Dampak Negatif Menghentikan Kebiasaan Olahraga

Dampak Negatif Menghentikan Kebiasaan Olahraga – Pada nyatanya, sebagian besar orang sudah menyadari bagaimana dampak negatif yang akan dirasakan ketika meninggalkan aktivitas seperti olahraga. Namun dapat dipastikan juga tidak sedikit kalangan yang kerap mengabaikan hal tersebut hingga akhirnya mereka merasakan sendiri dampaknya.

Dampak Negatif Menghentikan Kebiasaan Olahraga » Dampak Negatif Menghentikan Kebiasaan Olahraga

Ya, memiliki tubuh yang selalu sehat dan bugar dapat dikatakan tidak mudah. Terdapat cukup banyak upaya yang harus dilakukan dan biasanya sebagian besar orang malas untuk melakukannya. Padahal, kita semua juga sudah mengetahui bahwa slogan seperti “sehat itu mahal” memang benar adanya.

Dampak Negatif Menghentikan Kebiasaan Olahraga

Selain malas, memiliki jadwal kesibukan yang padat juga menjadi salah satu faktor banyak orang melupakan dan mengesampingkan aktivitas bermanfaat seperti olahraga. Dengan pola dan gaya hidup modern, biasanya aktivitas seperti olahraga akan ditunda-tunda yang pada akhirnya tidak dilakukan.

Jika dilihat dari kacamata medis, maka sudah tentu kondisi tersebut akan merugikan tubuh. Menghentikan aktivitas olahraga mungkin dapat dikatakan sama dengan mengundang beragam penyakit untuk menghampiri tubuh. Lalu, apa saja dampak negatif menghentikan kebiasaan olahraga bagi kesehatan tubuh kita? Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Berat Badan Terus Bertambah

Salah satu dampak yang paling signifikan dari menghentikan aktivitas olahraga sehari-hari yakni berat badan yang akan terus berambah. Ya, walaupun Anda memiliki aktivitas yang padat dalam keseharian, namun menjalankan rutinitas pekerjaan dengan berolahraga tentu berbeda jauh.

Sedangkan tubuh kita akan terus mendapatkan asupan makanan, yang dengan kata lain jumlah lemak di dalam tubuh pun akan terus meningkat. Jika tidak berolahraga, maka lemak tersebut akan menumpuk dan akhirnya memicu berat badan meningkat.

  1. Tekanan Darah Meningkat

Salah satu dampak negatif lain yang akan dirasakan ketika aktivitas seperti olahraga ditinggalkan adalah meningkatnya tekanan darah pada tubuh. Tidak perlu menunggu dalam jangka waktu minggu atau bahkan bulan, dalam hitungan hari kondisi tersebut dapat langsung terjadi.

Hal tersebut diketahui karena saat tubuh tidak berolahraga, maka tekanan darah akan beradaptasi dengan aliran yang melambat karena tidak adanya aktivitas tubuh yakni olahraga. Dan perubahan tersebut biasanya akan terjadi pada kurun waktu sekitar 1 bulan.

  1. Stamina dan Daya Tubuh Menurun

Tidak dapat dipungkiri, bahwa saat aktivitas seperti olahraga ditinggalkan maka stamina sekaligus daya tahan tubuh seseorang akan menurun drastis. Itulah sebabnya mengapa mereka yang jarang berolahraga akan rentan atau mudah sakit.

Hal tersebut terjadi karena otot kehilangan sel seperti mitokondria yang memiliki fungsi merubah oksigen menjadi energi. Selain itu, saat kita berolahraga maka toksin atau racun yang terdapat di dalam tubuh akan keluar melalui keringat pada pori-pori kulit.

  1. Otot Kendur dan Menggelambir

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan berolahraga seperti nge-gym, maka poin nomor empat ini mungkin sudah tidak asing lagi. Selain tiga dampak sebelumnya, menghentikan aktivitias olahraga juga akan membuat otot menjadi kendur bahkan menggelambir.

Kekuatan otot akan berkurang dan akhirnya otot menjadi tidak kencang saat aktivitas olahraga dihentikan. Kondisi tersebut biasanya paling cepat akan dirasakan dalam kurun waktu mulai dari 2 minggu. Dimana otot akan terus mengecil dan akhirnya terlihat seperti menggelambir.

  1. Suasana Hati Tidak Stabil

Kondisi ini dapat dirasakan jika intensitas olahraga yang dilakukan cukup tinggi. Hal tersebut karena saat seseorang berolahraga dengan intesitas yang tinggi, maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, pelepasan hormon endorfin juga akan membuat suasana hati seeorang menjadi lebih baik. Untuk itulah mengapa saat seseorang meninggalkan aktivitas olahraga, maka suasana hatinya akan mudah berubah dan tidak stabil.

Demikian di atas tadi adalah lima dampak negatif menghentikan kebiasaan olahraga yang telah kita ketahui bersama. Setelah mengetahui dampaknya, apakah Anda masih akan meninggalkan aktivitas olahraga? Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.