Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?

Saat ini, sudah banyak bermunculan macam-macam olahraga yang bisa Anda lakukan, padahal sebelum ini olahraga-olahraga yang bisa kita lakukan hanya sepak bola, lari, bersepeda, dan sebagainya. Tapi, seiring berkembangnya zaman, olahraga baru, seperti pilates, yoga, serta zumba sudah mulai bermunculan.

Tidak heran kalau saat ini banyak kaum muda yang menyukai ketiga olahraga baru tersebut. Namun, kebanyakan dari mereka masih belum mengetahui manfaat dari masing-masing olahraga tersebut. Pilates, yoga, serta zumba memiliki manfaat yang berbeda-beda, tapi masih banyak yang beranggapan kalau ketiganya memiliki tujuan yang berbeda.

Agar Anda tidak salah dalam memilihnya dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan berolahraga Anda, lebih baik pahami lebih dulu perbedaan-perbedaannya.

1. Yoga adalah olahraga fisik yang paling tua
Yoga adalah aktivitas fisik yang paling tua di India 300x143 » Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?

Seperti yang sudah kita ketahui, yoga adalah olahraga fisik yang berasal dari India dan paling tua kemunculannya, karena sudah dari 3000 SM. Tujuan olahraga yoga pada awalnya untuk bermidatasi dan digunakan sebagai gerakan ritual untuk orang-orang Hindu yang tinggal di India. Sampai pada saat ini, yoga masih terus berkembang dan terus dipakai untuk memberikan fokus pada sistem pernafasan dan juga konsentrasi.

Sedangkan olahraga pilates merupakan olahraga modern yang didasarkan dari gerakan yoga. Setelah dikembangkan oleh seorang atlet Jerman, Joseph Pilates, olahraga ini kemudian semakin digandrungi oleh banyak orang karena unik. Tapi, pada olahraga pilates lebih memfokuskan pada bentuk penguatan dan rehabilitasi otot maupun tulang.

2. Zumba didasarkan dari senam aerobik dan berkaloborasi dengan dansa
Zumba merupakan olahraga yang dipadukan dengan dansa salsa hiphop 300x210 » Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?

Olahraga zumba merupakan ciptaan dari seorang pelatih aerobik, Alberto Perez yang tidak sengaja beliau temukan pada saat sedang latihan aerobik. Dengan musik bertempo cukup cepat, zumba bisa Anda jadikan olahraga yang menguras keringat, karena dipadukan dengan gerakan fitness dan dansa yang cepat. Dengan begitu, seluruh tubuh Anda akan bergerak dan keringat pun akan mudah keluar.

3. Yoga dijadikan olahraga untuk peregangan, mengolah stress, serta fleksibilitas
Yoga mampu meredakan stress dan merilekskan pikiran dan hati 300x200 » Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?

Bagi Anda yang sudah pernah atau bahkan sering melakukan yoga, pasti sudah tahu fungsi dari yoga sebagai media meditasi, latihan fisik yang santai, mampu mengolah stress dengan baik, sekaligus sebagai peregangan. Jika zumba dan pilates bisa menguras banyak kalori dari dalam tubuh, tapi tidak bagi yoga.

Yoga hanya membutuhkan gerakan yang santai dan lebih berfokus pada keseimbangan tubuh, pernafasan, dan pikiran. Jika Anda membutuhkan olahraga yang tenang, Anda bisa mencoba olahraga yoga. Dengan begitu, stress yang sedang alami bisa lebih rileks dan pikiran pun menjadi lebih tenang. Selain itu, emosi yang sedang Anda alami bisa kembali ditenangkan.

4. Pilates dipakai untuk menambah stamina dan kebugaran dengan cepat
Gerakan pilates lebih ke pemulihan otot dan tulang 300x132 » Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pilates diciptakan berdasarkan dari gerakan yoga yang santai. Namun, pada gerakan pilates lebih memfokuskan pada gerakan fisik dan lebih dikoordinasi. Tujuan dari olahraga baru yang satu ini untuk menambah kekuatan otot dan tulang serta membuatnya lebih ramping.

Keunggulan dari gerakan pilates lainnya adalah mampu memperbaiki postur tubuh yang sedang mengalami masalah, seperti tidak seimbang. Jika Anda sedang cedera, lebih baik perlahan-lahan gunakan gerakan pilates untuk memperbaiki tulang-tulang akibat cedera.

5. Jika Anda tidak suka olahraga lari, lakukan gerakan zumba

Zumba sangat cocok untuk orang orang yang malas olahraga lari 300x109 » Apa sih Bedanya Pilates, Yoga, dan Zumba?
Zumba saat ini sudah mulai dicari oleh orang-orang karena memiliki gerakan yang unik (perpaduan antara salsa, raggae, hip hop, samba, dan lainnya). Dengan menggunakan gerakan zumba, tubuh akan mengeluarkan banyak kalori yang akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Selain menambah kebugaran tubuh, zumba juga bisa mempertajam pikiran Anda karena gerakan zumba cukuplah sulit dan otomatis Anda harus menghafalnya. Dengan mengikuti gerakan yang benar, tentu kebugaran tubuh bisa Anda dapatkan.

Itulah perbedaan-perbedaan pilates, zumba, dan yoga yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan olahraga Anda. Jadi Anda tidak lagi sembarangan mengikuti olahraganya saja.