Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera

Menjadi seorang mahasiswa bisa dikatakan sebagai babak baru dalam kehidupan. Kehidupan sekolah yang awalnya memiliki banyak peraturan yang terasa mengekang, lambat laun menjadi semakin berkurang. Menjadi seorang mahasiswa berarti bebas melakukan apa saja selama tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku di masyarakat.

Kebebasan yang dimaksud juga bisa dilihat pada aspek ekonomi. Kondisi finansial sudah lebih banyak ditanggung sendiri tanpa ada lagi pengawasan dari orang tua. Beberapa mahasiswa mungkin sudah mulai melakukan pengaturan finansial sendiri sejak waktu yang lama. Namun tidak sedikit pula yang baru merasakan kebebasan mengatur uang setelah mendapat status mahasiswa. di bawah ini ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kondisi keuangan aman hingga akhir bulan.

1. Buat anggaran biaya
1. Buat anggaran biaya 300x157 » Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera
Anggaran biaya merupakan hal penting yang harus dilakukan ketika harus mengelola uang secara mandiri. Uang jajan yang diberikan orang tua setiap bulan harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan yang dimiliki. Pada tanggal awal menerima uang, buatlah terlebih dahulu daftar kebutuhan. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Beberapa mahasiswa biasanya masih mencampuradukkan kedua hal tersebut. Kebutuhan merupakan hal yang harus terpenuhi, sedangkan keinginan merupakan hal yang bisa ditunda untuk dipenuhi.

2. Gunakan kartu atm dengan tepat
2. Gunakan kartu atm dengan tepat 300x225 » Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera
Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan proses pengiriman uang. Kemudahan tersebut harus digunakan secara tepat. Pada tanggal awal, lebih baik jangan langsung mengambil semua jatah bulanan yang diterima. Ambil sebagian uang yang sekiranya cukup untuk digunakan selama seminggu. Selain itu, ketika mengunjungi suatu pusat perbelanjaan, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan uang yang ada di atm. Gunakan saja uang tunai yang ada di dompet dan sudah sesuai dengan perkiraan biaya yang telah dibuat di awal. Hal tersebut akan membantu untuk menghambat pengeluaran yang tidak perlu.

3. Penuhi kebutuhan secara mandiri
3. Penuhi kebutuhan secara mandiri 300x180 » Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera
Kebutuhan mendasar mahluk hidup adalah makan. Makan merupakan salah satu sumber pengeluaran terbesar yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa. sebisa mungkin masak sendiri bahan-bahan dasar yang ditemukan di warung untuk memenuhi kebutuhan gizi. Dengan begitu, makanan dan minuman yang masuk di tubuh tidak sembarangan dan uang bulanan akan terselamatkan. Selain itu kemampuan masak yang dimiliki juga akan meningkat dari hari ke hari.

4. Jangan asal beli, bawa minuman sendiri
4. Jangan asal beli bawa minuman sendiri 300x300 » Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera
Walaupun memiliki segudang aktivitas, jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Selalu penuhi cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih. Ada banyak sekali warung atau minimarket yang menjual air putih, tapi tentu saja hal itu dapat membuat pengeluaran semakin boros. Maka dari itu, langkah tepat yang bisa dilakukan adalah dengan membawa sendiri botol minum yang diisi air putih dari kos. Hobi membawa minum sendiri bisa dimulai dengan membawa botol minum dengan gambar atau bentuk yang lucu.

5. Selalu bawa KTM kemana dan dimana saja
5. Selalu bawa KTM kemana dan dimana saja 300x199 » Cara Berhemat yang Harus Dilakukan Mahasiswa, Agar Akhir Bulan Tetap Bisa Hidup Sejahtera
Status mahasiswa memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah banyaknya diskon yang bisa didapat karena status tersebut. Status mahasiswa akan tetap diakui selama seseorang bisa menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku. Beberapa warung makan dan kedai sejenis biasanya memiliki harga khusus untuk mahasiswa. apalagi bila bertepatan dengan momen khusus seperti beberapa hari peringatan, ada banyak diskon yang bisa didapat untuk menghemat pengeluaran.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran. Selalu mengurangi keinginan untuk membeli hal yang tidak perlu adalah suatu keharusan. Uang yang bisa ditabung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih mendesak.