Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang bahkan sudah dikenal sampai ke luar negeri, apalagi beberapa tempat wisatanya masuk ke dalam daftar tempat terindah di dunia. Selain terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, Indonesia juga terkenal dengan batik-batiknya, seperti baju batik, dress batik, rok batik, topi, dan sebagainya.

Tidak heran kalau para wisatawan dari luar negeri jauh-jauh datang ke Indonesia untuk mendapatkan batik, terutama batik tulisnya. Karakter yang tertuang dari batik tulis tentu memberikan makna tersendiri, apalagi hasil dari buatan tangan langsung yang memerlukan waktu yang sangat lama untuk membuatnya. Keterampilan dan ketelitian pun juga sangat diperlukan, agar menjadi batik yang cantik.
Batik tulis menggunakan kain berserat yang membuat warnanya terserap sempurna 300x300 » Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!
Karena faktor-faktor itulah batik tulis kebanyakan dijual dengan harga yang cukup mahal. Tapi seiring berjalannya waktu, kini batik tulis juga ada yang palsu. Sudah banyak produsen-produsen batik memilih jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan tanpa membutuhkan waktu lama untuk membuat batik tulis. Kalau Anda ingin tahu perbedaan batik tulis yang asli dan palsu, lihat saja beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan dengan seksama bahan dan warna yang dipakai
Perhatikan warnanya kalau terlihat kalem dan tidak mencolok berbarti bati tersebut batik tulis asli 300x300 » Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!

Sebelum membeli batik tulis, jangan lupa perhatikan dengan teliti bahan yang dipakai dan warna yang keluar dari kain tersebut. Kalau batik tulis asli, warna yang tertuang pada kain akan lebih sempurna, karena menggunakan bahan yang kain yang memiliki serat yang alami, misalnya saja bahan sutera atau kain katun. Kalau menggunakan kedua bahan tersebut, tentu warna yang dituang ke dalam kain tidak akan mengurangi kualitas bahannya itu sendiri.

Sedangkan yang palsu pada umumnya menggunakan bahan kain polyester, sehingga warna yang dituang ke kain akan terlihat lebih kaku karena adanya penyerapan warna di sela benang-benang kain. Jadi, perhatikan saja warna batik tulis asli lebih alami atau natural, kuat, dan stabil. Kalau palsu lebih terlihat terang.

2. Raba permukaan bahannya

Motif batik tulis asli pasti akan sangat terasa saat diraba 300x225 » Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!
Hal yang harus Anda perhatikan juga adalah meraba permukaan bahannya. Kenapa harus? Batik tulis yang asli memiliki timbulan di setiap garis-garis motifnya karena adanya penggunaan lilin pada proses pembuatannya. Tapi kalau Anda perhatikan di batik tulis yang palsu, tidak akan ada timbulan sama sekali karena prosesnya hanya dicetak saja.

3. Adanya kesalahan atau cacat motif

Setiap pembuatan batik tulis asli pasti ada cacatnya atau kesalahan karena menggunakan metode manual 300x200 » Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!
Seperti yang sudah Anda ketahui, proses batik tulis sangat lama karena menggunakan tangan langsung untuk pembuatannya. Tidak jarang juga selama pembuatannya terjadi kesalahan-kesalahan yang membuat motifnya terlihat sedikit rusak. Meskipun membuat motif yang sama, tapi tetap saja terdapat bagian motif yang terputus atau bagian yang tidak sama persis dengan motif sebelahnya.

Tidak jarang juga adanya tumpah lillin di beberapa bagian, karena penggunaan lilin membuat tintanya terkadang tumpah jika tidak berhati-hati. Sedangkan batik tulis palsu memiliki motif yang sempurna karena menggunakan mesin pencetak. Tidak ada perbedaan sama sekali dengan motif-motif yang tertuang pada kainnya, sehingga akan terlihat lebih sempurna.

4. Pertimbangkan harganya

Batik tulis asli pasti harganya sangat mahal 300x200 » Bingung Membedakan Batik Tulis Asli dan Palsu? Cek Di sini Dulu Perbedaannya!

Karena menggunakan tangan langsung dan membutuhkan keterampilan yang tinggi, tidak heran kalau batik tulis dijual dengan harga yang cukup mahal. Tapi berbeda dengan batik tulis palsu yang dijual dengan harga yang lebih murah. Kenapa sengaja dipasang harga murah? Itu karena para produsen ingin menarik perhatian para pembelinya, sehingga batik tulisnya dijual dengan harga murah.

Itulah 4 tips yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli batik tulis. Intinya, perhatikan dengan seksama setiap bahan dan motifnya. Sangat sayang sekali kalau Anda sudah membelinya tapi mendapat batik tulis yang palsu.