Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian

Tingkat mobilitas seseorang semakin tinggi dari hari ke hari. Hal tersebut bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan atau sekadar ingin melepas penat dengan mengunjungi tempat-tempat baru. Seiring dengan hal itu, kemajuan teknologi juga tidak dapat terbendung lagi. Orang-orang yang bepergian akan selalu membawa gadget mereka seperti laptop atau smartphone.

Kebanyakan dari kita seringkali bingung bagaimana cara menghemat daya baterai smartphone. Apalagi ketika bepergian smartphone merupakan hal penting yang harus tetap menyala ketika dibutuhkan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih smartphone dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar daripada smartphone yang lain.

Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian 300x130 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Beberapa merk smartphone telah mengeluarkan produknya dengan spesifikasi seperti tersebut. Tentu saja harga yang ditawarkan bisa sangat terjangkau. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan powerbank. Sangat mudah menemukan alat pengisi daya portable ini di pasaran.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah seringkali powerbank justru meningkatkan resiko kerusakan baterai smartphone. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar daya baterai bertahan lebih lama dari biasanya.

1. Awasi aplikasi yang banyak memakan daya baterai
1. Awasi aplikasi yang banyak memakan daya baterai 150x300 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Beberapa aplikasi yang terpasang pada telepon pintar tanpa disadari bisa banyak menghabiskan daya baterai. Hal tersebut bisa dicegah dengan mengawasinya. Perhatikan aplikasi apa saja yang tetap berjalan. ketika tidak digunakan, lebih baik tutup saja aplikasi tersebut.

Tanpa sadar aplikasi yang diunduh tetap menjalankan beberapa hal lain ketika digunakan. Seperti contoh aplikasi media sosial instagram. Untuk menjalankan fiturnya, instagram butuh mengaktifkan gps. Ketika tidak digunakan, gps bisa dimatikan untuk menghemat daya baterai yang sedang digunakan.

2. Fitur hemat energi
2. Fitur hemat energi 300x130 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Beberapa telepon pintar yang beredar telah menyematkan fitur yang sangat berguna untuk menghemat daya. Fitur tersebut adalah power saving mode. Fitur ini memungkinkan telepon pintar untuk mematikan fitur lain yang sedang tidak digunakan. Hal tersebut mampu secara efisien menghemat penggunaan baterai.

3. Matikan smart stay ketika tidak sedang digunakan
3. Matikan smart stay ketika tidak sedang digunakan 300x130 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Smart stay merupakan fitur yang memungkinkan layar telepon pintar tetap menyala ketika sepasang mata pemilik mengarah kepadanya. Hal tersebut dapat menghabiskan lebih banyak daya daripada semestinya. Ketika tidak benar-benar digunakan, matikan dulu fitur tersebut. Niscaya, setelah dimatikan baterai akan bertahan lebih lama.

4. Abu-abu yang membantu status baterai terhindar dari kata kelabu
4. Abu abu yang membantu status baterai terhindar dari kata kelabu 300x169 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Ada yang pernah dengar jika warna terang akan membuat baterai cepat terkuras? Hal itu benar adanya. Untuk menanggulangi hal tersebut, beberapa produsen smartphone menciptakan fitur grayscale. Fitur ini akan menyebabkan layar smartphone berubah menjadi warna abu-abu. Warna ini akan menghemat penggunaan baterai.

Selain menghemat baterai, ada hal positif lain yang diberikan. Bagi yang suka membaca, cahaya redup yang dihasilkan dari fitur grayscale akan membantu mereka mendapat pencahayaan yang tidak terlalu terang. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan matanya.

5. Warna wallpaper yang tak perlu terlalu berwarna
5. Warna wallpaper yang tak perlu terlalu berwarna 169x300 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Masih berhubungan dengan nomor sebelumnya. Daya baterai bisa tidak terlalu terkuras dengan memasang wallpaper homescreen dan lockscreen dengan gambar atau foto yang cenderung berwarna gelap. Alasannya sama dengan apa yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya.

6. Tak perlu menggunakan fitur motions dan gestures
6. Tak perlu menggunakan fitur motions dan gestures 300x169 » Cara Ampuh Menghemat Daya Baterai Smartphone ketika Bepergian
Beberapa smartphone dibekali fitur yang cukup canggih, yaitu fitur motions and gestures. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan smartphone tanpa harus menyentuh layar atau bisa dikatakan hanya dengan memberikan gestur atau gerakan tertentu. Untuk menghemat baterai, matikan saja fitur ini. Smartphone tetap bisa digunakan tanpa harus mengaktifkan fitur yang telah disebutkan.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, bepergian dengan baterai smartphone yang tidak cepat terkuras bukanlah suatu kemustahilan. Smartphone tetap siap sedia untuk menjalankan perintah ketika dibutuhkan.