Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh

Semua makanan yang berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan berbagai macam bahan berprotein, berkarbohidrat adalah makanan yang sehat untuk tubuh. Tentu dengan mengkonsumsinya secara rutin, kebutuhan gizi pun akan terpenuhi dengan baik, sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga dan asupan energi dalam tubuh juga terpenuhi.

Namun, tidak semua makanan baik untuk kesehatan jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya apalagi Anda mengkonsumsinya secara bersamaan. Kalau Anda mengkonsumsinya secara bersamaan, tentu organ pencernaan beserta organ lainnya akan terganggu fungsi kinerjanya. Anda penasaran makanan atau minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan? Berikut penjelasannya.

1. Minum kopi atau teh saat setelah makan

Jangan minum teh atau kopi setelah makan 300x200 » Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh
Biasanya, pada saat memesan makanan, tentu kita memesan teh atau kopi sebagai minuman kita. Tapi ternyata, minuman teh maupun kopi sangatlah tidak baik sebagai pengiring makanan kita. Kenapa? Karena mengkonsumsi teh atau kopi setelah makan bisa mengganggu sistem pencernaan yang baru saja masuk ke dalam tubuh.

Asam lambung yang sedang bekerja di dalam lambung pun juga akan terganggu, sehingga proses pencernaan tidak bisa bekerja dengan normal. Jika sistem pencernaannya tidak bekerja dengan normal, maka nutrisi dalam makanan tidak akan terserap dengan baik. Kalau terus menerus dilakukan, maka fungsi organ pencernaan akan semakin terganggu dan bisa memicu terjadinya penyakit pencernaan.

2. Makanan yang asam dengan makanan yang berkarbohidrat
Hindari paduan makanan asam dengan karbohidrat agar sistem pencernaan tetap berjalan lancar 300x200 » Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh

Kombinasi makanan yang tidak sehat ini biasanya tidak kita sadari. Jika makanan asam bertemu dengan makanan yang berkarbohidrat, maka akan mudah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Perpaduan makanan tersebut dapat menghasilkan lumpur dalam lambung akibat terjadinya proses fermentasi. Jika tidak segera dilakukan tindakan medis, maka akan sangat membahayakan organ lainnya.

Makanan asam yang biasanya kita konsumsi adalah toman, lemon, jeruk, dan sebagainya. Sedangkan makanan berkarbohidrat biasanya bertepung dan mengandung alkali. Maka dari itulah, lebih baik hindari makanan asam dengan makanan berkarbohidrat agar tidak terjadi gangguan pencernaan, ya.

3. Daging merah dan makanan berbahan tepung

Kurangi konsumsi daging merah dengan makanan berbahan tepung 300x204 » Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh

Hal ini juga yang biasanya tidak kita sadari dan justru membahayakan kesehatan kita jika terus menerus dilakukan. Tidak jarang kita memakan makanan daging merah bersamaan dengan makanan berbahan tepung, seperti kentang, nasi, dan sebagainya. Padahal perpaduan makanan tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan organ kita.

Jika Anda memakannya bersamaan, maka organ pencernaan akan sulit melakukan proses pencernaan. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging merah, lebih baik padukan saja dengan makanan biji-bijian, seperti almond dan lainnya.

4. Daging dan keju

Perpaduan daging dan keju sangat tidak dianjurkan karena berbahaya bagi tubuh 300x213 » Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh
Zaman sekarang ini, banyak makanan berdaging dipadukan dengan bahan keju, sampai menjadi makanan yang viral. Meskipun enak, ternyata perpaduan tersebut sangatlah tidak sehat untuk tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, daging dan keju memiliki kandungan protein. Maka, pada saat Anda mengkonsumsinya bersamaan, organ hati akan mendapatkan terlalu banyak protein.

Dengan meningkatnya kandungan protein dalam organ hati, maka penyumbatan fungsi kerja hati akan terganggu. Jika terus menerus dilakukan, maka penyakit hati akan datang menghampiri Anda.

5. Minum air putih sebelum dan sesudah makan

Jangan biasakan langsung minum air putih setelah makan dan sesaat sebelum makan 300x200 » Berbagai Macam Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersamaan Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh
Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi minum air putih sebelum dan sesudah makan sangat tidak dianjurkan. Kenapa? Itu karena air yang masuk ke dalam tubuh akan menghambat proses pencernaan. Jika sudah terhambat oleh air terlebih dahulu, maka kembung serta gas pasti akan terbentuk secara otomatis. Jika sudah demikian, maka kinerja pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik dan penyakit pencernaan lainnya akan datang.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik minumlah sekitar 5 hingga 10 menit sebelum memulai makan. Sedangkan setelah makan, Anda boleh meminum airnya sekitar 15 menit setelahnya.

Itulah 5 masalah kesehatan yang bisa Anda alami jika mengkonsumsi makanannya dengan cara yang tidak benar. Mulai dari sekarang, konsumsilah makanan dengan cara yang tepat agar kesehatan Anda tidak terganggu.