9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Indonesia merupakan sebuah negara yang membebaskan warganya untuk memeluk keyakinan yang dipilih secara terbuka. Kemerdekaan beragama pun membuat Indonesia memiliki banyak destinasi wisata religi dari berbagai agama. Khusus untuk provinsi Jawa Barat, berikut adalah daftar tujuan wisata religi yang paling populer dan favorit, serta sayang bila sampai dilewatkan.

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung 300x165 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Berlokasi di Jalan Asia-Afrika yang monumental, masjid ini telah menjelma menjadi destinasi wisata religi Bandung. Memiliki pelataran rumput sintetis yang luas dan terawat sehingga sering dijadikan tempat beristirahat oleh wisatawan. Bila ingin menyaksikan pemandangan Bandung bisa menaiki menara masjid yang telah dilengkapi lift dengan membayar biaya Rp. 7.000,- per orang.

Vihara Vipassana Graha
Vihara Vipassana Graha 300x199 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Masih dari Bandung, tepatnya di Lembang, terdapat sebuah vihara megah dengan detail yang menyerupai vihara agung di Thailand. Vihara Vipassana Graha dapat dikunjungi secara gratis oleh wisatawan, bahkan dapat menginap dan berdiskusi dengan para Biksu. Tetapi lebih baik memberikan sedikit donasi seikhlasnya untuk membantu menunjang operasional vihara.

Katedral Santo Petrus
Katedral Santo Petrus 300x225 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Gereja Katolik ini merupakan salah satu yang tertua di Bandung dan memiliki desain bergaya Eropa yang kemudian tidak hanya menjadikannya salah satu wisata religi terkenal tetapi sekaligus ikon kota tersebut. Wisatawan dapat mengunjunginya secara gratis tetapi wajib menjaga sopan santun. Selain bangunan gereja, di sana juga terdapat Goa Maria.

Makam Sunan Gunung Jati
Masjid Agung Sang Cipta Rasa 300x180 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Lokasi wisata religi yang satu ini selalu termasuk dalam paket perjalanan ziarah wali songo. Sunan Gunung Jati sendiri merupakan Sultan Cirebon di samping penyiar Islam. Beliau sempat menikah dengan seorang putri Tiongkok bernama Ong Tien sehingga pusaranya sendiri bergaya campuran Arab, Tionghoa, dan Sunda. Pengunjung tidak dikenakan retribusi apa pun.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Makam Sunan Gunung Jati 300x200 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Masjid yang berada tidak jauh dari komplek pemakaman Sunan Gunung Jati ini merupakan masjid milik keraton dan menjadi salah satu ikon Cirebon berkat desain bangunannya yang khas karena masih mempertahankan desain awalnya berupa bata merah, kayu, dan genteng tanpa polesan. Wisatawan dapat mengunjunginya secara gratis, tetapi disarankan datang untuk beribadah.

Pura Wira Candra Dharma
Pura Wira Candra Dharma 300x200 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Berdiri megah di antara komplek Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung, sulit untuk tidak terpukau oleh pura utama bagi umat Hindu di Bandung ini. Memiliki desain yang sangat artistik, pura ini dapat dikunjungi wisatawan secara gratis kecuali saat upacara di mana pemeluk keyakinan Hindu yang bersembahyang saja boleh hadir.

Gereja St. Laurensius
Gereja St. Laurensius 300x166 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Berada di Tangerang, gereja yang satu ini memiliki desain yang sangat memukau, yakni bergaya ala negeri dongeng. Bagi yang tidak datang sendiri ke sana pasti sulit memercayai gereja cantik sekaligus unik ini ada di Indonesia. Wisatawan umum diterima di sini secara gratis selama tidak sedang digelar kebaktian dan menjaga kesopanan.

Masjid Kubah Emas
Masjid Kubah Emas 300x252 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Masjid yang berada di Depok ini telah tersohor dan menjadi salah satu destinasi wisata religi terfavorit di Jawa Barat berkat keunikan yang dimiliki. Masjid ini memiliki kubah, dinding, serta kaligrafi berlapis emas, bukan sekedar cat berwarna keemasan. Wisatawan dapat mengunjungi masjid ini tanpa dipungut biaya apa pun asal berpakaian tertutup.

Masjid Al Irsyad
Masjid Al Irsyad 300x169 » 9 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
Di Bandung, selain Masjid Raya, terdapat sebuah masjid lain yang tidak kalah menarik perhatian wisatawan, yakni Masjid Al Irsyad. Masjid ini memiliki desain menyerupai Ka’bah dengan dominan warna putih bercorak hitam serta memanfaatkan energi solar sebagai sumber listriknya. Seperti masjid lain yang menjadi destinasi wisata, masjid ini dapat dikunjungi gratis.