Begini 5 Cara Hidup Rukun Bertetangga dan dengan Orang Sekitar

Sudah menjadi takdir manusia untuk diciptakan sebagai makhluk sosial yang berarti manusia tidak akan bisa hidup secara sendirian karena setiap manusia pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itulah maka manusia hidup secara berkelompok yang sering disebut sebagai masyarakat, di dalam kehidupan bermasyarakat ini manusia akan hidup dengan saling berdampingan sehingga harus tercipta lingkungan yang kondusif agar kehidupan menjadi nyaman.

Di dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya Anda akan memiliki tetangga yakni orang yang tinggal di sekitar rumah Anda. Tetangga yang ada di dekat rumah Anda merupakan orang yang paling dekat sehingga tentu saja Anda harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Tetangga yang rumahnya paling dekat tentu akan menjadi orang pertama yang akan dimintai tolong jika kita membutuhkan bantuan, oleh karena itulah maka Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk bisa hidup rukun dengan tetangga dan orang – orang di sekitar.

cara hidup rukun bersama tetangga » Begini 5 Cara Hidup Rukun Bertetangga dan dengan Orang Sekitar

Ini 5 Cara Hidup Rukun Bersama Tetangga dan Orang Sekitar

  1. Tidak Egois

Cara hidup pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa rukun dengan tetangga adalah dengan tidak memiliki sifat egois. Sifat egois adalah salah satu sifat yang harus Anda hindari, karena sifat egois akan menyebabkan pemilik sifat ini selalu mementingkan dirinya sendiri. Tentu saja sifat egois ini harus Anda hindari karena Anda harus selalu mendahulukan kepentingan orang lain dalam hidup bermasyarakat.

  1. Menjunjung Tinggi Toleransi

Cara hidup kedua yang bisa Anda terapkan agar bisa rukun dengan tetangga adalah dengan menjunjung tinggi toleransi, seperti yang Anda ketahui bahwa tentunya masing – masing tetangga memiliki sifat yang berbeda – beda. Oleh karena itulah Anda harus mempunyai toleransi yang tinggi terhadap mereka sehingga jika terjadi sesuatu hal tidak akan mudah menimbulkan konflik.

  1. Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi menjadi cara hidup ketiga yang juga bisa Anda praktekkan untuk bisa hidup rukun dengan tetangga, seperti yang telah Anda ketahui bahwa komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam semua hubungan, termasuk dalam hubungan bertetangga. Anda harus selalu menjaga komunikasi yang baik dengan tetangga Anda sehingga hubungan Anda tetap terjalin dengan baik.

  1. Menghindari Gosip

Menghindari gosip menjadi cara keempat yang juga bisa Anda lakukan untuk bisa hidup rukun dengan tetangga, hal ini dikarenakan gosip merupakan salah satu sebab utama retaknya hubungan antar tetangga. Hal ini tentu saja sangat disayangkan jika sampai terjadi sebab hubungan baik antar tetangga yang sudah terjalin dalam waktu yang panjang bisa retak akibat sebuah kabar yang belum tentu jelas kebenarannya.

  1. Memberi Hadiah Untuk Tetangga

Cara kelima yang juga bisa Anda praktekkan untuk bisa hidup rukun bertetangga adalah dengan memberi hadiah atau bingkisan kepada tetangga, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena bisa menjaga hubungan baik dengan para tetangga di sekitar. Anda tidak perlu melakukannya setiap hari, namun lakukanlah misalnya pada saat Anda pulang dari bepergian dengan membawakan oleh – oleh untuk tetangga.

Hampir setiap orang pastinya memiliki tetangga di sekitar rumahnya, oleh karena itu Anda harus selalu menjaga kerukunan dengan mereka.