Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan

Sudahkah Anda mencoba destinasi liburan wisata keluarga di Jawa Tengah? Kalau belum, kini saatnya mencoba beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah yang cukup populer dan cukup ramai dikunjungi di musim liburan. Dimana saja tempat wisata tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Candi Arjuna Dieng
Candi Arjuna Dieng 300x217 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Liburan ke Jawa Tengah tak akan lengkap kalau belum mengunjungi Candi Arjuna yang terletak di pegunungan Dieng. Di kawasan Candi biasanya sering diadakan pertunjukan seni maupun upacara-upacara adat kalau Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan festival seni di Candi ini. Harga tiket masuk ke Candi Arjuna Rp. 15.000/orang.

2. Rawa Pening
Rawa Pening 300x188 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Danau yang berada di 4 kecamatan yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru ini merupakan destinasi wajib jika berlibur ke Jawa Tengah. Pemandangan danau yang dikelilingi pegunungan jadi buruan para fotografer sunset dan sunrise. Anda bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu dan membayar tiket masuk sekitar Rp. 2.500.

3. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum kereta Api Ambarawa 300x205 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Museum Kereta Api Ambarawa bisa menjadi tujuan wisata edukatif bagi keluarga. Museum ini awalnya merupakan pangkalan stasiun militer yang dialihfungsikan menjadi museum di tahun 1976. Anda bisa menyaksikan beragam koleksi lokomotif kuno di museum ini. Tiket masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa ini sekitar Rp. 5.000-Rp. 10.000.

4. Small World Purwokerto
Small World Purwokerto 300x263 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Small World Purwokerto merupakan tempat wisata yang berisi miniatur landmark negara-negara di dunia. Miniatur icon-icon populer seperti Windmill Belanda, Rumah Jepang, Menara Pisa hingga Monas bisa Anda temui di sini. Harga tiket masuk Small World Purwokerto adalah Rp. 15.000 (hari biasa) dan Rp. 20.000 (akhir pekan).

5. Goa Barat Kebumen
Goa Barat Kebumen 300x187 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Wisata alam Goa Barat yang berada di kawasan perbukitan karst Gombong menjadi obyek wisata yang harus Anda kunjungi. Di dalam goa, Anda bisa menemukan air terjun mini yang indah. Pemandangan perbukitan karst di sekitar goa juga termasuk unik adn langka. Anda bisa memasuki kawasan goa dengan membayar tiket Rp. 50.000/orang.

6. Mata Air Cokro Tulung
Mata Air Cokro Tulung 300x197 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Mata Air Cokro Tulung yang berasal dari mata air murni merupakan salah satu wisata andalan di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Tempat wisata ini menawarkan kolam pemandian dengan wahana permainan air seperti waterboom dan lainnya. harga tiket masuk ke Cokro Tulung sekitar Rp. 5.000 saja.

7. Candi Plaosan
Candi Plaosan 300x193 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Terletak tak jauh dari Candi Prambanan, Candi Plaosan mungkin tidak setenar Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Tapi, candi ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Candi yang disebut candi kembar ini terdiri dari dua bagian Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Harga tiket masuk ke candi ini sekitar Rp. 3.000.

8. Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng 300x214 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Taman Kyai Langgeng di Magelang merupakan tempat wisata keluarga di Jawa Tengah yang ramai dikunjungi orang terutama di musim liburan. Di taman ini, Anda bisa bermain wahana komidi putar, komidi layang, kereta air, water ball dan lainnya. Harga tiket masuk ke Taman Kyai Langgeng berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 25.000.

9. Candi Sewu
Candi Sewu 300x197 » Daftar Obyek Wisata Keluarga di Jawa Tengah yang Populer dan Cocok Buat Liburan
Di sebelah Candi Prambanan, Anda bisa menemukan kompleks Candi Sewu yang unik dengan jumlah candi sekitar 249 candi. Candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur ini terletak di Dusun Bener, Bugisan, Prambanan. Harga tiket masuk ke candi ini Rp. 8.000 melalui gerbang Candi Prambanan.

Ke sembilan tempat wisata keluarga di jawa Tengah di atas tak hanya cocok dikunjungi saat musim liburan saja, tapi juga saat akhir bulan karena tiket masuknya tak begitu mahal. Selamat liburan.