Mengintip Keindahan Bentangan Alam Wisata Pulau Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Indonesia memang sudah dikenal memiliki keindahan panorama alam yang tiada tara. Pesonanya bahkan sudah diakui hingga mancanegara. Jadi, tidak perlulah jauh-jauh traveling ke luar negeri karena disini pun memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak kalah menarik.

Untuk kamu yang sedang suntuk atau sudah penat dengan segala pekerjaan, ingin menghabiskan waktu kosong untuk menyantai dengan tenang di pulau terpencil, tentu bukan hal yang mustahil kok. Di Indonesia, surga tersembunyi rupanya tak sesulit yang dikira untuk ditemukan. Caranya, kunjungi salah satu pulau cantik di Sumatra ini.

Tahukah kamu dengan film legendaris Laskar Pelangi? Pasti selain karena alus ceritanya yang mengagumkan, kamu pasti takjub dengan lokasi pengambilan syuting film ini yang begitu indah. Nah, surga ala Laskar Pelangi ini rupanya diambil di Pulau Belitung.

Bagaimana Cara Menuju ke Pulau Belitung

Pulau indah ini dikenal dan berada di Provinsi Bangka Belitung, jadi ketika kamu berkunjung kesana akan ada dua pulau berbeda, yaitu Bangka dan Belitung. Cara kesannya, dari Jakarta bisa melalui perjalanan udara langsung ke Tanjung Pandan, dengan mengandalkan penerbangan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Waktu yang ditempuh adalah sekitar kurang lebih 1 jam, biayanya sekitar Rp850.000, PP.

Apabila anda ingin berkunjung ke wisata Sumatra seperti Pulau Belitung ini maka anda harus mengetahui kondisi cuaca setiap bulannya. Sangat direkomendasikan untuk datang sekitar April – Oktober apabila ingin kondisi cuacanya cerah. Hanya saja usahakan kamu mempersiapkan baju hangat, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya karena kondisi angin yang cukup kencang.

Selain itu, bila tujuanmu berlibur untuk mencari suasana tenang dan sepi, maka tidak disarankan datang bulan Juni – Juli karena tanggal seperti ini Pulau Belitung akan banyak dikunjungi anak-anak, tentu saja karena bulan libur sekolah, kecuali jika kamu merasa tidak keberatan.

Lokasi Wisata paling Asik Hits di Pulau Belitung Nah, bagi kamu yang masih belum tahu wisata mana saja yang ada di Belitung, maka berikut akan diberikan rekomendasinya!

1. Rumah Pohon Maldives, Pulau Leebong


Sudah popular sih dengan pantai dengan pasir putih yang khas dan batu karang, salah satunya yang kece nih, Rumah Pohon Maldives. Letaknya sendiri tidak jauh dari Pulau Belitung, yaitu hanya sekitar 3 km saja. Nikmati nuansa pasir putih dengan hiasan hutan bakau, serta pepohonon rindang dan disambut aneka burung-burung lokal cantik. Selain pesona alamnya yang kece, nikmati juga aktivitas lain seperti menyelam, sepeda air, banana boat, jet ski, snorkelling, dll.

2. Pulau lengkuas


Disini kamu bisa menikmati pantai dengan laut biru serta dapat menyelam dan menikmati panorama dalam laut yang memikat. Pemandangan yang khas pada wisata ini adalah adanya Mercusuar yang tentunya menambah keindahan pada pulau ini.

3. Pantai Tanjung Tinggi


Buat kamu yang penasaran dengan lokasi syuting Laskar Pelangi, nih kamu bisa datang kesini. Nikmati sambutan ombak biru tenang nan lembut juga bisa berenang dengan aman karena ombaknya tenang. Lokasinya berada di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

4. Dermaga Kirana

Tentu saja di Pulau Belitung tidak selalu berisi pantai saja. Ingin suasana berbeda? Datang saja ke Dermaga Kirana, disana memiliki pemandangan danau dengan air yang begitu menenangkan.

5. Gunung Kubing

Rupany infinity pool tidak harus selalu buatan manusia, mother of nature juga menghadirkan pesona infinity pool alami ala pergunungan. Disana menyuguhkan pemandangan gunung dengan air sejuk nan jernih. Lokasinya berada di Desa Perpat, Kecamatan Membalong.

Tempat Wisata di Yogyakarta Anti Mainstream dan tak Terlupakan

Indonesia memang memiliki destinasi wisata yang tidak ada habis-habisnya. Masing-masing daerahnya punya ciri khas masing-masing dan pasti semuanya sangat menarik untuk dikunjungi. Perbedaan belahan bumi pertiwi ini yang membuat Indonesia menjadi indah, dimulai dari keindahan panorama, budaya, dan masyarakatnya yang beragam.

Masing-masing wilayah di Indonesia memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing, contohnya saja kota Yogyakarta yang merupakan pusat seni dan budaya Jawa. Bila Jakarta merupakan surga glamor dan merupakan pusat dari perekonomian dan industri di Indonesia, Yogyakarta sendiri merupakan jiwa estetika dan warna kemilau Indonesia.

Yogyakarta sendiri memang selalu menjadi daerah yang sering dikunjungi dalam tujuan wisata, baik domestic hingga mancanegara. Tentu saja karena selain memiliki objek wisata yang menarik, Yogya memiliki suasana yang santai dan damai, dengan penduduk super ramah, dan kulinernya yang menggugah selera.

Berikut Wisata Yogyakarta yang benar-benar Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya, tapi MENAKJUBKAN!

1. Pantai Wedi Ombo


Bagi kamu yang ingin menikmati hawa suasana pantai dengan laut biru jernih dengan tenang, bisa banget datang kesini. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki semacam kolam alami yang terpisah dari laut pantai karena terlindung oleh batu karang yang tersusun rapi, seperti buatan manusia.

Dengan begini kamu bisa berendam di kolam alami ala pantai dengan tenang tanpa khawatir dengan ombak. Hanya saja tetap harus waspada sih, karena sering ada ombak yang menyapu sekitar batu karang.

2. Curug Luweng Sampang


Ini nih bisa dibilang salah satu air terjun kece yang jarang terjamah wisata. Kamu bisa menikmati segarnya air terjun langsung dari Pegunungan Sewu dengan tenang dan damai karena belum banyak diketahui wisatawan. Uniknya lagi sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan Curug Luweng dengan corak dinding indah pada batunya. Bahkan mirip dengan Antelope Canyon di AS.

3. Goa Jomblang


Buat kamu yang butuh eksplor wisata alam yang sedikit menantang, bisa banget ke Goa Jomblang. Kamu harus mengunjungi tempat ini dengan Teknik Single Rope Technique menuju perut bumi karena mulut guanya terletak secara vertikal. Nah setelah mencapai gua, perjuangan kamu akan berbuah manis dengan dapat menyaksikan keindahan cahaya surga. Di sekitar cahaya Illahi tersebut kamu bisa melihat beberapa tumbuhan yang rimbun. Ingat! Ikuti segala aturan dan petunjuk keselamatan untuk bisa mengunjungi gua dengan aman.

4. Taman Bunga Matahari dekat Pantai Samas


Bisa dibilang wisata ini sedang happening banget 2018! Tentu saja taman bunga matahari nan cantik ini menjadi instagrammable banget. Lokasinya dekat dari pantai samas, hanya sekitar 5 menit pun sudah langsung sampai.

5. Goa Pindul


Nah ini wisata gua yang cukup menarik, kamu bisa menikmati keindahan relief gua sambil mengambang diatas air. Kamu pun bisa mencoba hal-hal adrenalin seperti terjun dari batang pohon atau tanjakan gua kedalam sungai gua nan segar. Nikmati juga relief gua yang menarik seperti stalagmite dan stalaktit dimana beberapa diantaranya adalah yang terbesar di dunia ke-4 loh dan sudah berusia ratusan tahun.

Duh garing nih! Pengen yang nguji adrenalin? Bisa banget tuh ada arung jeram juga di Goa Kalisuci dengan arus sungai yang deras banget juga berkelok-kelok melewati rintangan penuh batu. Jadi wisata ini cocok banget buat kamu dengan dua karakter berbeda, si tenang dan si ekstrim yang ingin menikmati 2 gaya berlibur sesuai tujuanmu.

List Tempat Wisata di Bali paling Banyak DIkunjungi 2018

Tempat Wisata di Bali – Sudah merupakan fakta umum bila Bali selalu dijadikan destinasi wisata terbaik dari yang terbaik dan sudah diakui mata dunia. Seakan- akan segala mimpi dan surga tersembunyi seluruhnya hadir dalam satu pulau ini. Pantai, pegunungan, pesta meriah, restoran dan hotel ternama, spa, waterboom, dan masih banyak lagi.

Bali benar-benar super komplit, hal inilah yang membuat banyak wisatawan selalu menargetkan salah satu daerah Indonesia sebagai kunjungan utama setiap liburan! Nah, pasti kamu pun salah satunya bukan? Sebetulnya banyak banget sih berbagai bagian daerah Bali, seperti Seminyak, Kuta, Buleleng, dll.

Kalo masih bingung mau wisata kemana, disini hadir berbagai rekomen objek wisata paling kece di Seminyak! Perlu kamu tahu kalo setiap daerah di Bali memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing, jadi dijamin deh liburanmu bakal langsung paus bila berkunjung ke berbagai wilayah Bali yang berbeda sekaligus.

Tempat Wisata di Bali

1. Air Terjun Tembok Barak


Siapa bilang Bali cuma ada pantai doang? Ada banyak banget panorama sejuk khas pegunungan seperti air terjun ini. Pecinta surga tersembunyi? Di Air Terjun Tembok Barak ini memiliki nuansa keindahan menakjubkan dimana untuk bisa menemukannya harus menyusuri jalan setapak sejauh 700 meter. Cukup melelahkan memang, tapi rasa lelahmu akan langsung terbayar ketika menyaksikan indahnya air terjun ini.

Lokasi : Gang Cengkeh, Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali

2. Tirta Gangga

Ingin menjadi permaisuri di Bali bisa banget berkunjung ke salah satu warisan kerajaan bersejarah seperti Tirta Gangga ini. Tempat ini benar-benar epik dimana kamu akan melihat kolam batu besar berisi ikan mas dengan air mancur yang menghiasinya. Kamu bisa berjalan di sekitar kolam dengan pijakan batu diatasnya, dijamin serasa jadi permaisuri deh!

Lokasi : Jl. Abang, Amlapura, Kabupaten Karangasem

3. Pantai Jasri


Pantai ini bener-bener ga biasa karena bukan hanya dapat menikmati indahnya pantai asri tapi dapat menikmati cita rasa cokelat super lezat. Soalnya Pantai Jasri menghadirkan Chocolate Factory yang menyajikan berbagai hidangan coklat, duh pasti bakal betah banget! Masih kurang? Suasana Pantai Jasri ini pun instagrammable banget, soalnya terdapat spot foto kece berupa ayunan yang menghadap pantai, foto bareng dengan si tercinta paling pas nih.

Lokasi : Pantai Jasri, Pertima, Kabupaten Karangasem

4. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul


Pura yang benar-benar memiliki panorama yang tidak biasa. Pura ini memiliki daya tarik akan lokasinya yang terletak di tengah danau, jadi terlihat seperti mengapung, keren banget! Disana kamu akan menikmati suasana tenang dan damai dengan sajian pemandangan danau Beratan Bedugul yang jernih. Bukan hanya itu saja, Pura Ulun Danu danau Beratan ini dihiasi oleh perbukitan cantik serta perkebunan yang tertata rapi. Untuk bisa menikmati panorama dengan maksimal, tersedia juga sewa perahu keliling. Kece!

Lokasi : Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency

5. Bali Wake Park


Senang dengan watersport? Bisa banget ke Bali Wake Park, konsep wisatanya unik banget karena memadukan permainan surfing dan skateboarding. Kamu gak perlu khawatir dengan ombak atau cuaca karena dibuat dari danau buatan dengan laus 5 hektar. Buat kamu yang masih pemula tapi ingin mencoba olahraga ekstrim pun bisa banget kesini! Soalnya keamanannya benar-benar terjamin, kecepatan pada talinya pun bisa disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Selain itu masih banyak permainan air yang pasti super seru banget!

Lokasi : Jl. Raya Pelabuhan Benoa no. 7X, Pedungan, Denpasar

Lebih Kekinian dengan 6 Tempat Wisata Keren di Bandung Ini

Di Indonesia, ada kota-kota tertentu yang terkenal dengan pariwisatanya. Contohnya saja, Malang, Yogyakarta, dan juga Bandung. Terutama di Bandung, kota ini kerap menjadi tujuan masyarakat yang tinggal di kota-kota sekitarnya, contohnya saja yang dari Jakarta, biasanya berbondong-bondong ke Bandung saat hari libur tiba.

Tidak mengherankan, karena Bandung memang dikenal sebagai kota dengan potensi wisata yang besar. Udaranya sejuk karena dikelilingi pegunungan, dan wisata alamnya pun memang selalu memukau mata. Bahkan, tidak hanya wisata alam, wisata-wisata unik dan keren pun sering tercetus dari Bandung. Seperti beberapa tempat wisata berikut ini, yang keren dan hits banget di Bandung.

Kampung Korea

Tempat ini juga dijuluki sebagai Little Seoul Bandung, mengingat memang Korea identik dengan kota Seoul. Disebut Kampung Korea karena suasananya memang dibuat semirip mungkin dengan Korea, terutama seperti drama-drama Korea yang populer di kalangan remaja. Enaknya lagi, makanan yang dijual di sini juga Korea banget. Kamu bisa menikmati hidangan-hindangan khas Korea yang menggugah selera.

Selain itu, Kampung Korea juga tempat yang Instagramable banget, jadi jangan sampai lupa untuk foto-foto dulu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Stasiun Bandung, jelas sekali mudah dijangkau para wisatawan.

Rabbit Town

Nama tempat wisata Rabbit Town sedang populer akhir-akhir ini. Wisata ini memang tergolong baru, jadi pasti seru untuk dikunjungi. Meskipun kemarin ramai dengan tuduhan plagiasi Museum of Ice Cream yang ada di Los Angeles, nyatanya Rabbit Town masih ramai sampai sekarang.

Di sini kamu bisa jepret-jepret sampai puas karena memang tampaknya disediakan sebagai tempat foto-foto. Jika penasaran, coba saja ke Jalan Ranca Bentang yang ada di Bandung, di sanalah Rabbit Town berada.

Chinatown

Seperti namanya, wisata yang satu ini memang menghadirkan tempat yang China banget. Mulai dari bangunan-bangunan dan perabot yang dipasang, semuanya khas China. Jika sudah masuk, kamu pasti merasa sedang berada di perkampungan China. Serunya lagi, ada barongsai pertunjukan barongsai yang siap menghiburmu sekaligus mengagetkanmu.

Kalau kamu antuasias ke wisata satu ini, Chinatown berada di Jalan Kelenteng Nomer 41, Bandung. Jangan lupa swafoto yang banyak, ya.

Forest Walk

Mungkin kamu pusing dengan semua polusi kendaraan dan hiruk pikuk suara mesin di perkotaan. Tidak ada salahnya rehat sejenak dengan mengunjungi Forest Walk yang ada di Babakan Siliwangi, Bandung. Sebenarnya di sini adalah tempat terbuka hijau, jadi memang bisa dikunjungi siapa saja yang ingin sekadar jalan-jalan ringan sembari menikmati pepohonan hijau yang asri.

Bukit Senyum

Sebagai kota yang memang dikenal dengan wisata alamnya, jelas sekali bahwa Bandung punya banyak persediaan wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Bukit Senyum, yang ada di lereng Gunung Burangrang, Desa Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat. Di tempat ini, kamu akan menemukan keindahan alam yang mempesona, mulai dari kebun teh yang membentang hijau, hingga jejeran pohon pinus yang menyebarkan udara segar nan jernih. Tidak heran jika setelah datang ke sini, kamu akan tersenyum melihat keindahan tersebut. Itulah mengapa tempat ini disebut sebagai Bukit Senyum.

Kampung Dago Pojok

Kalau kamu ingin hits tapi tetap menemukan hal bermanfaat ketika wisata, cobalah datang ke Kampung Dago Pojok. Di sini, banyak sekali mural-mural keren yang bisa dijadikan background foto, dan juga ada workshop tentang bagaimana cara membuat ala-alat musik dari bambu. Kamu juga akan diajari cara membuat wayang, dan bahkan ada beragam kesenian yang patut untuk kamu saksikan.

Menarik sekali, ya. Jadi nggak sabar untuk segera berlibur ke Bandung, bukan?

6 Tempat Wisata di Jakarta Ini Pas Banget untuk Dikunjungi Backpaker

Hampir semua orang suka pergi berwisata, mengunjungi tempat-tempat baru yang indah dan unik adalah cara tersendiri melepas penat karena hari-hari yang sibuk dan melelahkan. Tidak heran jika ada yang suka menyisihkan sejumlah uang untuk berwisata. Namun, jika kamu adalah seorang backpaker, sudah pasti biaya untuk berpetualang harus dibuat seminim mungkin. Sehingga tempat-tempat wisata yang murah atau gratis adalah destinasi yang wajib dikunjungi lebih dulu.

Meskipun menjadi kota metropolitan yang segala sesuatu serba mahal, tapi Jakarta juga punya spot-spot menarik untuk dikunjungi para backpaker. Di mana sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

MONAS (Monumen Nasional)

Pertama kali yang harus didatangi oleh para backpaker adalah Monumen Nasional atau yang sering disebut sebagi Monas. Rasanya kurang afdol jika ke Jakarta tapi tidak mengunjungi Monas. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai dari senin sampai minggu, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa, semua mengunjungi Monas untuk sekadar jalan-jalan atau bahkan berkencan.

Jika ingin melihat ke dalam Monas, kamu hanya perlu membeli tiket yang harganya sekitar Rp. 10000-20000. Kalau mau yang gratis, jalan-jalan saja di sekitaran menara. Enaknya lagi, banyak transportasi yang mengarah ke Monas, cukup naik trans Jakarta saja.

Museum Nasional

Bagi para backpaker di Jakata juga bisa sekalian belajar sejarah sambil wisata di Museum Nasional. Selain itu, lokasinya yang persis di seberang Monumen Nasional juga keuntungan tersendiri bagi para pelancong, karena kamu tidak perlu keluar biaya lagi untuk transport.

Di Museum Nasional, kamu bisa belajar tentang masa lalu dan sejarah Indonesia. Kemudian jika ingin foto-foto, museum ini juga punya halaman yang luas dan cantik, sehingga banyak spot untuk mengambil gambar. Paling penting, tiket masuknya sangat murah, yaitu sepuluh ribu saja per kepala.

Museum Fatahillah dan Kota Tua

Sama halnya dengan Monas, rasanya ada yang kurang jika ke Jakarta tapi tidak berkunjung ke Kota Tua. Saat sudah berada di Kota Tua Jakarta, kamu akan merasakan sensasi seolah sedang berada di Eropa, karena bangunan-bangunan di tempat ini semuanya khas Eropa, dan memang dibangun pada masa kolonial Belanda. Bisa dibilang, bangunan-bangunan tersebut adalah saksi sejarah Jakarta tempo dulu. Tidak lupa pula, ada Museum Fatahillah yang bisa kamu kunjungi sekalian.

Kali Besar

Di Kali Besar, kamu juga dapat merasakan sensasi hampir sama dengan Kota Tua. Sebab, banyak bangunan-bangunan tua bergaya Eropa yang berjejer di sana. Kamu dapat turun ke dock di Kali Besar dan menikmati pemandangan bangunan tua dari sana. Selain itu, karena tempat ini juga baru dibuka, jelas masih fresh dan patut untuk mengisi feeds Intagram kamu.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, atau yang sering disebut TMII juga merupakan tempat wisata murah meriah yang cocok untuk para backpaker. Di sini kamu akan menemukan miniatur-miniatur tempat-tempat penting di Indonesia. Mulai dari candi-candi, rumah adat dan segala macam ikon dari berbagai provinsi. Wahananya pun cukup lengkap dan tinggal pilih ingin ke mana, seperti ke Teater, Istana Anak dan masih banyak lagi.

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang adalah cara mudah bagi para backpaker untuk berwisata gratis. Tempatnya ditata dengan sedemikian rupa sehingga tampak indah. Banyak spot foto yang bisa kamu pakai untuk lokasi jepret-jepret. Kamu juga bisa menikmati waktu bersantai sambil memancing, jalan-jalan santai, atau hanya leyeh-leyeh di kursi. Apalagi jika datang saat sore, di saat matahari mulai terbenam perlahan. Dijamin kamu merasakan suasana yang membuat hati tenang.

Meskipun dengan budged minimalis, kamu tetap bisa berwisata secara maksimal di Jakarta.

6 Tempat Wisata di Indonesia Ini Punya Pemandangan Hijau Paling Menarik dan Eksotis

Indonesia bukan hanya dikenal sebagai negara maritim, negeri elok nan permai ini juga punya julukan cantik bernama Zamrud Katulistiwa. Bagaimana tidak, bentangan alamnya yang hijau memikat mata, ternyata sama cantiknya ketika dilihat dari satelit luar angkasa. Warnanya hijau mirip zamrud yang indah itu.

Inilah mengapa tidak mengherankan jika wilayah Indonesia punya banyak lokasi dengan pemandangan alam menakjubkan. Mulai dari gunung-gunung, perbukitan, padang savana, maupun hutan. Semuanya hijau ranum dan memikat. Jika tidak percaya, cobalah datang ke beberapa tempat wisata di titik-titik Indonesia berikut ini.

Bukit Teletubbies di Bali

Di Nusa Penida Bali, ada sebuah bukit favorit para turis yang diberi nama Bukit Teletubbies. Mungkin karena susunan bukit di sana mirip seperti lokasi dari para Teletubbies, yaitu sebuah acara televisi untuk anak-anak yang populer di zamannya.

Di bukit ini, kamu bisa melihat nuansa hijau yang menyegarkan mata. Bukit-bukit tersusun sangat indah dan kamu bisa melewati jalan setapak di atasnya. Jika mau berjalan lebih jauh, kamu juga dapat sekalian ke Pantai Suwehan. Pasti menyenangkan setelah naik turun bukit, lalu basah-basahan dan main pasir di pantai.

Bukit Ulu Kasok Kampar di Kepulauan Riau

Ketika berkunjung ke Kepulauan Riau, sayang sekali kalau tidak sekalian mengunjungi Bukit Ulu Kasok. Pemandangan hijau yang disajikan sangat memukau mata, di tambah kamu juga bisa mengelilingi tempat ini dengan speedboat. Bayangkan saja berapa eloknya nuansa hijau dan air yang mengalir di bawahnya.

Terlebih lagi, kamu juga bisa sekalian pergi ke Air Terjun Ulu Kasok dan bermain air sepuasnya di sana. Bisa dibilang, tempat ini adalah paket komplit untuk mereka yang suka melihat pemandangan alam.

Bukit Ollon di Toraja, Sulawesi Selatan

Tidak ketinggalan, ada sebuah tempat di Toraja yang sangat fenomenal dan sangat indah. Namanya adalah Bukit Ollon. Di sana, kamu bisa melihat pemandangan bukit berjejer secara tidak teratur tapi memberi kesan eksotis. Mirip sebuah lukisan yang memukau.

Tempatnya pun sangat tenang dan nyaman, jadi kamu bisa leyeh-leyeh sambil menikmati pemandangan saat sudah sampai tujuan. Namun, terlebih dulu kamu harus menakhlukkan medan yang panjang serta berliku-liku. Meskipun begitu, tidak rugi jika sudah sampai di Bukit Ollon ini.

Bukit Batubara Linggapura di Lampung

Ketika ke Lampung, cobalah ke Desa Linggapura yang ada di Kecamatan Selagai Lingga. Di sana, kamu akan menemukan bukit yang sangat menawan. Dinamakan Bukit Batubara karena awalnya tempat tersebut memang sebuah pertambangan batubara. Namun, karena sudah tidak dipergunakan, maka ditumbuhi vegetasi dan menjadi tempat yang memukau mata.

Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan

Apabila kamu mencari pegunungan karst paling besar di Indonesia, maka Rammang-Rammang lah jawabannya. Di sini, kamu akan menemukan pegunungan yang tersusun oleh batuan kapur. Namun, di luarnya tertutupi oleh tanaman hijau, sehingga menghasilkan keelokan yang luar biasa. Kamu juga dapat menikmati indahnya Sungai Puthe, sebuah sungai yang menjadi jalur ketika kamu ingin ke Rammang-Rammang.

Pusuk Sembalun di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat, terkenal dengan Gunung Rinjani yang elok. Di lereng gunung tersebut, kamu juga bisa menemukan lokasi bernama Pusuk Sembalun. Di Pusuk Sembalun, banyak sekali objek wisata yang dapat kamu datangi, seperti Kalibiru, Lodge Maribaya dan lain-lain. Tidak heran, mengingat indahnya tempat ini, pengelolaan wisatanya pun semakin ditingkatkan dengan menciptakan objek-objek wisata kekinian.

Tempat-tempat di atas hanya sebagian dari keindahan Nusantara yang menakjubkan dengan warna hijaunya. Gimana? Jadi ingin backpaking?

Liburan Makin Asik ke 6 Tempat Wisata Paling Kece di Siantar

Siantar, atau yang bernama lengkap Pematangsiantar, adalah sebuah kota terbesar ke dua di Sumatera Utara. Mungkin selama ini masyarakat lebih familier dengan tempat-tempat wisata di Medan, padahal Siantar juga punya cukup banyak potensi pariwisata yang menakjubkan. Oleh sebab itu, jika kamu ke Sumatera Utara dan mampir ke Siantar, lalu kunjungi beberapa tempat berikut ini untuk menambah pengalaman liburanmu.

Air Terjun Jambuara yang Menakjubkan

Air Terjun Jambuara, tampaknya lebih populer dengan nama Air Terjun Mamabu. Wisata satu ini awalnya tidak begitu diketahui orang luar, tetapi akhir-akhir ini mulai sering dikunjungi turis lokal karena ingin mencicipi segarnya air dan pemandangan indah yang disajikan Air Terjun Mamabu.

Di sini, kamu bisa merasakan guyuran air dari ketinggian 50 meter. Debitnya cukup kecil tapi tetap deras karena sangat tinggi. Airnya pun jernih, sehingga paling asik jika menyempatkan mandi di kolam di bawah air terjun. Atau, jika tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa foto-foto cantik di sini. Jika ingin datang, pergi saja ke Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduan, Simalungun-Tanah Jawa, Siantar.

Kebun Teh Sidamanik yang Hijau nan Asri

Di Sidamanik, Siantar, ada beberapa perkebunan teh yang sangat luas dan dapat kamu kunjungi. Pertama yaitu Perkebunan Teh Bah Butong, yang merupakan perkebunan paling tua di wilayah Sidamanik. Kebun ini bahkan sudah ada sejak tahun 1917 dan dibuka oleh Nederlandsche Handel-Maatschappij. Kemudian ada Perkebunan Teh Sidamanik dan juga Perkebunan Teh Tiba Sari.

Namun, dari tiga perkebunan tersebut, Perkebunan Sidamanik lah yang lebih dulu punya pabrik tehnya sendiri. Satu tahun kemudian, baru pabrik Perkebunan Bah Butong didirikan.

Patung Dewi Kwan Im Raksasa

Salah satu daya tarik terbesar Siantar adalah bahwa di pusat kota ini ada sebuah patung Dewi Kwan Im yang berukuran sangat besar. Tingginya bahkan sampai 22.8 meter, sampai-sampai dianggap sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi se Asia Tenggara. Tidak heran jika MURI memberi penghargaan pada patung ini.

Letak patung raksasa Dewi Kwan Im ini sendiri berada di Vihara Avalokitesvara, di tengah-tengah kota Pematangsiantar. Tepatnya di Jl. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar.

Pemandian Alam Aek Manik

Kalau kamu ingin bersantai sambil basah-basahan di Siantar, coba kunjungi Pemandian Alam Aek Manik. Pemandian ini sangat alami, dengan air sungai yang mengalir tenang, mirip kolam renang tapi langsung dari alam. Hal yang membuat wisatawan betah adalah karena airnya sangat jernih, sehingga sensasi kesegarannya sangat terasa. Meskipun kamu harus mendaki tangga cukup jauh untuk sampai ke tempat ini, tapi dijamin akan langsung hilang semua rasa lelah tadi.

Taman Hewan Pematang Siantar

Siantar juga punya kebun binatang bernama Taman Hewan Pematang Siantar. Di lahan seluas 4.5 hektar, beragam hewan dapat kamu saksikan di sini. Bisa dibilang, koleksi kebun binatang satu ini cukup lengkap dan menarik. Jika kamu tertarik, langsung saja ke Jl. Gunung Simanuk-Manuk Nomer 2, Teladan, Siantar Barat.

Air Terjun Bah Biak

Satu lagi air terjun yang akan membuatmu terpesona, yaitu Air Terjun Bah Biak di Siantar. Uniknya lagi, air terjun ini berada di wilayah perkebunan teh Sidamanik. Jadi kamu bisa sekalian melakukan dua wisata sekaligus, selain jalan-jalan di kebun teh juga bisa langsung ke air terjun ini untuk main-main air.

Gimana? Kamu pasti jadi lebih tertarik pergi ke Siantar, kan?

5 Wisata Alam Bebas di Toraja Ini Indahnya Bukan Main

Toraja, adalah salah satu wilayah di Indonesia yang sangat terkenal akan adat-istiadatnya yang masih terjaga. Berbagai upacara adat sering kali dilakukan masyarakatnya demi melestarikan budaya. Bahkan karena hal tersebut juga lah Toraja jadi dilirik masyarakat luar karena penasaran dengan segala bentuk adat yang unik dan khas.

Akan tetapi, selain dari itu semua, Toraja juga merupakan tempat dengan potensi alam yang luar biasa. Gunung-gunung menjulang, pepohonan tumbuh lebat dan terjaga, ketika kamu menginjakkan kaki di tanah Toraja, maka alam yang elok dan subur akan menyambutmu.

Oleh sebab itu, jika sudah sampai di Toraja, jangan sia-siakan beberapa wisata alam yang wajib banget kamu kunjungi. Berikut ini daftarnya.

Agrowisata Pango-Pango

Agrowisata Pango-Pango sangat terkenal dengan produk kopinya yang nikmat. Selain itu, tempat ini juga berada di ketinggian sehingga udaranya sangat adem, jauh dari kata polusi. Pohon-pohon pinusnya pun tumbuh dengan subur, cantik, dan menjulang tinggi, sangat cocok untuk jalan-jalan sembari mengabadikan momen dengan jepretan-jepretan kamera.

Bahkan karena tempat ini sangat indah, Agrowisata Pango-Pango kerap kali dijadikan lokasi foto pra nikah. Kadang juga jika kamu datang pagi sekali atau sore, akan ada hamparan awan yang bisa kamu lihat.

Ollon

Ollon adalah tempat di mana kamu bisa menikmati bukit-bukit hijau membentang luas sejauh mata memandang. Bukit-bukit tersebut berbentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan keindahan yang alami dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Bisa dibilang, Ollon sebenarnya merupakan padang savana yang sangat luas di Toraja. Kamu juga harus berjalan cukup jauh dengan medan yang menyulitkan jika ingin menikmati keelokan tempat ini. Namun dijamin, setibanya di Ollon, rasa lelah dan pegal tersebut akan langsung terbayarkan.

Lolai

Lolai juga merupakan salah satu wisata di atas pegunungan yang menghadirkan iming-iming kepada pengunjung untuk merasakan kenindahan Negeri di Atas Awan. Sebab, jika kamu sudah sampai di atas, kamu bisa melihat awan yang berarak dekat denganmu. Seolah-olah kamu memang sedang berada di negeri antah brantah, jauh dari daratan bumi. Selain itu, medan untuk sampai ke Lolai juga tidak menyulitkan, sehingga destinasi satu ini perlu sekali dicoba.

Jika sudah sampai, jangan lupa untuk bermalam dengan tenda di sana. Banyak sekali wisatawan yang ingin menikmati keindahan Lolai saat pagi-pagi sekali, sehingga menginap adalah pilihan yang tepat.

Batutumonga

Batutumonga sendiri adalah sebuah kota kecil yang letaknya ada di lereng Gunung Sesean, Sesean Suloara. Tempat ini punya pemandangan yang sangat indah, seperti sawah-sawah terasering yang manakjubkan yang bisa kamu lihat dari atas. Kemudian pepohonan hijau dan gunung-gunung yang membentang. Di Batutumonga juga kamu dapat pergi ke tempat-tempat seperti kedai kopi, pergi ke restoran Mentirotiku atau juga melihat Lo’ko Mata.

Tinimbayo

Tinimbayo berada tidak jauh dari Batutumonga, bahkan bisa dibilang masih satu kawasan. Inilah mengapa pemandangannya pun hampir sama dengan Batutumonga. Di sini juga ada coffe shop Tinimbayo yang terkenal. Jangan lupa untuk ngopi-ngopi dulu seraya memandang keindahan alam yang dibentangkan di depan mata.

Tidak bisa dipungkiri jika Toraja memang sangat kaya dengan berbagai hal. Mereka kaya dengan budaya, keramahan masyarakatnya, dan juga kaya akan alamnya. Jika dikembangkan lebih lagi, sudah pasti akan ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa terbentuk di Toraja ini. Jadi, tunggu apa lagi, jika tertarik mengunjungi Toraja, segera kemas barangmu dan nikmati petualanganmu.

Liburan ke Yogyakarta Lebih Seru dengan Mengunjungi 6 Wisata Ekstrem Ini

Yogyakarta dan budayanya yang masih sangat kental adalah daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang tinggal di luar kota tersebut. Bukan hanya itu, Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja juga menjadi kota dengan potensi pariwisata tiada habisnya. Di tengah banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, selalu muncul nama-nama baru yang menarik perhatian para pelancong.

Hebatnya lagi, kota yang terkenal dengan bakpia Patok ini juga ternyata punya beragam lokasi wisata ekstrem favorit anak muda zaman sekarang. Jika kamu salah satu yang punya nyali tinggi, coba datangi beberapa tempat berikut ini saat berkunjung ke Jogja.

Cliff Swing Gunung Api Purba

Mungkin bagi sebagian orang, ayunan adalah permainan untuk anak-anak, tetapi bagaimana dengan cliff swing? Permainan ini juga merupakan ayunan, tetapi dibuat dengan lebih menantang karena dilakukan di atas tebing yang sangat tinggi. Jika kamu penasaran dengan permainan ini, coba datang ke Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di sana, kamu bisa mencoba naik ayunan yang yang dipasang di antara dua tebing. Pertama, kamu harus naik dan berjalan di seutas tali untuk mencapai ayunan yang berada di tengah-tengah. Di bawahmu, menganga jurang lebar setinggi 100 meter. Bagaimana? Jika tertarik, kamu bisa merogoh kocek sekitar tiga sampai empat juta.

Lava Tour Merapi

Apabila tidak ingin capek-capek mendaki Gunung Merapi atau hanya sekadar menikmati keindahannya dari kaki gunungnya, kamu juga bisa melakukan tur menggunakan mobil jeep. Coba lakukan Lava Tour bersama teman-temanmu, sekitar tiga sampai lima orang. Kamu bisa menyewa jeep untuk berkeliling Gunung Merapi, melewati jalanan yang dipenuhi bebatuan dan halangan lainnya. Sudah jelas tour ini cukup menantang mengingat mobil kamu akan digoncang sedemikian rupa hingga ke atas gunung.

Gondola Pantai Timang

Apabila dua wisata sebelumnya dirasa cukup mahal, maka ada lagi wisata ekstrem cukup murah di Desa Purwodadi, Gunung Kidul. Namanya adalah Gondola Pantai Timang. Gondola tersebut sebenarnya alat yang digunakan nelayan untuk berburu lobster, tapi siapa sangka jika banyak orang luar yang tertarik menaikinya.

Dengan membayar sekitar 150-an ribu rupiah, kamu akan merasakan sensasi menaiki gondola tradisional yang ditarik dengan tambang. Di bawah kakimu ada laut lepas dengan ombak yang cukup menakutkan. Uji nyalimu dengan berwisata ke tempat ini bersama teman-temanmu.

Paralayang Bukit Gupi

Di wilayah Bukit Gupi, Kecamatan Purwosari Gunung Kidul juga ada wisata cukup menantang, yaitu paralayang. Kamu akan ditantang untuk menaklukkan ketinggian memakai paralayang dari Bukit Gupi. Lalu nikmati keindahan Yogyakarta yang sangat menawan dari atas.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu akan ditemani pemandu saat menjelajah udara. Meskipun bikin deg-degan, tapi patut sekali untuk dicoba.

Jembatan Gantung Pantai Sinden

Saat kamu jalan-jalan ke Pantai Sinden yang ada di Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, jangan lupa untuk mencoba sensasi berjalan di atas jembatan gantungnya. Usai menikmati keindahan pantainya, tantang dirimu dengan berjalan di atas jembatan gantung yang membawamu menyeberang ke Pulau Kalong. Di bawah jematan, ombak berdebum kencang dengan laut lepas yang siap menyeret apa pun. Jika berani, kamu cukup membayar 25 ribu rupiah.

Caving Gua Jomblang

Yogyakarta juga punya wisata ekstrem di sebuah gua. Namanya adalah Gua Jomblang yang berada di Padukuhan Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Gua satu ini sangat terkenal hingga ke luar negeri karena medannya yang vertikal. Jika sampai di tengah gua, kamu bisa merasakan sensasi masuknya cahaya dari lubang tengah-tengah gua. Meskipun medannya sulit, tapi patut untuk dikunjungi.

Gimana? Jadi ingin juga berwisata ekstrem tidak?

Biar Lebih Kekinian, Yuk Kunjungi 5 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Jakarta

Jakarta adalah kota yang besar, bukan hanya dari segi penduduknya yang melimpah ruah tetapi juga dari berbagai segi lainnya. Di kota ini, gedung-gedung pencakar langit dibangun, lampu-lampu juga tidak pernah padam entah itu siang atau pun malam. Bisa dibilang, Jakarta adalah kota yang tidak pernah tidur.

Inilah mengapa masyarakatnya pun butuh lebih banyak hiburan untuk menenangkan pikiran. Sehingga tidak jarang suka liburan, entah itu di dalam maupun ke luar kota. Namun, jika kamu warga Jakarta, atau memang ingin ke Jakarta, dan mencari tempat untuk berwisata, cobalah ke beberapa tempat berikut ini.

Museum MACAN

Museum MACAN di sini bukanlah museum yang memajang hewan bertaring dan bercakar itu, tetapi MACAN di sini adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Artinya, museum ini menyajikan karya-karya seni modern kontemporer. Mungkin sebagian besar masyarakat masih asing dengan seni semacam ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya datang ke sini dan belajar.

Dari sekitar 90 karya seniman yang dipajang di Museum MACAN, karya Yayoi Kusama lah yang menarik banyak perhatian. Judulnya adalah Infinity Mirrored Room, di mana kelap-kelip lampu dan cermin dipadukan dengan begitu estetik.

Kalijodo Park

Sejak diubahnya Kalijodo dari tempat prostitusi menjadi taman bermain, tempat ini jadi banyak mendapat perhatian khalayak. Kalijodo Park sangat disukai anak-anak yang suka bermain karena areanya yang luas dan ada arena khusus seperti skateboard, BMX dan sejenisnya. Para remaja pun sering ke tempat ini, dan begitu pula orang dewasa. Tidak jarang, wisatawan dari tempat lain juga ingin melihat seperti apa tempat yang dulunya merupakan sarang maksiat, tapi kini menjadi arena bermain ramah anak. Selain itu, banyak pula dinding-dinding mural dan spot kece untuk berfoto.

Ciputra Artpreneur

Di Jakarta Selatan, kamu juga bisa menemukan satu lagi museum kontemporer bernama Ciputra Artpreneur. Sebenarnya, tempat ini adalah pusat kesenian di mana banyak seni yang ditampilkan. Mulai dari seni yang dipajang di bagian galeri, sampai pertunjukan teater di gedung teater. Kamu juga dapat melihat berbagai acara atau event fashion dari banyak desainer. Suasananya yang oke akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Taman Wisata Alam Mangrove

Meskipun Jakarta dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan fasilitas modern, tetapi kota ini juga punya wisata yang cukup asri di Jakarta Utara. Namanya Taman Wisata Alam Mangrove. Seperti namanya, tempat ini adalah kawasan hutan mangrove yang dibudidayakan. Hijaunya tumbuhan mangrova dan air rawa yang dingin, membuat udara di tempat ini sangat sejuk. Belum lagi terdapat rumah-rumah dan jembatan yang pas banget untuk berfoto. Jika kamu penasaran dengan lokasinya, ada di Jalan Garden House, Jakarta Utara.

Bianglala J-Sky di AEON Mall

Sejak AEON Mall dibuka, tempat ini memang langsung dijadikan lokasi hangout anak-anak muda, maupun orang dewasa. Namun, bukan sekedar mall, di atap AEON Mall terdapat sebuah bianglala yang diberi nama J-Sky. Tingginya 69 meter dan punya 32 gondola yang siap menampung para penumpang. Bayangkan saja, seberapa tinggi puncak gondolanya. Kamu bisa melihat Jakarta dari atas dan mengagumi keindahan kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.

Bagaimana? Meskipun Jakarta terkenal dengan kesibukannya, ternyata kamu juga masih bisa menemukan banyak tempat rekreasi yang menyenangkan. Coba nikmati semua wisata di atas bersama keluarga, kekasih, maupun teman-teman akrab kamu. Selamat liburan.