Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi – Bagi para traveler, mungkin Lombok merupakan destinasi wisata alternatif yang bisa dikunjungi selain Bali. Ini dikarenakan Lombok memiliki letak yang cukup dekat dengan Bali sehingga banyak wisatawan di Bali yang mampir ke Lombok untuk berwisata. Meskipun pamor Lombok masih kalah dengan Bali, namun ternyata Lombok memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dari bali. Tempat wisata di Lombok memiliki berbagai keunggulan diantaranya tempatnya yang rata-rata masih sepi dan juga masih alami sehingga pengunjung dapat menikmati wisata dengan lebih nyaman. Apabila anda sedang berkunjung ke Lombok, ada beberapa tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi jika ingin liburan anda lebih berkesan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Lombok yang bisa anda kunjungi.

Tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi

  1. pura batu bolong » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPura Batu Bolong. Apabila anda mengunjungi Pura Batu Bolong yang ada di Lombok Senggigi, maka anda akan takjub dengan keindahannya karena tak kalah dengan pura yang ada di Bali atau di tempat lain. Pura yang terletak di atas batu karang ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah terutama saat matahari terbenam. Pura Batu Bolong memiliki ciri khas yakni terdapat batu karang yang berlubang yang ada di bawah Pura. Inilah mengapa Pura ini dinamakan dengan nama Pura Batu Bolong. Apabila anda ingin masuk ke kawasan Pura ini, maka anda harus memakai kain warna kuning yang diikatkan di pinggang sebagai bentuk penghormatan. Pemandangan laut dan juga Gunung Agung, Bali merupakan pemandangan yang dapat anda rasakan saat berada di Pura ini. Jadi saat mengunjungi pura ini, jangan lupa untuk berfoto karena pasti hasilnya akan memuaskan.
  2. pantai senggigi » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPantai Senggigi. Tak jauh dari Pura Batu Bolong, anda bisa berkunjung ke pantai indah bernama Pantai Senggigi yang terletak di bagian barat Lombok. Pantai ini sering disebut dengan pantai Kuta yang ada di Lombok karena memiliki pemandangan yang begitu indah namun dengan ombak yang lebih tenang. Di sini, anda bisa melakukan berbagai aktifitas menarik seperti berenang, snorkeling, atau bermain di pantai. Seperti di Kuta, pantai Senggigi juga memiliki view sunset yang sangat indah untuk dinikmati. Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang lengkap mulai dari penginapan, restoran, transportasi yang memadai, dan sebagainya. Cara termudah untuk mengunjungi pantai Senggigi adalah dengan menggunakan bis Damri dengan tujuan Senggigi yang terdapat di Bandara Internasional Lombok. Lama perjalanan menggunakan bis hanya sekitar 2 jam saja.
  3. gili trawangan » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiKepulauan Gili (Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan). Siapa yang tak kenal dengan nama Gili Trawangan di Lombok? Para traveler sejati pasti sudah pernah mendengar tentang keindahan yang ditawarkan. Gili Trawangan merupakan spot diving terbaik di dunia dan letaknya berada di Lombok. Ketika anda sedang berkunjung ke Lombok, tentu mengunjungi Gili Trawangan tidak boleh anda lewatkan. Di kepulauan Gili terdapat 3 pulau yakni Gili Air yang terdekat dengan penduduk lokal terbanyak dari ketiga pulau. Kemudian ada Gli Meno yang memiliki pantai eksotis dan masih sepi pengunjung. Di Pantai Gili Meno, anda bisa berjemur sambil menikmati suasana pantai yang masih sepi dan tenang. Setelah itu, ada pulau terjauh yakni Gili Trawangan yang menjadi tempat wisata di Lombok paling favorit bagi kalangan wisatawan. Di tempat ini, anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti pantai pasir putih yang masih alami serta yang tak boleh terlewatkan adalah diving. Kedalaman untuk spot diving di Gili Trawangan tidak terlalu dalam sehingga pemula sekalipun dapat melakukan kegiatan ini. Di dasar laut terdapat bangkai kapal kecil “Bounty” yang dihuni berbagai ikan yang berwarna-warni. Selain itu, disekitarnya anda akan menemukan terumbu karang yang tak kalah indah. Untuk melakukan aktivitas diving, pengunjung diharuskan membayar 500 ribu rupiah untuk menyewa peralatan menyelam dan juga pemandu.
  4. gunung rinjani » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiGunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Wisata alam yang satu ini memang cukup melelahkan dan membutuhkan persiapan khusus. Namun bagi anda yang suka mendaki gunung, tentu hal itu adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Lombok memang terkenal dengan gunung Rinjani yang cukup tinggi dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Di kawah Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak yang tak kalah indah. Perjalanan yang cukup memakan waktu yakni 9 jam perjalanan dari pos pendakian tentu akan membuat badan menjadi lelah. Namun ketika anda sampai di danau Segara Anak, rasa lelah anda akan terbayarkan dengan keindahannya. Apabila anda menggunakan jasa tour, tentu anda akan mampir di danau ini untuk menikmati keindahannya sekaligus mendirikan tenda di sekitar danau Segara Anak.
  5. pantai sekotong » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPantai Sekotong. Satu lagi pantai di Lombok yang memiliki pemandangan yang sangat indah serta alami. Pantai Sekotong berada di Lombok Barat dan untuk menuju tempat ini, wisatawan akan membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari Mataram. Pantai dengan warna biru dan pasir putih ini memang memiliki pemandangan yang tak kalah indah dari pantai lainnya di Lombok. Pantai yang datar memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktifitas seperti bermain bola atau berenang di pantai.
  6. desert point » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiDesert Point. Bagi anda yang ingin mencari spot surfing, maka Desert Point adalah tempat yang sangat tepat untuk anda. Desert Point menjadi spot surfing yang cukup populer di Indonesia, bahkan dunia. Pantai ini terletak di Barat Daya Pesisir Lombok dan masyarakat lokal menyebut tempat ini dengan nama Bangko-Bangko. Desert Point menjadi tempat wisata favorit para peselancar baik yang sudah pro atau masih dalam tahap belajar. Di sekitar pantai terdapat penginapan yang dapat digunakan untuk menginap wisatawan.
  7. pantai pink » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPantai Tangsi / Pantai Pink. Jika pantai rata-rata memiliki pasir yang berwarna putih, maka tidak untuk pantai yang satu ini. Pantai Tangsi memiliki pasir yang berwarna pink atau kemerahan. Hal ini disebabkan karena pasir yang ada di pantai ini tercampur dengan koral berwarna merah dan organisme laut warna merah yang terbawa ombak. Keunikan pantai ini menjadikan Pantai Tangsi tempat wisata di Lombok wajib dikunjungi. Selain pantainya yang berwarna pink, pantai ini juga masih sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan. Namun untuk menuju pantai ini diperlukan usaha ekstra jika melalui jalur darat karena anda akan melewati jalanan yang rusak. Pantai Tangsi berada di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Jika anda ingin menggunakan jalur laut, anda bisa naik kapal melalui pelabuhan Tanjung Luar dengan lama perjalanan 1 jam. Sementara jika ingin menggunakan jalur darat, maka pilihlah rute Mataram – Pantai Tanjung Ringgit. 1 kilo sebelum pintu masuk pantai, anda akan menjumpai rambu di pinggir jalan yang bertuliskan Pantai Pink 50M.
  8. pantai tanjung bloam » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPantai Tanjung Bloam. Pantai Tanjung Bloam merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Lombok. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung karena rutenya yang masih sulit dijangkau. Pantai Tanjung Bloam terletak di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru, Lombok Timur. Ciri khas pantai ini adalah batu karang yang berada di sekitar pantai dan juga 2 buah tebing karang yang sangat indah. Pantai Tanjung Bloam juga merupakan kawasan konservasi penyu, jadi jangan kaget kalau anda menjumpai penyu yang sedang berada di pantai ini.
  9. pantai tebing » Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib DikunjungiPantai Tebing. Saat anda mengunjung pantai ini, maka yang terpikirkan oleh anda pertama kali adalah anda sedang berada di sebuah planet lain. Pantai Tebing yang berlokasi di Dusun luk, Desa Sambiq Bangkol, Gangga, Lombok Utara ini memang menyajikan pemandangan yang mirip seperti di luar bumi. Tebing tinggi yang berlekuk-lekuk di Pantai Tebing menjadi spot foto paling eksotis karena akan menghasilkan efek seperti berada di planet tandus. Selain tebing yang tinggi, pantai ini juga memiliki pasir berwarna hitam yang menambah kesan bahwa pengunjung sedang berada di planet lain.

Itulah beberapa tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Lombok. Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di Lombok lainnya yang bisa anda temukan karena Lombok memiliki berbagai tempat wisata yang indah.