Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan

Datang bulan merupakan salah satu siklus bulanan yang dialami oleh setiap wanita yang telah menginjak usia di atas 12 tahun atau lebih. Datang bulan atau dikenal dengan istilah menstruasi sendiri merupakan proses pengeluaran darah kotor pada seorang wanita. Kendati demikian beberapa orang mungkin akan mengalami telat datang bulan.

Penyebab Telat Datang Bulan

Telat datang bulan ini lah yang menyebabkan seseorang akan berpikir yang tidak-tidak seperti terkena penyakit banyak seperti kista rahim. Tidak hanya itu, seseorang yang tidak mengalami haid juga dipercaya setengah hamil. Padahal jika anda mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur, ada beberapa penyebabnya. Seperti ulasan berikut ini.

1. Perubahan Berat Badan Mendadak
1. Perubahan Berat Badan Mendadak 300x169 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Penyebab telatnya datang bulan yang pertama adalah adanya perubahan berat badan seseorang secara mendadak biasanya perubahan ini terjadi apabila seseorang memiliki berat badan yang kurus hingga mengalami gendut ataupun sebaliknya. Biasanya seseorang yang mengalami perubahan berat badan ini sangat terkait dengan gangguan makan seperti anoreksia.

Sehingga asupan makanan dengan gizi yang baik dan hormon estrogen akan mengalami penurunan yang menyebabkan menurunnya frekuensi ovulasi sehingga proses datang bulan tidak teratur. Sedangkan Biasanya pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih maka tubuh akan mengalami kelebihan estrogen yang mampu memicu munculnya penebalan dinding rahim.

2. Seseorang Dengan Tingkat Kecemasan Berlebih
2. Seseorang dengan tingkat cemas berlebih 300x200 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Selain itu apabila anda sering mengalami stress mungkin hal ini bisa menjadi pemicu telatnya datang bulan anda. Hal ini karena saat Anda mengalami stress maka kelenjar hipotalamus akan mengalami gangguan sendiri merupakan salah satu bagian dari otak yang menjadi tempat untuk hormon pengatur periode menstruasi.

Jika bagian hipotalamus terganggu maka secara otomatis siklus datang bulan Anda juga akan terganti. Agar anda terhindar dari stress maka anda bisa mengikuti kelas Yoga ataupun melakukan relaksasi lainnya yang segera mengubah gaya hidup lebih baik.

3. Adanya Gangguan Tiroid
3. Adanya gangguan Tiroid 300x200 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Tiroid sendiri merupakan salah satu kelenjar pada tubuh yang berfungsi untuk mengatur metabolisme dan apabila kelenjar yang satu ini mengalami gangguan maka juga akan mempengaruhi siklus datang bulan anda.

Cukup cukup mudah untuk mendeteksi adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda di mana penderita akan merasa kelelahan yang berlebih, berat badan akan mengalami naik turun, rambut rontok serta merasa kedinginan. Tiroid yang terganggu juga akan mempengaruhi Anova Lusi dan ovulasi lemah.

4. Adanya Sakit Kronis Dalam Jangka Panjang
4. Adanya Sakit Kronis dalam jangka panjang 300x200 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Apabila anda mengalami penyakit yang cukup serius dan tidak kunjung sembuh, hal ini ternyata juga mampu mempengaruhi siklus haid anda. Salah satunya adalah penyakit diabetes ataupun penyakit lainnya yang terjadi pada usus yang menyebabkan peradangan sehingga tubuh akan sulit menyerap nutrisi.

Biasanya hal ini hanya akan bersifat sementara Apabila penyakit anda sembuh maka siklus menstruasi anda akan kembali normal. Penyakit-penyakit lainnya yang berhubungan dengan organ kewanitaan juga perlu diwaspadai.

5. Penggunaan Obat-obatan
5. Penggunaan obat obatan 300x164 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Jenis obat tertentu juga mampu mempengaruhi jadwal menstruasi ada seperti obat jenis antidepresan, obat antipsikotik, dan obat lainnya. Obat-obat seperti itu ternyata memiliki efek samping yang memiliki keterkaitan dengan haid Anda seperti obat yang mengandung hormon layaknya pengendali kelahira.

6. Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol
6. kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol 300x200 » Hal-hal Yang Menyebabkan Seseorang Telat Datang Bulan
Di era modern ini memang merokok dan mengkonsumsi alkohol menjadi kebiasaan tertentu khususnya bagi masyarakat perkotaan. Ternyata seorang wanita yang memiliki kebiasaan merokok ataupun konsumsi alkohol akan beresiko mendapatkan siklus haid yang tidak normal bahkan gangguan reproduksi mungkin juga akan terjadi.

Oleh sebab itu ada baiknya anda segera menghindari kebiasaan buruk ini karena tak hanya menyebabkan gangguan siklus menstruasi, ternyata rokok dan alkohol juga mampu menimbulkan penyakit penyakit lainnya yang tidak boleh dianggap remeh.

Jika anda memiliki siklus haid yang tidak teratur maka ada baiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter karena bagaimanapun mereka akan lebih mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh anda dan tetap menjalankan pola hidup yang sehat.