawatir akan data yang dimilikinya dan ponselnya yang tidak berjalan sempurna lagi. Dan dengan semua kejadian tersebut, akhirnya banyak orang yang memilih untuk membawanya kepada yang lebih ahli atau konter handphone. Namun terkadang biaya yang harus anda keluarkan cukup mahal.

Namun berikut ini adalah salah satu cara untuk anda yang emngalami kejadian ponsel yang tercelup air atau tercebur air. Cara ini sudah terbukti dan anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi ke konter handphone yang ada.

1. Langkah pertama saat handphone atau ponsel anda tercelup kedalam air adalah jangan panik dancepatlah untuk mengeluarkan gadget dari dalam air agar tidak semakin banyak air yang masuk kedalamnya. Tentunya anda harus tetap tenang agar dapat melakukan langkah pertama.

2. Selanjutnya yaitu anda dapat melepas penutup smartphone yang anda miliki. Langkah kedua ini adalah untuk melihat seberapa banyak air yang masuk dan membantu untuk mengeluarkannya. Ingatlah untuk tidak terburu-buru agar tidak merusak komponen yang ada.

3. Selanjutnya, anda dapat melepas baterai yang ada, SIM card dan juga Memory card. Dalam hal ini anda harus berhati-hati untuk melepaskan komponen yang ada. Hal ini dikarenakan, ketiga komponen ini adalah komponen dimana data anda tersimpan di ponsel. Tentunya anda tidak ingin merusak komponen penting tersebut bukan?

4. Anda dapat membersihkan air yang ada atau mengeluarkan air yang masih tertinggal didalam ponsel. Anda data membersihkannya dengan tisu kering atau dengan lap kering.

5. Setelah kering, anda dapat menyiapkan tisu kering sekitar 3 hingga 4 lembar dan juga 1 hingga 2 koran.

6. Siapkan Koran dan tisu kering tersebut lalu ambil tisu kering untuk membalut badan ponsel yang kosong tersebut. Hal ini dilakukan untuk menyerap air yang sekiranya masih tertinggal didalam. Setelah dibalut, anda dapat melanjutkan mengeringkannya dengan tisu hingga tisu hasbis terpakai. Lalu balut lagi dengan Koran yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk membuat ponsel kering sepenuhnya.

7. Setelah dibalut, anda dapat memasukan balutan ponsel dengan tisu kering dan juga Koran kedalam freezer. Hal ini akan membuat embun es terserap dan tidak akan merusak komponen ponsel yang ada.

masukan freezer 300x225 » Handphone Jatuh Ke Air? Lakukan Cara Yang Satu Ini!
8. Anda dapat membiarkannya di freezer selama 30 menit agar air sepenuhnya terserap.

9. Setelah itu, buka semua balutan dan pasang lagi komponen yang telah anda lepas sebelumnya, lalu cobalah nyalakan kembali ponsel yang anda miliki.