7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa

Hampir semua orang di dunia sekarang ini memiliki smartphone atau telepon pintar. Kegunaannya pun beragam. Ada yang digunakan untuk melakukan pekerjaan atau menunjang kegiatan lainnya. Begitu pula dengan mahasiswa. mereka menggunakan smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Biasanya mahasiswa menggunakan smartphone agar lebih mudah dalam mencari informasi. Beberapa aplikasi berbalas pesan dipasang di gawai masing-masing agar tidak sulit dalam mencari pengumuman atau sejenisnya. Namun, lebih dari itu ternyata mahasiswa membutuhkan aplikasi lain yang bisa menunjang kegiatan yang ada. Di bawah ini adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone mahasiswa.

1. PDF + WPS Office

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuka semua jenis file. Mulai dari file dengan format word, excel, power point, hingga pdf bisa dibuka dengan aplikasi ini. Materi pelajaran dan segala file penting bisa langsung dibuka dari gawai masing-masing tanpa harus repot membukanya di laptop.

Selain membuka, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit file yang ada. Setelah itu file yang telah di-edit bisa langsung disimpan dengan menekan tombol yang tersedia.

2. Google Translate
2. Google Translate 300x169 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Sesuai dengan perkembangan teknologi, semakin banyak teknologi atau hal tertentu yang menggunakan Bahasa Inggris. Bagi sebagian orang mungkin bukan suatu masalah. Namun, bagi sebagian lain membaca teks bahasa inggris merupakan hal yang menyulitkan.

Hal tersebut bisa diatasi dengan google translate. Bukan hanya teks bahasa inggris, bahasa lainpun bisa dialihbahasakan menjadi bahasa lain sesuai dengan keinginan. Tugas-tugas yang membutuhkan alat pengalih bahasa pun bisa dengan mudah diselesaikan.

3. CamScanner
3. CamScanner 300x169 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Beberapa dokumen penting biasanya ikut disertakan ketika mengumpulkan syarat berkas di suatu acara. Dulu, diperlukan adanya scanner untuk mengubah dokumen yang ada menjadi bentuk file dengan segala format. Sekarang, ada aplikasi yang bisa memudahkan hal tersebut. CamScanner memudahkan penggunanya untuk mengubah banyak berkas menjadi suatu file yang bisa diakses secara digital.

4. Todoist
4. Todoist 300x200 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Padatnya jadwal atau kegiatan yang harus dikerjakan bukan menjadi alasan untuk melalaikan hal lainnya. Semua hal yang harus dilakukan bisa dicatat dalam Todoist. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mengingat hal apa saja yang harus dilakukan. Ada banyak pilihan bagaimana cara Todoist bekerja sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan bisa ditandai sebagai yang sudah terlaksana.

5. MoneyWise
5. MoneyWise 169x300 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Mahasiswa identik dengan uang yang harus dikelola dengan bijak. Apalagi bagi mahasiswa yang memiliki jatah yang bisa dibilang tidak terlalu berlebihan atau cukup. Aplikasi MoneyWise membantu mahasiswa untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan uang yang ada.

Hal tersebut berguna sebagai catatan agar bisa mengatur keuangan selanjutnya. Transaksi keuangan yang telah dilakukan juga bisa diubah menjadi file dengan format excel agar lebih mudah diakses dan dilihat.

6. Photomath
6. Photomath 300x200 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Sebagai mahasiswa di jurusan saintek, adalah hal yang biasa bertemu dengan soal matematika. Apalagi jika jurusan yang sedang dijalani memang benar-benar berfokus pada ilmu pasti tersebut. Beberapa kesulitan mengerjakan soal matematika sekarang bisa teratasi dengan mudah menggunakan aplikasi Photomath.

Cara kerjanya pun tidak kalah sederhana. Cukup scan soal matematika yang yang ingin diselesaikan. Secara otomatis aplikasi ini akan memberikan jawaban yang bisa membantu dalam proses belajar.

7. QR Scanner
7. QR Scanner 300x169 » 7 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Bagi Mahasiswa
Qr atau barcode semakin mudah ditemukan sekarang ini. Tidak hanya ada pada produk yang dijual di pasaran, QR code telah banyak tersebar untuk memuat informasi-informasi tersembunyi. Ada baiknya untuk memasang aplikasi QR scanner pada smartphone. Hal tersebut akan memudahkan scanning QR Code yang berisi macam-macam informasi seperti jadwal seminar dan lain-lain.