Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya

Flores adalah salah satu pulau paling potensial di Indonesia. Bukan hanya tentang banyaknya wisata alam yang membuat mata terpana dan terpukau, tetapi juga kebudayaan dan adatnya yang masih terjaga sampai sekarang. Masyarakatnya masih familier dengan tenun-tenunnya dan upacara-upacara adatnya. Tidak ketinggalan, banyak pula desa-desa dari zaman dulu yang masih berdiri sampai sekarang, tidak tersentuh modernisasi.

Oleh sebab itu, ketika mengunjungi Flores, cobalah untuk bertandang ke beberapa desa adat berikut ini.

Kampung Gurusina
Kampung Gurusina 300x200 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Gurusina disebut-sebut sebagai kampung adat paling tua yang ada di Flores. Bagaimana tidak, keberadaannya diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun lalu, sangat lama dan mengagumkan. Kampung ini ada di balik Gunung Inerie, sehingga ketika datang ke Gurusina kamu akan melihat pemandangan indah dan udara sejuk yang menenangkan.

Apalagi ketika melihat rumah-rumah tradisional dengan hiasan berupa tanduk-tanduk kerbau di bagian depan. Masyarakatnya pun sangat ramah, sehingga nyaman sekali berkunjung ke Gurusina. Jika penasaran, kamu cukup pergi ke Desa Watumanu, Kecamatan Jerebuu, Ngada.

Kampung Bena
Kampung Bena 300x199 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Bisa dibilang, kampung adat di Flores yang paling banyak pengunjungnya dan populer adalah Kampung Bena ini. Wisatawan lokal maupun mancanegara sangat tertarik dengan Kampung Bena yang ada di Tiwuriwu, Aimere. Sekitar tujuh jam dari Labuan Bajo, dan letaknya memang di tengah-tengah Flores.

Kampung ini pun ada di balik Gunung Inerie, sehingga pemandangan indahnya tidak kalah dari Gurusina. Diperkirakan ada sembilan suku atau klan yang masih mendiami Kampung Bena saat ini. Jangan lupa untuk membeli kain adat Kampung Bena dan menikmati kopi Bajawa yang nikmat.

Wologai
Wologai 300x199 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Wologai adalah kampung adat yang sudah ada sejak 800 ratus tahun lalu. Letaknya ada di Detusoko, Ende. Namun sayangnya, kampung ini kurang populer dibandingkan dengan Kampung Bena maupun Gurusina. Sehingga turis pun cukup jarang yang ke sini. Mungkin karena tempatnya yang berada di tengah lembah dan jalanannya sedikit sulit, sehingga tidak banyak yang tahu. Padahal kampung ini juga menyajikan nuansa khas rumah adat dengan pemandangan mengagumkan.

Waerebo
Waerebo 300x201 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Waerebo adalah kampung adat yang unik, karena selain letaknya yang di ketinggian, kampung ini juga selalu berkabut. Hawanya sangat sejuk lebih ke dingin, dan punya tatanan rumah mengerucut yang sangat memukau. Tidak heran banyak yang suka ke sini dan memang sangat populer di kalangan turis. Padahal medan untuk sampai ke Waerebo cukup sulit. Anda harus berjalan selama tiga sampai empat jam.

Apabila ingin ke sini, Anda bisa ke Kabupaten Manggarai, dan melihat rumah-rumah yang disebut Mbaru Niang.

Tololela
Tololela 300x172 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Kampung Tololela tidak jauh dari Kampung Bena, yaitu sekitar satu jam perjalanan dari Bena. Di kampung ini pemandangannya pun sangat memukau dan rumah-rumah penduduknya tampak unik. Apalagi ketika menikmati waktu sore hari di sini, kamu akan melihat pemandangan langit merah yang mengagumkan dan pepohonan yang mengelilingi kampung ini.

Kampung Belaraghi
Kampung Belaraghi 300x180 » Berwisata ke Kampung Adat di Flores dengan Sejuta Keistimewaan dan Kekayaan Budayanya
Masyarakat di Kampung Belaraghi sangat menjaga tradisi mereka, sehingga tidak begitu terpengaruh moderninasi dunia luar. Kamu akan melihat bagaimana cara mereka bertani dan melakukan banyak tradisi yang masih konvensional. Masyarakatnya pun sangat ramah ketika dikunjungi orang luar, mereka akan menyajikan berbagai makanan.

Kamu juga bisa memilih dua jalur perjalanan menuju Kampung Belaraghi, yang keduanya bisa ditempuh sambil berjalan dan menikmati pemandangan sekitar yang mengagumkan.

Itu tadi adalah beberapa kampung adat yang dapat kamu kunjungi jika datang ke Flores. Tidak perlu khawatir, masyarakatnya ramah-ramah dan sangat bersahabat.