Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Apakah Anda sering mengalami perih dan mual secara tiba-tiba? Bisa saja itu terjadi akibat tanda-tanda sakit maag atau dalam dunia kedokteran disebut gastritis atau tukak lambung. Seperti yang Anda ketahui, sakit maag terjadi karena adanya zat asam di dalam lambung yang terus meningkat (asam lambung).

Jika dalam kondisi normal, zat ini dibutuhkan lambung untuk membantu proses pencernaan dan sebagai pengolah makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Namun, jika Anda tidak mengisi tubuh Anda dengan makanan, maka kadar asam lambungnya akan meningkat atau terlalu banyak.

Hal tersebut akan mengakibatkan peradangan pada lambung dan dapat menimbulkan luka. Penyebab maag terkadang juga bisa diakibatkan karena adanya infeksi pada lambung oleh bakteri-bakteri. Hal tersebutlah yang membuat orang akan merasakan sakit terus menerus, perih, mual, dan lapar yang tidak berhenti.

Selain itu, banyak pula yang terlalu meremehkan penyakit ini, seperti para pekerja kantoran, anak mahasiswa, pegawai, dan sebagainya yang selalu mengabaikan jam makan. Ditambah lagi dengan tenaga yang terforsir, stress, serta kelelahan yang menjadikannya sebagai pemicu sakit maag.

Sebenarnya, penyakit maag terbagi menjadi 4 tergantung dari seberapa parah penderita mengalaminya.

  1. Maag ringan

Maag ini yang biasanya sering terjadi karena adanya peningkatan zat asam pada lambung.

  1. Maag sedang

Maag ini penyebabnya sama dengan maag ringan, tapi penderita akan lebih sering mengalami mual, nyeri, dan sakit perut.

  1. Maag kronis

Pada saat di level kronis, penderita sudah harus dibawa ke dokter untuk perawatan intensif selanjutnya, karena bisa dimungkinkan adanya kerobekan pada dinding lambung.

  1. Kanker lambung

Kanker lambung disebabkan karena adanya banyak mikroorganisme yang bersarang di dalam lambung dan penderita akan mengalami gejala yang mirip dengan sakit maag biasa, namun penderita akan lebih merasakan nyeri yang luar biasa.

perut terkena sakit maag » Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Sebaiknya, sakit maag harus segera diatasi sebelum terjadinya maag kronis, karena itulah Anda harus mengenal gejala-gejalanya supaya nantinya bisa langsung Anda obati. Apa sih yang menjadi gejala-gejala sakit maag? Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Terasa nyeri

Gejala ini merupakan yang paling mudah datang saat Anda akan mengalami sakit maag, karena maag selalu ditandai dengan nyeri pada lambung atau perut. Jika Anda mudah terserang sakit maag, tentu saja rasa nyeri akan muncul setelah Anda mengkonsumsi makanan tertentu, misalnya saja seperti makanan pedas atau berminyak, minuman yang terlalu banyak kafein, dan lain sebagainya.

  1. Perut terasa panas

Gejala keduanya jika Anda sakit maag adalah perut terasa panas. Gejala seperti ini terjadi karena adanya gesekan di dinding lambung yang mengalami luka dengan suatu makanan yang dikonsumsi oleh si penderita. Biasanya penderita baru mengalami gejala ini sekitar 2 sampai 3 jam setelah penderita mengkonsumsi makanan tertentu.

  1. Terasa mual

Tanda-tanda sakit maag setelah itu adalah penderita akan merasakan mual pada perut. Biasanya gejala ini akan muncul jika si penderita sudah mengalami sakit maag yang kronis atau akut. Hal tersebut disebabkan karena adanya luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

  1. Muntah

Kalau sudah merasa mual, penderita juga akan sering muntah-muntah karena adanya luka pada lambungnya. Penyebab lain penderita mengalami muntah adalah kadar asam pada lambung yang terlalu berlebihan yang menyebabkan terjadinya gesekan pada luka lambung dengan zat asamnya.

Jika Anda tidak ingin sakit maag Anda menjadi maag kronis atau akut, sebaiknya Anda harus cepat-cepat mengobatinya. Kalau Anda tidak ingin menggunakan obat kimia, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk menyembuhkan sakit maag.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat menyembuhkan sakit maag Anda.

  1. Kunyit

kunyit obat alami sakit maag » Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Kunyit merupakan salah satu bahan herbal alami yang bisa Anda manfaatkan untuk pengobatan tradisional sakit maag Anda. Kunyit memiliki zat aktif seperti, kurkumin dan minyak atsiri yang bisa mengurangi sakit maag akut, bahkan bisa menyembuhkan sakit maag kronis juga. Bagaimana cara penggunaannya?

  1. Pertama-tama, sediakan beberapa ruas kunyit dan cucilah sampai bersih.
  2. Irislah kunyit-kunyit tersebut, kemudian parut semua irisannya.
  3. Berikan air hangat secukupnya pada kunyit yang sudah diparut.
  4. Peras semua parutan kunyitnya dan ambil semua air hasil perasannya.
  5. Minumlah air perasan kunyit tersebut. Lakukanlah setiap 2 kali sehari sampai sakit maag Anda sembuh.

 

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji adalah bahan herbal alami yang biasanya orang-orang zaman dulu gunakan untuk mengobati penyakit dan salah satunya adalah sakit maag. Sampai sekarang pun bahan ini masih digunakan sebagai pengobatannya karena memang terbukti secara efektif. Cara penggunaannya pun juga sangat mudah.

daun jambu biji untuk sakit maag » Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Berikut ini adalah cara-cara menggunakan daun jambu biji sebagai obat sakit maag.

  1. Sediakan 9 lembar daun jambu biji dan cucilah sampai bersih.
  2. Rebuslah sampai mendidih semua daun biji tersebut dengan takaran air satu setengah liter.
  3. Ambil hasil air rebusannya dan minumlah setelah hangat. Lakukanlah ini setiap 3 kali sehari sampai sakit maag Anda sembuh.

 

  1. Biji pepaya

biji pepaya sebagai obat maag » Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Biji pepaya? Tentu saja Anda pasti heran kenapa biji pepaya bisa menyembuhkan sakit maag, bukan? Tapi kenyataannya memang benar, karena biji pepaya terbukti ampuh mengobati sakit maag. Kalau Anda penasaran, Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Bukalah pepaya dan ambil biji pepaya secukupnya.
  2. Jemur biji pepayanya sampai benar-benar kering.
  3. Setelah mengering, tumbuk biji pepaya tersebut sampai halus dan tambahkan sedikit air matang.
  4. Seduh dan minumlah dengan teratur untuk mengobati sakit maag Anda.

 

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai juga menjadi salah satu bahan alami yang terbukti ampuh menyembuhkan sakit maag. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-pertama, Anda harus menyediakan kacang kedelai secukupnya.
  2. Gorenglah kacang kedelai tersebut tanpa memakai minyak goreng atau biasanya disebut disangrai.
  3. Angkat dan tumbuklah kacang kedelai tersebut sampai benar-benar halus.
  4. Masukkan ke dalam gelas dan tambahkan air hangat, lalu seduh.
  5. Kemudian minumlah sampai habis. Lakukan ini setiap 3 kali sehari atau Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pencegah sakit maag dengan meminumnya setiap 1 kali sehari secara teratur sebelum tidur.

Kalau Anda tidak menginginkan sakit maag terjadi pada Anda, Anda pun harus mencegahnya.

penyebab sakit maag » Cara Mengobati Sakit Maag Menggunakan Bahan Alami Secara Efektif

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah sakit maag.

  1. Anda harus mengusahakan makan tepat waktu meskipun Anda sedang sibuk. Usahakan juga jangan makan yang terlalu banyak, supaya Anda tidak memberikan tekanan yang berlebihan pada otot lingkar esofagus di bagian bawah.
  2. Kalau perut Anda mudah terserang sakit maag, Anda harus mengurangi atau bahkan menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas maupun asam.
  3. Hindari juga makanan yang banyak mengandung gas, seperti kol, sawi, singkong, durian, nangka, dan sebagainya.
  4. Anda pun juga harus mengurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang dapat membuat perut Anda mudah begah atau penuh, seperti mie instan, ketan, dan lainnya.
  5. Kalau Anda seorang yang perokok, kurangi atau berhenti dari kebiasaan merokok, karena kebiasaan tersebut akan mudah meningkatkan refluks asam dan air liur juga mudah mengering. Sebagai informasi, air liur tersebut berfungsi sebagai pelindung esofagus dari asam lambung. Esofagus sendiri adalah saluran yang menuju lambung.