Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh

Kalau Anda sering mengenal kafein terdapat pada minuman kopi saja, ternyata pada teh, cokelat, serta soda juga terdapat kandungan kafein yang cukup banyak. Kafein yang merupakan senyawa stimulan memiliki cara kerja yang sama dengan kandungan amfetamin, heroin, serta kokain, karena sifat kerjanya mampu memberikan efek stimulasi pada kerja otak.

Tidak banyak yang tahu kalau kafein memiliki bentuk asli bubuk putih yang seperti kristal dan jika Anda merasakannya akan terasa pahit di lidah. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kafein yang sudah diolah sebagai bahan makanan akan memberikan manfaat yang baik Anda. Berikut ini adalah 5 manfaat dari kafein yang jarang diketahui.

1. Menurunkan berat badan
Overdosis Kafein Dapat Menyebabkan Detak Jantung Tidak Beraturan 300x300 » Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh
Kebanyakan wanita ingin sekali menurunkan berat badannya, maka tidak jarang mereka menggunakan produk suplemen kafein yang telah diekstrak sebagai obat pelangsing mereka. Kafein mempunyai sifat yang membuat nafsu makan dapat ditekan, sehingga tidak akan mudah lapar.

2. Performa selama berolahraga dapat meningkat
Perhatikan kadar Kafein Pada Ibu Hamil karena Berpengaruh pada Janin 300x200 » Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh
Salah satu manfaat kafein bagi Anda yang sering melakukan olahraga adalah dapat meningkatkan daya tahan. Kalau Anda mencampurkan kafein ke dalam minuman karbohidrat yang lain, maka kadar glikogen yang terdapat pada otot mampu dikembalikan dengan sangat cepat. Tidak hanya itu saja karena ternyata kafein juga mampu mengurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga sebesar 48%.

3. Penurunan fungsi otak dapat dicegah
Pikiran dan Mood Bisa Menjadi Lebih Tenang Setelah mengkonsumsi Kafein 300x169 » Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh
Kafein juga bagus dikonsumsi untuk orang-orang yang telah lanjut usia, terutama untuk mereka yang mengidap penyakit Alzheimer. Adanya penelitian juga telah mengungkapkan kalau kandungan kafein bisa memperlambat fungsi otak yang sedang mengalami penyakit tersebut. Orang lanjut usia yang tidak mengidap penyakit itu pun fungsi otaknya tidak akan mudah mengalami penurunan.

4. Suasana hati dan pikiran bisa menjadi lebih baik
Kafein Bisa Memberikan Fokus Pada Kinerja Otak 300x200 » Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh
Kalau Anda sedang stres atau pikiran dipenuhi dengan pekerjaan yang menumpuk, Anda bisa mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung kafein untuk memberikan efek tenang pada suasana hati dan pikiran Anda. Maka tidak jarang orang yang sedang stres mengkonsumsi teh, kopi, maupun cokelat untuk meredakan rasa lelah dan pikiran mereka.

Meskipun tidak memberikan efek yang lama, tapi kandungan kafeinnya cukup bisa mengurangi rasa stres Anda. Kalau stres Anda sudah berkurang, Anda dapat mengerjakan lagi pekerjaan Anda dengan lebih tenang.

5. Resiko sakit jantung dan diabetes dapat ditekan
Terlalu Banyak Kafein Dapat Membahayakan Tubuh 300x246 » Anda Menyukai Minuman Kafein? Inilah 5 Manfaat dan Efek Samping Bagi Tubuh
Adanya kandungan asam klorogenat pada kafein dapat mengurangi terjadi penyakit jantung dan diabetes yang tentu saja kalau Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan dan tepat. Karena itulah, kopi maupun teh dianggap sebagai minuman yang bisa mengurangi terjadinya penyakit jantung. Cokelat pun tidak jarang juga dikaitkan sebagai makanan yang mampu menekan resiko penyakit jantung.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, jika Anda mengkonsumsinya terlalu berlebihan, tentu akan membahayakan bagi kesehatan. Terutama bagi para wanita hamil harus perlu diperhatikan saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein. Kalau mereka terlalu banyak mengkonsumsinya, janin pada kandungan dapat terganggu perkembangannya, bahkan kemungkinan terburuknya bisa menyebabkan keguguran.

Karena itulah sangat dianjurkan bagi para wanita hamil untuk mengkonsumsi kafein dalam kadar secukupnya. Begitu pula dengan anak-anak yang terlalu banyak makan dan minuman yang mengandung kafein tersebut. Anak-anak tidak akan mendapatkan vitamin yang cukup, karena mereka cenderung mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak memiliki banyak kandungan mineralnya.

Secara umum, yang berlebihan mengkonsumsinya akan mengalami kesulitan tidur, mudah gelisah dan cemas, kekakuan pada otot-otot, detak jantung berdetak lebih cepat, serta gangguan pada perut. Jika tidak ingin kondisi tersebut, konsumsi kafein maksimal sebanyak 400 mg per hari baik itu pada makanannnya maupun minumannya.

Dengan mengetahui adanya efek samping dari kafein walaupun terdapat manfaatnya juga, tentu perlu dipertimbakan lagi jumlah pengkonsumsiannya. Dengan kadar sewajarnya, Anda akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi kalau Anda melewati batas wajarnya, maka kesehatan Anda akan terganggu.