Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dari generasi ke generasi. Karena itulah, Anda pun juga harus menjaga batik yang ada di rumah dengan baik, agar batik tetap bisa digunakan. Perawatan batik berbeda dengan baju-baju lainnya karena batik harus membutuhkan perawatan yang tepat.

Kalau Anda mencucinya sembarangan, pakaian batik Anda akan lebih cepat pudar dan lusuh. Jika sudah demikian, pakaian batiknya tidak akan bisa terpakai lagi. Sangat disayangkan, bukan pakaian batik yang sudah Anda beli mahal-mahal tidak bisa digunakan lagi hanya karena salah perawatannya? Agar tidak salah lagi, ikuti saja tips di bawah ini.

1. Cucilah dengan cara manual
Cucilah dengan cara manual atau menggunakan tangan agar tidak mudah luntur 300x158 » Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!
Sekarang ini, tidak sedikit orang menggunakan mesin cuci untuk mencuci seluruh baju kotornya. Selain lebih mudah, mereka bisa melakukannya sekaligus dalam jumlah yang banyak. Tapi berbeda dengan pakaian batik. Jangan pernah menggunakan mesin cuci untuk mencuci batik, baik itu baju, jaket, kain, dan sebagainya karena bisa merusak bahannya.

Mencuci batik dengan cara menggunakan mesin cuci juga bisa merusak warnanya karena tercampur dengan pakaian-pakaian lain, apalagi tercampur dengan pakaian berwarna dan celana jeans. Jadi mulai sekarang, cucilah batik Anda dengan cara manual atau menggunakan tangan saja, ya.

2. Gunakan sabun khusus
Jangan menggunakan detergen tapi pakai sabun khusus batik 300x212 » Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!
Kalau sudah memisahkan pakaian batik Anda dengan pakaian yang lainnya, selanjutnya gunakan sabun khusus agar warna motif tetap awet. Sekarang ini sudah banyak yang menjual sabun khusus untuk batik-batik yang sifatnya lebih lembut. Kalau Anda tidak ada sabun khusus batik di rumah, Anda bisa menggunakan sabun cair dan tidak menuangkan langsung di atas pakaiannya.

Hindari pemakaian sabun cuci bubuk karena serbuknya masih bisa tertinggal di sela-sela serat pakaian.

3. Menjemurnya cukup diangin-anginkan saja
Usahakan cukup diangin anginkan saja ketika mengeringkannya 300x198 » Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!
Setelah selesai mencuci pakaian, rumah yang memiliki mesin pengering biasanya melakukan pengeringan setelah pencucian agar pakaian cepat kering saat dijemur. Untuk pakaian batik, usahakan jangan terlalu sering mengeringkannya dengan mesin pengering agar bahannya tidak cepat rusak. Kalau pun Anda menggunakan mesin pengering, keringkan saja sebentar (sekitar 1 menit) dan matikan.

Kalau tidak menggunakannya, peras saja sampai airnya banyak keluar dan jemur. Tapi ingat, jangan jemur di bawah matahari langsung karena akan memudarkan warnanya. Cukup angin-anginkan saja, ya.

4. Hindari penggunaan parfum secara langsung
Jangan menggunakan parfum langsung ke pakaian batik karena bisa memperkeruh warnanya 300x187 » Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang wangi, sehingga penggunaan parfum adalah hukum yang wajib dilakukan setiap hari, apalagi orang yang mudah mengeluarkan bau keringat. Tapi, sayang sekali jika Anda menggunakan batik, hindarilah penggunaan parfum.

Kenapa parfum tidak boleh disemprotkan ke pakaian batik? Pada umumnya, parfum-parfum yang dijual kebanyakan menggunakan cairan alkohol, apalagi memiliki tingkatan persen yang tinggi. Nah, cairan alkohol itulah yang menjadi musuh bagi seluruh batik. Parfum yang disemprotkan pada pakaian batik akan mempercepat pemudaran warna motifnya.

Jangan menggunakan mesin cuci dan pengering saat mencuci batik 300x157 » Benarkah Merawat Batik Sulit? Ini Tipsnya Agar Tidak Cepat Pudar dan Awet!
Kalau pun Anda ingin menggunakan parfum, lebih baik gunakan di bagian tubuh yang terbuka saja, seperti pergelangan tangan, pergelangan siku tangan bagian dalam, belakang telinga, dan belakang leher. Intinya, hindari penyemprotan parfum di sekitar atau di bagian pakaian batik, ya.

Beberapa tips di atas adalah tips yang sangat mudah dilakukan, jadi Anda pun bisa dengan mudah merawat pakaian batik di lemari Anda. Perlu Anda ingat juga, sebelum mencucinya lebih baik di angin-anginkan terlebih dahulu, karena keringat yang menempel di pakaian batik bisa memudarkan warna batiknya jika langsung dicuci. Selamat mencoba.