Aturan Berbusana Kerajaan Inggris yang Harus Mereka Patuhi

Tentu Anda pasti sering melihat berita-berita dari Kerajaan Inggris, bukan? Tapi, apakah Anda memperhatikan busana yang mereka kenakan? Tidak banyak yang tahu kalau keluarga Kerajaan Inggris memiliki beberapa aturan berbusana dalam setiap kesempatan acara kerajaan. Mereka tidak bisa tampil dan mengenakan busana sesuka hati mereka, karena mereka harus mengikuti tradisi kerajaan terutama untuk wanitanya.

Peraturan-peraturan apa saja yang harus mereka patuhi dalam berbusana?

1. Anggota keluarga kerajaan wanita tidak boleh menggunakan cat kuku berwarna
Tas Tangan Kate yang Dipegang dengan Kedua Tangannya 300x300 » Aturan Berbusana Kerajaan Inggris yang Harus Mereka Patuhi
Tidak seperti kita yang bisa leluasa menggunakan cat kuku berwarna, karena semua anggota keluarga kerajaan wanita tidak diperbolehkan memakai cat kuku yang berwarna. Perhatikan warna cat kuku Ratu Elizabeth maupun Kate Middleton.

Mereka pasti memiliki warna kuku yang natural, karena memang hanya diperbolehkan menggunakan warna yang transparan dan kalaupun yang berwarna hanya diperbolehkan memakai pink yang alami.

2. Tradisi pemakaian tiara
Busana Ratu yang Selalu Terlihat Cerah 300x225 » Aturan Berbusana Kerajaan Inggris yang Harus Mereka Patuhi
Kalau Anda melihat semua anggota keluarga Kerajaan Inggris, pasti tidak semua yang wanita menggunakan tiara, bukan? Tentu saja, karena penggunaan tiara hanya diperbolehkan di saat acara yang benar-benar spesial bagi Kerajaan Inggris, misalnya saja seperti acara pernikahan.

Sebagai contohnya, pada saat acara pernikahan Kate Middleton dengan pangeran William di tahun 2011 lalu, Kate menggunakan tiara di kepalanya yang dipinjam dari Ratu Elizabeth dan didesain oleh Cartier.

Tiara tersebut hanya bisa dipakai oleh pengantin ataupun wanita anggota keluarga yang sudah menikah. Maka dari itu, penggunaan tiara dilarang bagi wanita anggota keluarga kerajaan yang masih single maupun yang masih anak-anak.

3. Tas tangan yang dikenakan oleh ratu bisa menjadi pesan rahasia
Cat Kuku yang Dipakai Harus Warna Netral 300x234 » Aturan Berbusana Kerajaan Inggris yang Harus Mereka Patuhi
Kalau kita menggunakan tas tangan untuk menyimpan barang, tapi tidak bagi ratu. Kenapa? Karena selain untuk menyimpan barangnya, ratu menggunakan tas tangan sebagai pesan rahasia untuk orang-orang di sekitarnya.

Misalnya saja, saat ratu sedang menghadiri sebuah acara makan malam, jika ratu sudah meletakan tas tangannya di atas meja, berarti acara makan malam tersebut akan segera berakhir.

Contoh lainnya adalah, ketika ratu sedang berbincang dengan tamunya, kalau ratu sudah memindahkan tas tangannya ke tangan yang lain, isyarat tersebut berarti ia ingin pembicaraan tersebut cepat diakhiri.

4. Tas clutch sebagai penghindar salaman orang lain
Kalau ada orang lain yang bertemu dengan Kate Middleton dan melihatnya memegang tas clutch dengan kedua tangannya, artinya Kate tidak ingin bersalaman dengan siapapun. Aturan ini juga berlaku untuk seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Jadi, kalau Anda bertemu dengan mereka yang memegang tas clutch dengan kedua tangannya, jangan harap Anda mendapatkan salaman dari mereka.

5. Penggunaan topi yang mengikuti tradisi turun temurun
Jika Anda melihat berita mengenai acara formal anggota keluarga Kerajaan Inggris, pasti Anda melihat Ratu Elizabeth mengenakan topi. Tentu saja karena topi tersebut merupakan salah satu tradisi turun temurun anggota kerajaan yang berarti setiap wanita wajib menutupi rambutnya.

Pemilihan warna topi pun tidak boleh sembarangan, karena warnanya harus mirip dengan pakaian yang dikenakan, terutama warnanya. Jika tidak menggunakan topi, rambut ratu pun juga pastinya ditambahkan dengan tiara ataupun headscarf.

6. Membawa pakaian hitam di setiap berpergian
Tidak banyak yang tahu kalau setiap anggota keluarga wajib membawa pakaian berwarna hitam sebagai persiapan kalau ada yang meninggal. Salah satu contohnya adalah ketika ayah dari Ratu Elizabeth meninggal pada tahun 1952, sang ratu tidak bisa turun dari pesawat karena tidak membawa pakaian berwarna hitam.

Ratu Elizabeth pun harus menunggu pakaian hitam diantar supaya bisa turun dari pesawat.

Tentu saja berada di anggota keluarga Kerajaan Inggris tidaklah mudah. Banyaknya peraturan dan salah satunya dalam berbusana memberikan kedisiplinan yang tinggi bagi mereka. Dengan adanya peraturan tersebut, apakah Anda ingin masuk ke anggota keluarga Kerajaan Inggris?