Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik

Bengkulu mungkin belum menjadi destinasi nomor satu oleh para wisatawan domestik maupun internasional. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan perkembangan tempat-tempat wisata di kota tersebut, khususnya yang dapat diakses saat malam hari. Dalam artikel berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang berbagai destinasi wisata malam yang dapat dikunjungi di Bengkulu.

Pantai Panjang
Pantai Panjang 300x169 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Semakin malam, semakin ramai. Deskripsi itulah yang tepat untuk menggambarkan pantai panjang, destinasi wisata terpopuler dari Bengkulu karena dapat dicapai hanya dalam waktu sepuluh menit berjalan kaki dari jantung kota. Tersedia banyak fasilitas pendukung seperti warung, arena bermain anak, hingga penginapan. Sedangkan untuk tiket masuk dan parkirnya sendiri gratis.

Benteng Marlborough
Benteng Marlborough 300x148 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Menyaksikan sunset di puncak benteng peninggalan zaman kolonial ini merupakan salah satu wisata malam terbaik yang ada di Bengkulu. Hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- saja per orang, wisatawan sudah dapat mengeksplorasi benteng yang masih kokoh tersebut. Dari puncak benteng pula, hamparan pantai panjang dapat terlihat jelas.

Bukit Kaba
Bukit Kaba 300x225 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Berlokasi di Desa Sumber Urip, Kota Curup, bukit yang satu ini menjadi spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari tenggelam serta pemandangan malam Kota Curup, sekaligus mengejar matahari terbit. Terbuka oleh umum tanpa menarik retribusi apa pun, untuk mencapai puncak bukit, wisatawan perlu menaiki sebanyak lebih dari 300 anak tangga.

Tugu Thomas Parr
Tugu Thomas Parr 300x199 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Wisata malam selanjutnya merupakan monumen peninggalan masa penjajahan Inggris di Bengkulu, yang disebut dengan Parr Mausoleum yang dinamai berdasarkan Gubernur Inggris yang menjabat masa itu. Tugu dengan atap berbentuk bulat ini dapat didatangi secara gratis oleh para wisatawan yang biasanya menjadikannya sebagai latar berswafoto atau tugu itu sendiri menjadi objek.

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi 300x200 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Masih mengandalkan panorama sunset dan embusan angin yang sejuk di malam hari, Pantai Tapak Paderi merupakan destinasi wisata malam selanjutnya yang tidak boleh sampai dilewatkan oleh para wisatawan. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang dan parkir mulai Rp. 2.000,- saja, wisatawan dapat merilekskan diri di sana.

Danau Dendam Tak Sudah
Danau Dendam Tak Sudah 300x200 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Kawasan danau ini merupakan area cagar budaya di mana hidup beragam flora dan fauna khas Bengkulu. Pemandangannya yang semakin cantik saat diterpa cahaya bulan menjadikan wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu di danau yang menetapkan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang, ditambah Rp. 10.000,- bagi yang ingin berkeliling menaiki sampan.

View Tower
View Tower 300x179 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Sederhananya, destinasi wisata yang satu ini adalah gardu pandang di mana wisatawan dapat menyaksikan panorama Kota Bengkulu dari ketinggian. Terlebih saat malam hari, di mana lampu kota menyala dengan terang, menghasilkan panorama yang begitu cantik. Wisatawan tidak dibebankan retribusi apa pun untuk menikmati view tower atau gardu pandang ini.

Taman Pantai Berkas
Taman Pantai Berkas 300x226 » Bengkulu, Kota Dengan Sejuta Wisata Malam Nan Cantik
Sama seperti daerah lain di Indonesia, Bengkulu pun tengah giat membangun taman terbuka publik untuk mengakomodasi masyarakat lokal serta wisatawan sebagai tempat bersantai yang dilengkapi fasilitas dan dapat dikunjungi secara gratis. Ikon dari taman pantai berkas ini adalah jembatan meliuk yang menghadap tepat ke arah pantai sekaligus menjadi gardu pandang.

Fasilitas taman gratis ini berupa arena playground anak, areal skateboard, jogging track, dan free hotspot. Taman ini biasanya ramai dikunjungi mulai sore hari dan semakin malam suasana akan semakin meriah. Kadang juga diadakan festival kembang api di taman yang belum lama diresmikan ini.