Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta

Jogja merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan karena memang terkenal dengan berbagai macam wisata yang bisa dinikmati, baik wisata kulinernya, wisata alamnya, wisata edukasi, dan masih banyak lagi. Tidak lupa juga wisata religi di Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Selain menambah nilai spiritual, Anda juga bisa memperoleh ketenangan batin.

Ada apa saja sih wisata religi yang berada di Kota Gudeg ini? Inilah beberapa ulasannya.

1. Masjid Agung Kauman
Gerbang masuk menuju Wisata Religi Jogja Masjid Agung Kauman 300x225 » Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta
Wisata religi di Yogyakarta yang menjadi destinasi populer untuk umat muslim adalah Masjid Agung Kauman yang berlokasi di wilayah alun-alun utara. Masjid ini dibangun pada saat Yogya masih di bawah pemerintahan Hamengku Buwono I dan menjadi salah satu masjid yang cukup di sana.

Maka dari itulah, pemerintah setempat selalu menjaga dan melestarikan masjid agung ini, serta menjadikannya cagar budaya di wilayah Jawa Tengah. Selain untuk berdoa, para pengunjung juga bisa melihat berbagai macam ornamen klasik yang umurnya sudah ratusan tahun.

Untuk masuk ke dalam Masjid Agung Kauman, para pengunjung tidak dikenakan biaya apapun, kecuali membayar parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

2. Masjid Agung Kotagede
Pintu masuk Wisata Religi Jogja Masjid Agung Kotagede 300x202 » Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta
Wisata religi di Yogyakarta yang juga sangat terkenal adalah Masjid Agung Kotagede dan merupakan masjid pertama yang didirikan di Kota Jogja. Selain itu, masjid ini juga menyimpan banyak sejarah, salah satunya adalah kejayaan pada masa Kerajaan Mataram yang pemerintahannya dipegang oleh Sultan Agung.

Arsitektur bangunannya yang sangat klasik menggambarkan masjid ini sudah sangat tua dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Anda yang ingin berkunjung ke masjid ini tidak akan dikenakan biaya apapun dan hanya membayar parkirnya saja.

3. Gereja Ganjuran
Salah satu tempat berdoa di Gereja Ganjuran yang menyerupai pura 300x200 » Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta
Gereja Ganjuran juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Yogyakarta yang terkenal di kalangan umat kristiani. Para pengunjung bisa merasakan suasana adat Jawa-nya yang begitu kental mulai dari gerbang masuknya, pendoponya, gerejanya, hingga candi yang di dalamnya terdapat patung Yesus.

Ada pula patung Yesus dan Maria yang diberi balutan adat Jawa yang disertai adat Hindu, hingga memberikan kesan unik dan menyatu. Sebenarnya, Gereja Ganjuran bukanlah tempat wisata tapi tempat untuk umat kristiani berdoa. Namun, kini sudah semakin banyak wisatawan dari berbagai kalangan yang berkunjung.

Anda yang ingin berkunjung ke sini sebenarnya tidak ada pembayaran apapun, kecuali biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil.

4. Gua Maria Sendang Sono
Salah satu sudut di Gua Maria Sendang Sono 300x200 » Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta
Selain Ganjuran, ada pula Gua Maria Sendang Sono yang sering dipergunakan para wisatawan Katolik untuk berziarah. Tempatnya yang rindang dan hening membuat tempat wisata religi di Yogyakarta ini sangat cocok untuk menenangkan spritual diri. Ada pula beberapa kapel yang biasanya digunakan untuk misa kelompok pribadi yang datang.

Untuk masuk ke dalam Gua Maria Sendang Sono, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun dan hanya membayar biaya parkir kendaraan saja.

5. Pura Vaikuntha Vyomantara
Pura Vaikuntha Vyomantara yang mirip dengan pura di Balli 300x169 » Berlibur ke Jawa Tengah, Jangan Lupa Berkunjung ke Wisata Religi di Yogyakarta
Wisata religi di Yogyakarta selanjutnya adalah Pura Vaikuntha Vyomantara yang suasanya mirip seperti di Bali. Anda akan menemukan banyak candi yang menjadi tempat berdoa para umat Hindu. Selain para wisatawan umat Hindu, berbagai kalangan pun juga datang untuk melihat pura yang didirikan di daerah Janti ini.

Anda tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke dalamnya, kecuali untuk biaya parkirnya saja.

Itulah beberapa tempat wisata religi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan Anda nantinya saat berkunjung ke Kota Gudeg ini. Jangan lupa untuk berkunjung ke wisata religinya agar spiritual Anda tetap terjaga dan bisa memberikan ketentraman pada diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari keanekaragaman agama di Indonesia menjadi negara paling banyak memiliki agama.