Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?

Zaman dulu, pembuatan batik hanya dengan cara manual, yaitu menggunakan tangan, maka proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Tapi berbeda dengan generasi masa sekarang yang sudah banyak memilih jalan instan yang menggunakan metode printing.

Anda yang ingin membeli batik tulis, tentu tidak ingin tertipu atau tertukar dengan batik printing, bukan? Banyak hal yang harus Anda perhatikan agar tidak salah membeli, apalagi kalau bentukannya cukup mirip yang akan membuat Anda kesulitan memilihnya. Agar tidak terjadi kesalahan dalam membelinya, ketahuilah perbedaannya terlebih dulu di sini, yuk!

1. Harga
Harga batik tulis lebih mahal berkali kali lipan dibandingkan batik printing 300x168 » Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?

Anda pasti sudah tahu kalau dalam proses pembuatan batik tulis, pengerjaannya lebih sulit dan perlu ketelitian maupun kesabaran agar menghasilkan ukiran batik yang cantik dan bermakna. Karena pembatik harus berhati-hati, apalagi menggunakan cara manual (tangan), mereka membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan 1 buah kain batik saja.

Kesulitan-kesulitan itulah yang membuat harganya sangat mahal, bahkan sampai beberapa kali lipatnya. Berbeda dengan batik printing yang harganya jauh lebih murah. Jadi, kalau Anda sudah mengetahui harga pasar batik tulisnya akan mempermudah Anda menentukan batik tulis asli.

2. Bentuk motifnya

Motif batik tulis berdasarkan kreativitas pembantiknya kalau batik printing hanya terbatas saja 300x200 » Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?
Cara mudah dalam menentukan batik tulis atau batik printing adalah memperhatikan dengan seksama bentuk motif yang terukir di kainnya. Kalau Anda perhatikan baik-baik, batik tulis memiliki motif yang tidak sama, seperti ukuran gambarnya ada yang besar dan kecil atau bentuk gambarnya yang sedikit berbeda dengan gambar lainnya.

Kalau batik printing, karena menggunakan metode cetak atau print saja, sudah jelas semua gambar dan ukurannya akan sama. Bahkan tidak ada kecacatan apapun di setiap motifnya. Lebih baik Anda lihat baik-baik motif batiknya agar lebih jelasnya.

3. Kain
Kedua sisi kain batik tulis terdapat ukirannya sedangkan batik printing hanya 1 sisi saja 300x200 » Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?

Para pembatik khususnya batik tulis, mereka harus benar-benar memperhatikan kualitas kainnya agar hasil batiknya terlihat sempurna. Saat mereka membatik, mereka tidak hanya membatik 1 sisi saja, karena kedua sisi harus mereka ukir, bahkan dengan ukiran dan warna yang sama. Jangan heran lagi kalau Anda meraba kainnya, Anda hampir tidak bisa merasakan perbedaannya.

Berbeda dengan batik printing, karena motif batik hanya ada di 1 sisi saja, sedangkan sisi lainnya hanya berupa warna polos tapi masih dengan warna yang sepadan dengan sisi lainnya.

4. Warna
Batik tulis dibuat dengan memakai tangan sedangkan batik printing menggunakan alat alat digital 300x199 » Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?
Batik tulis menggunakan warna-warna alami, seperti dari tumbuh-tumbuhan alami dan sebagainya, sehingga saat Anda mencium aroma kainnya, akan terasa sangat khas. Selain itu, warnanya pun tidak akan mudah pudar, meskipun berkali-kali mencucinya. Hal itu disebabkan karena adanya penyerapan tinta ke dalam sela-sela kain, sehingga membuat warna lebih keluar dan tahan lama.

Hal tersebut tidak akan terjadi kalau Anda memilih batik printing. Walaupun pada awal pembuatan warnanya terlihat sangat cerah (lebih cerah daripada batik tulis), semakin lama warna tersebut akan memudar. Walaupun Anda hanya membiarkannya saja di lemari pakaian, warnanya tetap saja akan memudar, apalagi Anda mencucinya.

5. Jumlah produksi

Jumlah produksi batik tulis lebih sedikit daripada batik printing 300x169 » Bedanya Batik Tulis dan Batik Printing Apa sih?
Seperti yang sudah sempat dibahas di atas, batik tulis menggunakan cara manual dan harus teliti dalam setiap ukirannya. Karena banyak kesulitan dan perlu kesabaran, tidak semua orang bisa menjadi pembatik. Tidak aneh lagi kalau jumlah yang dihasilkan sangatlah terbatas, kalaupun ingin mendapatkannya langsung dari pembatiknya, Anda harus memesannya dari jauh-jauh hari.

Dari jumlahnya saja sudah terlihat sangat berbeda, karena batik printing sangat mudah diproduksi. Proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan tangan dan hanya mesin saja, terutama dibantu oleh software agar bisa mencetak motifnya ke kain. Karena kemudahan itulah, batik printing bisa menghasilkan beberapa ribu meter.

Apakah Anda sudah lebih mengenal perbedaannya? Kalau sudah tahu perbedaanya, Anda akan lebih mudah memilih kainnya, apalagi Anda menggemari karya-karya batik tulis, tentu harus memilih dengan seksama. Intinya, waspada saat membelinya, lebih baik pertimbangkan baik-baik agar tidak sia-sia setelah membelinya.