7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di pulau Kalimantan. Provinsi ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak kalah pula dari tempat lain, Kalimantan Selatan juga punya banyak destinasi wisata menarik yang siap memanjakan para pelancong.

Terlebih lagi, sebagai provinsi dengan tanah yang subur, menyebabkan hutan-hutan di sana sangat indah. Perbukitannya berwarna hijau sejauh mata memandang, pantai-pantainya eksotis, dan masyarakatnya ramah. Tidak heran jika destinasi wisatanya pun selalu dilirik masyarakat, baik dari dalam pulau maupun luar pulau.

Apabila Anda tertarik bertandang ke Kalimantan Selatan, cobalah ke tempat-tempat menarik berikut ini.

Destinasi Wisata Kalimantan Selatan

1. Pasar Terapung Lok Baintan

1.Pasar Terapung Lok Baintan 300x169 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Salah satu daya tarik paling besar dari Kalimantan Selatan adalah karena adanya pasar terapung yang terkenal. Namanya adalah Pasar Terapung Lok Baintan, disebut juga Pasar Terapung Sungai Martapura. Di tempat ini, Anda bisa melihat kegiatan berdagang tetapi di atas air. Para pedagang memakai perahu sendiri-sendiri, menjual barang dagangan yang beraneka ragam. Anda dapat naik perahu klotok dan berangkat subuh jika memang tertarik untuk menikmati pasar istimewa ini.

2. Jembatan Gantung Desa Nateh

2.Jembatan Gantung Desa Nateh 300x200 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Ketika Anda pergi ke Desa Nateh, di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, jangan sampai melewatkan untuk naik jembatan gantung di sana. Jembatan gantung tersebut menghubungkan dua bukit yang jaraknya cukup berjauhan. Sambil melewati jembatan, nikmati pemandangan alam yang indah nan eksotis. Bebukitan hijau dan sungai yang mengalir jernih di bawahnya, akan membuat pikiran Anda fresh dan nyaman.

3. Goa Batu Hapu

3.Goa Batu Hapu 300x168 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Kalimantan Selatan juga punya goa yang sangat indah bernama Goa Batu Hapu. Lokasinya berada di Batu Hapu, Hatungan, Kabupaten Tapin. Goa ini sangat indah, terdapat stalaktit dan stalakmit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tidak heran jika ketika Anda berfoto di sini, hasilnya akan luar biasa memukau.

4. Rumah Jomblo Banjar Baru

4.Rumah Jomblo Banjar Baru 300x199 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Terdapat sebuah rumah, yang berdiri menantang di atas gundukan tanah nan tinggi, sangat terlihat mencolok keberadaannya di tengah-tengah lahan yang rata dengan tanah. Tidak heran mengapa rumah ini kemudian dinamakan Rumah Jomblo, karena dia berdiri sendiri, tanpa rumah lain yang menemani. Meskipun bukan tempat yang secara khusus dijadikan lokasi wisata, tapi Anda tetap bisa datang ke sini, lalu mengambil foto dengan berbagai sudut yang estetik dengan background rumah unik ini.

5. Jembatan Barito

5.Jembatan Barito 300x200 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Sama halnya dengan Jembatan Suramadu yang sering dijadikan tempat wisata masyarakat, Jembatan Barito pun demikian. Jembatan megah dan berdiri dengan kokohnya ini membentang dari Kalimantan Selatan sampai Kalimantan Tengah, di atas sungai Barito yang sangat lebar. Anda bisa menikmati keindahan sunset atau keelokan sungai Barito dari atas jembatan. Bersama pasangan atau keluarga, pasti sangat romantis.

6. Kampung Sasirangan

6.Kampung Sasirangan 300x200 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Ke Kalimantan Selatan, terutama Banjarmasin, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh batik khas Kalimantan di Sasirangan. Berbagai macam busana yang dibuat dari kain batik Sasirangan tersedia di sini. Bahkan pernak-pernik seperti tas, dompet, sampai sprei untuk kasur pun tersedia dalam motif batik Sasirangan.

7. Masjid Sultan Suriansyah

7.Masjid Sultan Suriansyah 300x166 » 7 Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang Paling Ikonik dan Wajib Dikunjungi
Apabila Anda ke Kalimantan Selatan, dan bertandang ke kota Banjarmasin, coba sempatkan mengunjungi Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini sudah sangat tua, karena didirikan sejak tahun 1526 dan selesai di tahun 1550. Setelah beribadah di masjid bersejarah ini, Anda juga bisa langsung ke Pasar Terapung Kuin karena masih satu wilayah, yaitu di Kuin Utara.

Masih banyak lagi wisata yang ada di Kalimantan Selatan, mulai dari wisata alam seperti berbagai macam pantai, air terjun, dan perbukitan, sampai wisata-wisata edukasi seperti Museum Wasaka.