Anak mengalami Perut Kembung, Apa yang Harus Dilakukan?

Anak mengalami Perut Kembung, Apa yang Harus Dilakukan? – Anak dengan gangguan perut kembung akan menjadi rewel, karena mereka merasa tidak nyaman. Ketukkan jari dengan pelan-pelan, lakukan dengan lembut, ke dinding perut anak Anda. Kemudian Anda dengarkan suaranya, apabila nyaring maka bisa dipastikan jika perut anak sedang mengalami kembung. Faktor penyebab perut kembung karena penumpukan gas dalam perut si kecil. Walaupun memang pada dasarnya perut manusia itu mempunyai daya tampung untuk gas, namun jika volume gas sudah berlebihan maka bisa mengakibatkan terjadinya gangguan. Umumnya perut anak Anda akan terlihat membuncit, dan menyebabkan rasa tak nyaman, hingga muncul rasa sakit pada bagian dada dan perut. Kondisi tersebut dapat terjadi disebabkan oleh gas menumpuk pada organ lambung kemudian mendesak diafragma, pembatas rongga dada dengan rongga perut. Terdapat banyak penyebab mengapa kondisi tersebut dapat terjadi. Bisa dari minuman, makanan, radang lambung, hingga infeksi penyakit yang lain. Mari baca selengkapnya.

Cara mengatasi gangguan perut kembung

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan perut kembung pada anak Anda.

Mencari posisi yang nyaman

Carilah posisi ternyaman, di mana posisi tersebut akan bias memudahkan si kecil untuk mengeluarkan udara yang berasal dari dalam saluran pencernaan mereka, entah dalam bentuk kentut ataupun sendawa, tidak menjadi masalah, yang penting kelebihan gas dalam perut dapat dikeluarkan. Anda bisa meminta anak untuk duduk ataupun dibaringkan posisi telungkup.

tindakan pada anak ketika mengalami perut kembung » Anak mengalami Perut Kembung, Apa yang Harus Dilakukan?

Menggunakan penghangat atau balsam

Yang berikutnya Anda juga dapat memanfaatkan penghangat untuk tubuh, contohnya adalah balsam. Belilah balsam kemudian balurkan pada daerah dada, perut, dan juga pada daerah punggung anak Anda. Jika memang anak Anda ternyata memiliki alergi terhadap kandungan balsam tersebut maupun kandungan minyak telon, jika Anda lebih memilih memakai minyak telon, maka Anda dapat memakai kantong karet air hangat saja, kemudian letakkan pada bagian atas perut anak Anda yang kembung. Sebagai tambahan, Anda dapat memberikan pijatan lembut dan ringan ke punggung, lokasi dada, perut, dan telapak kaki si kecil. Harus pelan-pelan, jangan sampai anak Anda merasa kesakitan karena dipijat terlalu keras. Pijatan dan penghangat tersebut dapat membantu gas yang ada di organ lambung si kecil keluar.

Apakah kerokan baik untuk dilakukan?

Mungkin Anda berpikiran juga untuk menggunakan cara tradisional yang satu ini, yakni dengan kerokan. Apakah memang kerokan terbukti efektif untuk menghilangkan gangguan perut kembung pada anak? Untuk diketahui oleh Anda bahwa dengan melakukan kerokan itu ternyata masih belum tentu berhasil untuk mengatasi gejala kembung yang terjadi pada perut anak Anda. Dan juga, mengerok dapat membuat pori-pori kulit jadi terbuka, di mana itu beresiko mengakibatkan bibit penyakit masuk dalam tubuh si kecil. Tindakan mengerok pun dapat menciptakan resiko pembuluh darah tepi jadi pecah, di mana tanda yang muncul yaitu warna kemerahan di kulit.

Makanan penghasil gas harus dihindari

Anda harus menghindari memberikan beberapa makanan yang dapat menghasilkan gas pada si kecil. Sebab jika Anda memberikan makanan ini, maka kondisi gangguan perut kembung yang dialami anak Anda akan semakin parah. Apa saja makanan, dan minuman tersebut? Contohnya adalah makanan pedas, minuman dingin termasuk es krim, dan minuman bersoda. Selain itu juga berbagai produk yang dibuat menggunakan susu sapi untuk anak dengan intoleransi laktosa. Gorengan dan berbagai makanan berlemak yang lain juga bisa memicu terjadinya perut kembung. Tidak lupa kacang-kacangan, seperti kacang polong, buncis, dan kacang tanah juga dapat menyebabkan perut kembung.

Sekian artikel tentang anak mengalami perut kembung, apa yang harus dilakukan? Semoga bermanfaat. Dan semoga anak Anda lekas sembuh dari perut kembung yang mereka derita.