Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah durian? Buah yang terkenal dengan kulitnya yang berduri dan baunya yang tidak sedap, tapi rasanya yang lezat ini memang sangat digemari masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Buah yang dikenal sebagai raja buah ini memiliki banyak sekali jenisnya dan rasanya pun berbeda-beda.

Mungkin sebagian dari Anda tidak menyukai buah berduri ini karena takut akan efek sampingnya. Tapi siapa sangka kalau buah durian menyimpan banyak sekali manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh kita. Kenapa bisa? Itu karena durian mempunyai banyak kandungan vitamin dan zat-zat baik bagi tubuh.

Kandungan-kandungan tersebut antara lain, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, organosulfur, tryptophan, polypenol, phytosterol, Omega 3, Omega 6, Kalium, antioksidan, riboflavin, serta magnesium. Dalam dagingnya pun tidak kalah kaya akan kandungannya, seperti lemak tak jenuh, protein, karbohidrat, dan glukosa. Lalu, apa saja sih manfaat yang kita dapatkan kalau mengkonsumsi buah berduri ini?

1. Menurunkan berat badan
Durian ternyata bisa menurukan berat badan secara efektif 300x150 » Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Apakah Anda sedang mengalami kesulitan dalam penurunan berat badan? Kalau iya, tidak ada salahnya memasukan buah durian ke dalam daftar buah diet Anda. Kenapa begitu? Itu karena buah durian mempunyai kandungan karbohidrat sebesar 30%, sehingga setelah Anda mengkonsumsinya, maka Anda tidak akan mudah merasa lapar dan rasa kenyang pun bisa bertahan lebih lama.

2. Meningkatkan kecerdasan
Durian pun sudah terbukti mampu meningkatkan kecerdasan otak 300x198 » Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Jika Anda berpikir Anda kurang cerdas, lebih baik konsumsilah buah durian sebagai makanan untuk meningkatkan kecerdasan Anda. Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi ternyata peneliti telah mengkonfirmasi kalau buah durian bisa meningkatkan kecerdasan otak kita. Manfaat ini bisa didapat karena adanya kalium dalam durian yang bisa memicu daya kecerdasan pada otak kita, terutama pada masa pertumbuhan anak-anak.

3. Mencegah pertumbuhan kanker
Durian bisa mencegah terjadinya kanker dan mampuu menghentikan pertumbuhan kanker 300x157 » Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Belum banyak yang tahu kalau buah durian ternyata bisa mencegah terjadinya pertumbuhan kanker dalam tubuh, bahkan mampu menghentikan pertumbuhan sel kankernya. Seperti yang sudah disebutkan tadi, kalau buah durian memiliki zat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang disebabkan oleh sel kanker yang sedang berkembang.

Jadi, jika Anda tidak ingin terkena penyakit kanker, lebih baik konsumsi juga buah durian agar sel kanker dalam tubuh tidak muncul. Tidak ada salahnya mencobanya, bukan?

4. Mencegah resiko stroke
Stroke bisa dicegah dengan mengkonsumsi durian secukupnya 300x300 » Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Selain mencegah pertumbuhan kanker, buah durian juga mampu mencegah terjadinya resiko stroke. Seperti yang sudah kita ketahui, kalau Indonesia menduduki 10 besar negara yang masyaraktnya banyak pengidap penyakit stroke. Namun, untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi buah durian secukupnya agar bahaya storke tidak Anda dapatkan.

Ya, dengan mengkonsumsi durian dengan jumlah secukupnya dan tidak terlalu sering, maka Anda bisa terhindar dari penyakit stroke maupun gejalanya. Menurut penelitian pun mengatakan kalau durian mampu menekan stroke hingga mencapai 40%. Sangat bermanfaat sekali, bukan buah durian ini?

5. Mengurangi kolesterol
Kolesterol dalam tubuh bisa distabilkan dengan mengkonsumsi durian secukupnya 300x200 » Buah Durian, Baunya yang Tidak Sedap Tapi Menyimpan Banyak Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

Banyak sekali orang yang menganggap kalau buah durian adalah penyebab kolesterol mudah meningkat. Tapi, anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Kalau orang tersebut mengkonsumsi duriannya berlebihan dan ditambah dengan makanan ataupun minuman lain yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol, maka sudah dipastikan kadar kolesterol dalam tubuhnya akan meningkat drastis.

Tapi, jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak terlalu sering, kadar kolesterol dalam tubuh bisa saja berkurang. Penurunan kadar kolesterol dalam tubuh terjadi karena adanya zat organosulfur yang berfungsi sebagai penstabil kadar kolesterol. Jadi jangan berlebihan jika ingin menurunkan kadar kolesterol, ya.

Itulah 5 manfaat buah durian yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun perlu Anda ingat. Jangan pernah mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Lebih baik konsumsi 2 hingga 3 buah dalam 1 kali makan dan jangan setiap hari. Jika terlalu berlebihan, justru penyakit yang berbahaya mendatangi Anda, bahkan bisa menyebabkan kematian.