7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok

Sebagian besar orang yang merokok menganggap hidup tanpa rokok bukanlah hidup. Hal tersebut disebabkan mereka sudah terlalu menjadi pecandu rokok yang padahal bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh mereka. Tapi, untuk berhenti merokok tidak pernah ada kata terlambat, meskipun sangat sulit dilakukan. Selain terhindar dari segala kanker yang diakibatkan rokok, mereka juga dapat terhindar dari kemungkinan terburuk mereka, yakni kematian.

Tidak hanya itu saja manfaat berhenti merokok. Inilah 7 hal yang akan pencandu rokok dapatkan jika mereka berhenti merokok.

1. Sistem pernafasan lebih lancar
Kinerja Paru paru Bisa Semakin Lebih Baik 300x139 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Setelah beberapa waktu berhenti merokok, pecandu rokok yang sering mengalami masalah pernafasan dan terkadang sering batuk, kini mereka dapat bernafas dengan lebih baik dan frekuensi batuk dapat berkurang. Itu karena paru-paru akan mengalami peningkatan kualitas sebesar 10% dalam kurun waktu 9 bulan.

Efek merokok pada kualitas paru-paru di umur 20 tahun sampai 30 tahun masih belum terlalu terlihat, tapi Anda bisa mengeceknya dengan melakukan olahraga lari. Kalau mudah lelah dan sulit bernafas, berarti paru-paru Anda sedang bermasalah.

2. Energi dalam tubuh semakin meningkat
Bebas dari Kandungan Zat pada Rokok akan Membuat Tubuh Semakin Sehat  300x201 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Jika Anda berhenti merokok dalam kurun waktu 2 hingga 12 minggu, hal yang dapat Anda rasakan adalah sirkulasi darah semakin lancar dan energi dalam tubuh juga semakin meningkat. Tentu saja dengan meningkatnya sirkulasi darah dan energi dalam tubuh membuat segala kegiatan yang membutuhkan banyak gerak, seperti berjalan maupun berlari, bisa menjadi lebih mudah Anda lakukan.

Sistem imun dalam tubuh pun juga akan semakin meningkat, sehingga membuat Anda tidak mudah terserang flu dan pilek. Oksigen pun juga semakin meningkat yang menjadikan tubuh tidak mudah lelah dan terhindar dari sakit kepala yang terus menerus.

3. Stres berkurang
Tanpa Rokok bisa Hidup Dengan Tenang Lebih Lama 300x190 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Mungkin belum banyak tahu kalau kandungan nikotin dalam rokok dapat mempengaruhi tingkat stres penggunanya. Stres akibat rokok memang tidak begitu terlihat, karena sifat stresnya sama dengan stres yang biasa kita alami. Jadi, jika masih ada yang menganggap stres bisa berkurang karena rokok, itu adalah pernyataan yang salah.

Karena itulah, dengan mengurangi mengkonsumsi rokok, stres dapat berkurang secara alami dibandingkan menggunakan rokok. Alangkah baiknya melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat dalam mengurangi stres Anda.

4. Meningkatkan kualitas hubungan intim
Jika Anda ingin kualitas hubungan intim semakin baik, sebaiknya mulailah berhenti merokok, karena dengan berhenti merokok, sirkulasi darah semakin lancar yang membuat sensitivitas juga semakin meningkat. Tidak hanya itu saja efeknya, karena kalau prianya berhenti merokok, sperma akan semakin kuat dan kemungkinan untuk memiliki anak semakin besar.

5. Kulit menjadi tampak lebih muda
Dengan Berhenti Merokok Anda Mendapatkan Banyak Manfaat 300x200 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Kandungan pada rokok dapat menyebabkan penuaan semakin meningkat bagi penggunanya. Maka dari itulah, berhenti merokok dalam kurun waktu yang cukup lama akan membuat kulit dan wajah akan tampak lebih muda. Hal itu terjadi karena oksigen dan nutrisi akan mudah menyerap pada kulit yang bisa menghambat proses penuaan.

6. Hidup lebih lama
Merokok Dapat Membahayakan Anda dan Orang Sekitar Anda 300x189 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Seperti yang kita ketahui, rokok dapat menyebabkan kematian, karena merupakan biang timbulnya berbagai macam penyakit kronis pada organ tubuh. Kalau mulai berhenti merokok, berarti Anda telah memperpanjang kualitas hidup selama 10 tahun. Tentu Anda ingin hidup sampai usia yang lama, bukan?

7. Kesehatan orang lain dapat terlindungi
Wanita yang Berhenti Merokok Dapat Mengurangi Resiko Keguguran 300x169 » 7 Hal yang Anda Rasakan Jika Berhenti Merokok
Bahaya merokok tidak hanya ada pada pribadi penggunanya saja, karena orang lain pun bisa terkena dampaknya juga akibat asap rokok yang mereka hirup. Mereka yang selalu menghirup asap rokok lebih rentan terhadap penyakit paru-paru dan jantung dibandingkan yang merokok. Kalau Anda peduli dengan orang lain, terutama keluarga Anda, mulailah berhenti merokok demi kesehatan mereka.

Dengan mengetahui manfaat berhenti merokok, pasti ada pergerumulan dalam pikiran Anda untuk berhenti merokok. Tapi, alangkah baiknya jika Anda mulai berhenti mengkonsumsinya, karena itu pun sangat bermanfaat bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Kalau masih sulit, Anda bisa menguranginya perlahan-lahan.