Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko dan menyebar ke seluruh dunia. Namun, buah yang satu ini pada umumnya tumbuh di daerah tropis saja dan tidak bisa tumbuh bertahan lama di daerah yang sejuk. Sebagian besar orang pasti tidak menyukai pepaya karena baunya yang tidak sedap dan rasanya pun cukup aneh.

Tapi, dibalik bau dan rasanya yang tidak disukai banyak orang, buah ini memiliki banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi-nutrisi yang terkandung adalah karoten, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, kalsium, protein, kalori, kalium, niacin, fosfor, karbohidrat, zat besi, serta riboflavin. Sangat banyak, bukan kandungan nutrisinya?

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung, sudah jelas pepaya juga memiliki banyak khasiat yang diberikan pada kesehatan tubuh kita. Lalu, apa saja sih khasiat-khasiatnya?

1. Kolesterol dalam tubuh bisa turun
Khasiat pepaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh 300x153 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pepaya memiliki kandungan Vitamin C, antioksidan, serta serat. Ketiga kandungan dalam pepaya tersebut ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan ingin mencegah penyakit akibat kolesterol lainnya, lebih baik Anda konsumsi buah pepaya secara rutin.

2. Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi pepaya pun bisa menurunkan berat dengan mudah 300x266 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Apakah Anda kesulitan menurunkan berat badan? Jika iya, sebaiknya mulailah masukan pepaya ke dalam daftar makanan buah sehari-hari Anda. Adanya rendah kalori dalam pepaya, tentu bisa membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Selain rendah kalori, kandungan seratnya juga mampu memudahkan Anda lebih cepat kenyang dan Anda pun tidak akan mudah lapar. Pepaya juga dapat membersihkan keseluruhan organ pencernaan, sehingga berat badan pun bisa turun dengan mudah.

3. Imunitas tubuh bisa meningkat
Sistem kekebalan tubuh pun bisa meningkat 300x150 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Imunitas dalam tubuh berfungsi sebagai penangkal berbagai macam virus maupun bakteri yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Dengan adanya Vitamin C dalam kandungan pepaya, tentu kekebalan tubuh Anda bisa semakin meningkat. Jadi, jangan lupa konsumsi terus buah pepaya agar tidak mudah terserang sakit, ya.

4. Buah yang baik bagi penderita diabetes
Makanan yang sangat aman bagi penderita diabetes 300x167 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Bagi penderita diabetes, mereka tidak bisa lagi sembarangan mengkonsumsi berbagai macam makanan, karena kadar gula mereka bisa mudah naik jika kandungan glukosa pada makanan yang dikonsumsinya tinggi. Tapi jangan khawatir, para penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi buah pepaya sebagai makanan pelengkap sehari-hari.

Kadar gula dalam buah pepaya sangatlah rendah, jadi sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Selain penderita diabetes, Anda yang tidak memiliki penyakit tersebut bisa mengkonsumsinya untuk mencegah terjangkit penyakit diabetes.

5. Sangat bagus untuk mata
Bisa mengurangi gangguan mata di kemudian hari 300x158 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Pepaya memiliki kandungan Vitamin A yang bisa melindungi mata Anda dari penurunan penglihatan. Kalau Anda rutin mengkonsuminya, Anda tidak akan mudah mengalami penurunan penglihatan di hari tua nanti.

6. Sistem pencernaan bisa diperbaiki

Sistem pencernaan pun bisa berfungsi lebih maksimal karena mengkonsumsi pepaya 300x180 » Apa Saja sih Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita?

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, pepaya dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Dibalik mudahnya pepaya menurunkan berat badan, sudah pasti pepaya juga dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh Anda. Hampir setiap hari Anda pasti mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti junk food ataupun berbagai macam makanan yang mengandung minyak berlebih.

Maka dari itulah, buah pepaya yang Anda konsumsi terus menerus bisa memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu akibat makanan tidak sehat tersebut. Adanya enzim papain serta serat dalam pepaya, mampu membantu sistem pencernaan bekerja dengan normal dan lebih maksimal.

Itulah 6 khasiat buah pepaya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Sebenarnya, selain dari keenam khasiat di atas, pepaya juga sangat bermanfaat bagi kecantikan wajah kita, seperti menghilangkan jerawat atau memutihkan kulit wajah. Maka dari itu, untuk mendapatkan semua khasiatnya, mulailah dari sekarang mengkonsumsi buah pepaya yang kaya nutrisi ini.