Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka

Di zaman yang serba modern ini, perkembangan dalam dunia digital pun juga turut meningkat. Namun ternyata, yang berkembang tidak hanya dunia teknologinya saja, tapi penggunanya pun juga demikian, termasuk anak-anak. Sekarang ini, mereka yang masih berumur balita atau di bawah umur mulai menggunakan smartphone untuk kesenangan mereka, padahal masih banyak cara lain untuk menghibur hari-hari mereka.

Tapi sayangnya, karena sudah menjadi kebiasaan, mereka pun tidak bisa melepaskan smartphone atau tablet dengan mudah. Bahaya-bahaya kesehatan pun akan menghantui mereka, terutama bahaya radiasinya. Untuk menghindari akibat-akibat yang tidak diinginkan, ikuti saja cara ini agar anak Anda maupun Anda sendiri aman dari bahaya radiasi.

Penggunaan Smartphone Harus Mulai Dikurangi
Karena efek radiasinya bisa membahayakan kurangilah menggunakan smartphone 252x300 » Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka
Smartphone dikenal sebagai sumber radiasi terbesar dalam teknologi digital sehari-hari. Bagi Anda yang ingin aman dari bahayanya, kurangilah dari sekarang juga penggunaan smartphone Anda. Memang pada awalnya akan sangat sulit, karena Anda sudah terbiasa menggunakannya sebagai hiburan sehari-hari, seperti membuka media sosial atau sekedar membuka browser.

Meskipun sulit dilakukan, Anda pun juga harus berusaha menguranginya, misalnya saja mencari kesibukan yang lebih bermanfaat. Aktivitas-aktivitas tersebut bisa saja melakukan olahraga atau travelling ke berbagai tempat bersama teman-teman. Kalau sudah menemukan kegiatan yang bisa mengisi hari-hari Anda, secara otomatis Anda akan semakin berkurang dalam menggunakan smartphone-nya.

Kecerahan Layar Wajib Diatur
Mengurangi kecerahan layar juga bisa mengurangi efek radiasinya 300x199 » Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka

Sebagian orang pasti lebih menyukai cahaya layarnya lebih cerah karena bisa semakin melihat dengan jelas tampilannya, terutama di luar ruangan. Sebenarnya hal tersebut diperbolehkan, asalkan Anda menggunakan pencahayaan dengan pengaturan yang tepat.

Kalau memang di luar ruangan Anda tidak bisa begitu kelihatan layarnya, gunakan saja pencahayaan otomatis, sehingga bisa disesuaikan secara otomatis sesuai dengan cahaya yang didapatkan. Tapi kalau sedang berada di dalam ruangan, gunakan saja read mode atau mode baca, apalagi Anda memakai smartphone dengan waktu yang lama.

Dengan mode baca, mata Anda pun tidak akan mudah lelah, karena penggunaan cahaya yang tidak tepat akan memperburuk penglihatan Anda.

Istirahatkan Mata Anda Ketika Sudah Terlalu Lama Di depan Smartphone
Mata akan mudah lelah ketika berhadapan dengan smartphone terus menerus 300x225 » Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka
Mengistirahatkan mata terkadang diabaikan oleh para pengguna smartphone, komputer, atau tablet, padahal dengan membuat mata beristirahat sejenak membuat mata tidak mudah lelah atau sakit. Semakin lama mata menatap layar elektronik, fungsi matanya tentu juga akan semakin menurun, bahkan bisa mengakibatkan sakit mata.

Agar terhindar dari sakit mata atau mata kelelahan, beri jeda pada mata Anda selama beberapa menit. Sembari mengistirahatkan mata, pijat-pijatlah secara perlahan dengan tangan atau es batu agar memberi relaksasi pada mata Anda. Cara tersebut juga akan mengembalikan fungsi mata yang sudah kelelahan akibat menatap layar terlalu lama.

Kacamata Anti Radiasi yang Sudah Mulai Dipakai Sebagai Pelingung Mata
Selain dipakai untuk menatap laptop gunakan saja kacamata anti radiasi 300x202 » Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka
Agar lebih aman lagi, lebih baik pakai saja kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari paparan radiasi smartphone. Kacamata tersebut juga bisa melindungi mata Anda dari berbagai macam sinar radiasi, seperti matahari maupun komputer. Pakai saja kacamata ini kalau kegiatan sehari-hari diharuskan menghabiskan waktu di depan komputer.

Menggunakan Smartphone dengan Jarak yang Tidak Terlalu Dekat
Atur jarak pandang Anda dengan smartphone agar tidak terkena dampak langsung radiasi 300x200 » Anak Anda Sering Menggunakan Smartphone? Kenali Pencegahan Radiasi Berbahaya Bagi Mereka
Anak-anak biasanya tidak memperdulikan jarak mata dengan smartphone-nya, bahkan bisa sampai sangat dekat. Kalau terlalu dekat, bahaya radiasinya pun akan semakin berdampak buruk. Maka dari itulah, jangan menggunakan smartphone dengan jaraknya yang cukup dekat, ya.

Agar tidak terkena dampak dari radiasi, lebih baik pakai cara-cara di atas, terutama untuk anak-anak yang sudah kecanduan pada smartphone. Usahakan saja mencari kegiatan yang lebih berguna dibandingkan menghabiskan waktu di depan smartphone. Selain lebih menyehatkan, Anda akan terhindar dari bahaya radiasi.