Begini Cara Menguji Robot Trading Autopilot

Program komputer robot trading autopilot merupakan sebuah program atau software komputer yang banyak digunakan untuk membantu dalam menjalankan investasi berupa trading. Trading ini sendiri merupakan investasi dengan cara jual beli mata uang asing dari beragam negara yang berbeda. Keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari selisih antara nilai jual dan nilai beli dari mata uang yang Anda perdagangkan tersebut.

Langkah Menguji Robot Trading Auto Pilot dengan Metode Backtest

Karena belum terlalu familiar bagi penggunanya, dibutuhkan proses penyesuaian sebelum benar-benar menggunakan software ini untuk melakukan trading. Karena itu dibutuhkan proses pengujian robot trading autopilot terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Sebenarnya, ada 2 cara pengujian robot trading ini yang bisa Anda gunakan. Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menguji robot trading ini dengan metode backtest.

testing robot trading autopilot » Begini Cara Menguji Robot Trading Autopilot

Sebelum mulai menguji, Anda harus bisa menginstal dulu software robot trading autopilot ini. Setelah Anda mengunduh software robot ini, instal softwarenya. Setelah itu temukan file ‘MQL4’ lalu simpan folder tersebut di dalam folder ‘Experts’. Jika sudah selanjutnya buka software atau program robot trading ini.

  1. Pilih Strategy Tester

Dari menu utama, akan ada beberapa pilihan menu di taskbar di bagian atas tampilan. Dari menu view, pilih pada opsi ‘Strategy Tester’. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke tampilan panel platform MT4.

  1. Pilih Robot yang Akan Diuji

Jika sudah, setelah memilih ‘Strategy Transfer’ tersebut, akan ditampilkan panel di bawah platform MT4. Setelah itu, pilih EA atau expert advisor robot trading yang ingin Anda uji. Akan ada beberapa pilihan dan Anda hanya perlu memilih robot forex yang ingin Anda uji saja.

  1. Atur Periode Waktu

Langkah selanjutnya, pilih currency pair yang mau Anda lakukan transaksi dengan robot trading tersebut. Anda juga harus memilih periode waktu atau time frame sesuai keinginan Anda. Selain time frame, Anda pun bisa mengatur rentang waktu pengujian untuk menguji robot trading ini.

Caranya, centang atau beri tanda cek pada kotak opsi ‘Use Date’. Setelah itu pilih tanggal, bulan serta tahun yang ada dalam pilihan di sebelah kotak tersebut. Contohnya, Anda memilih ‘From: 2020.07.10’ ‘To: 2020.07.12’ maka artinya Anda hanya akan memakai data yang sudah terekam di tanggal tersebut.

  1. Pilih Currency Pair

Sebelum mengatur currency pair, pastikan data pergerakan harga milik Anda sudah cukup lengkap. Dengan begitu, kualitas kelengkapan data milik Anda pun tidak akan kurang dari angka 90%. Untuk melakukan currency pair, tekan tombol F2 dari keyboard maka akan muncul jendela baru. Pada jendela ini, klik pada opsi ‘Currency pair’ mana yang akan Anda gunakan untuk backtest.

Periksa juga time frame yang Anda masukkan terdapat di dalam database. Kalau tidak ada, klik pada time-frame lalu download. Sebagai masukan, gunakan data tick 1 menit (1 minute/M1) supaya hasil backtes yang Anda lakukan akurat. Apabila datanya sudah lengkap, barulah backtes bisa dimulai.

  1. Klik Start

Langkah terakhir menguji robot trading autopilot adalah mulai jalankan backtest. Tekan tombol ‘Start’ dan biarkan program tersebut berjalan sendiri. Lamanya tergantung pada rentang waktu yang sudah Anda atur sebelumnya. Hasil backtes bisa Anda lihat di tab ‘Result’ atau ‘Graph’ yang terletak di panel ‘Strategy Tester’.

 

Itu tadi adalah langkah menguji robot trading autopilot yang bisa Anda ikuti yaitu dengan metode backtest. Selain metode ini, ada pula metode lain yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih salah satu metode yang menurut Anda paling mudah.