Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?

Sebagian orang pasti pernah mengalami yang namanya telinga bindeng baik itu hanya 1 telinga ataupun kedua telinganya. Telinga bindeng merupakan kondisi di mana telinga mengalami peredaman suara secara tiba-tiba, seperti ada hal yang menyumbat dan menutup telinga dengan tiba-tiba, sehingga Anda kurang menerima suara-suara. Telinga bindeng yang masih wajar biasa kita dapatkan di daerah bandara atau saat sedang berenang.
Penggunaan Volume yang terlalu Keras Dapat Menyebabkan Bideng 300x169 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Namun, telinga bindeng yang terjadi terus menerus bukanlah hal yang wajar, sehingga harus segera dicek oleh dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Jika terjadi terus menerus, tentu telinga tidak dapat mendengar suara-suara dengan baik dan bisa mengakibatkan pusing, nyeri, serta keseimbangan tubuh tidak terjaga. Lalu, kondisi apa yang menjadi penyebab telinga berdenging?

1. Kotoran telinga yang terlalu menumpuk
Bahayanya Penyebab Telinga Bindeng 300x300 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Penyebab yang paling umum dan terlalu banyak terjadi adalah banyaknya kotoran telinga yang sudah semakin menumpuk. Seperti yang kita telah ketahui, kalau kotoran telinga atau cerumen berasal dari lilin yang berada di telinga yang berfungsi sebagai pelindung telinga dari berbagai macam infeksi.

Jika Anda sering membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud, sebaiknya berhati-hatilah, karena jika Anda menekannya terlalu dalam, kotoran tersebut akan semakin masuk. Seiring berjalannya waktu, kotoran tersebut akan semakin menumpuk dan menyumbat bagian dalam telinga.

Tentu hal tersebut dapat mengakibatkan telinga bindeng, sulit mendengar suara-suara, serta pusing. Untuk melembutkan kotoran yang telah menumpuk di dalam, sebaiknya berikan baby oil atau minyak mineral, kemudian Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Tapi jika cara tersebut tidak berhasil, datangilah dokter spesialis telinga agar kotorannya bisa dibersihkan.

2. Suara yang didengar terlalu keras
Membersihkan Telinga yang Salah dapat Mengakibatkan Telinga Bindeng 300x169 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Telinga yang bindeng bisa juga disebabkan oleh suara-suara yang keras yang diterima oleh telinga kita, misalnya saja menggunakan earphone dengan volume suara keras, nonton konser yang bersuara keras, suara-suara dari mesin pabrik, dan sebagainya.

Jika telinga terlalu sering menerima suara keras, suara tersebut dapat mengakibatkan gendang telinga rusak yang membuat gangguan yang terjadi sementara atau secara permanen. Jika sudah permanen, kemungkinan besar Anda tidak dapat mendengar lagi atau tuli.

3. Infeksi telinga
Telinga Bindeng Dapat Membuat kita Tidak bisa Mendengar Suara 300x150 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Pada anak-anak usia balita, infeksi telinga terkadang bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran yang tidak normal. Infeksi tersebut berada di bagian tengah telinga yang mengalami peradangan. Jika sudah begitu, mereka akan mengalami bindeng dalam kurun waktu tertentu sampai infeksi tersebut sembuh.

Adanya infeksi telinga juga bisa mengakibatkan kesulitan mendengar dan tenggorokan pun akan terasa sakit serta nyeri. Jika terus berlanjut, segeralah ke dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan kelanjutan. Biasanya mereka akan memberikan obat dalam bentuk tetes yang dimasukkan ke dalam telinga untuk mengurangi infeksi yang terjadi.

4. Adanya penyakit meniere
Kepala Pusing Akibat Telinga Bindeng 300x120 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Penyakit meniere merupakan salah satu gangguan pada telinga dalam yang bisa mengakibatkan kerusakan secara permanen, sehingga membuat telinga menjadi tuli. Gejala awal yang terjadi akibat penyakit meniere adalah adanya gatal-gatal pada bagian dalam telinga yang berlangsung lama, telinga mengalami bindeng secara terus menerus, terjadi vertigo, serta telinga akan dirasa sangat penuh padahal Anda sudah membersihkannya.

Meskipun penyebabnya belum bisa diketahui dengan pasti oleh pihak medis, tapi mereka telah meyakini penyebab utamanya adalah adanya cairan dalam telinga yang terlalu menumpuk. Bisa juga adanya trauma yang pernah dialami di bagian belakang telinga, adanya alergi pada suatu makanan, atau juga virus yang menyerang bagian dalam telinga.
Jika Sudah Parah Segeralah ke Dokter 300x150 » Apa sih yang Menyebabkan Telinga Kita Bindeng?
Berbagai macam penyebab telinga bindeng tentu harus membuat Anda berhati-hati dan waspada jika sudah terjadi bindeng. Memang telinga bindeng yang sementara bisa Anda biarkan, tapi kalau terjadi dalam jangka waktu yang lama jangan Anda abaikan karena bisa saja tanda-tanda dari suatu penyakit telinga. Lebih baik Anda konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kepastian kondisi telinga Anda.