6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat

Sebagian orang pasti menganggap menghindari sesuatu yang menjadi suatu kebiasaan sehari-hari sangatlah tidak mudah, terutama kebisaan dalam mengkonsumsi makanan yang yang tidak sehat, seperti junk food atau fast food. Tidak heran kalau orang-orang mencari alasan untuk sengaja melanggar tekadnya yang ingin mengurangi makanan tidak sehat.

Sebenarnya ada banyak cara agar kita bisa mengurangi makanan yang tidak sehat, seperti beberapa strategi di bawah ini yang akan dapat membantu Anda ke depannya.

1. Membuat jadwal makanan sehat
Biasakan Membuat Jadwal Makanan Sehat Setiap Minggu 300x199 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Salah satu strategi yang tidak boleh Anda lupakan adalah membuat jadwal makanan sehat. Dengan adanya jadwal makanan sehat, tentunya setiap hari Anda lebih waspada dan ingat akan makanan yang tidak sehat. Buatlah jadwalnya setiap 1 minggu penuh untuk mengurangi rasa cemas Anda dengan kadar makanan tidak sehat yang sudah Anda konsumsi dalam 1 minggu itu.

2. Stok makanan kecil atau snack sehat dan bahan makanan sehat selalu tersedia
Usahakan Menghindari Tawaran Makanan Tidak Sehat 300x168 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Kalau Anda sudah membuat jadwalnya dan disusun dengan baik, sekarang Anda harus menyediakan stok yang cukup untuk makanan kecil atau snack dan bahan makanan sehat. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah konsumsi makanan yang tidak sehat Anda di rumah.

Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat dan pastikan Anda sudah menyiapkan catatan belanja untuk keperluan makanan sehat Anda, agar tidak membeli jenis makanan yang tidak sehat. Meskipun sulit, dengan seringnya Anda mengkonsumsi makanan sehat yang sudah di stok di rumah, tentu akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang sehat.

3. Menyingkirkan stok makanan yang tidak sehat
Yoghurt bisa Menjadi Pendamping Cemilan Sehat 300x200 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Setelah Anda membeli stok makanan yang lebih sehat, gantilah makanan yang tidak sehat di rumah Anda dengan stok yang baru tersebut. Dengan dilakukannya penyingkiran makanan yang tidak sehat akan membuat Anda tidak mudah tergoda untuk mengkonsumsinya lebih banyak lagi.

Karena itu, jika ingin memakan makanan kecil atau ingin memakan sebuah masakan, Anda bisa menggunakan stok makanan sehat yang baru saja Anda beli. Menurut penelitian, jika makanan yang tidak sehat terus menerus di depan mata Anda, maka Anda lebih cenderung mengkonsumsinya daripada makanan sehat yang tidak terlihat mata Anda.

4. Cemilan yang memiliki nutrisi tinggi
Sediakan Snack Sehat jika Sedang Lapar Sesaat 300x200 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Kalau Anda biasanya memakan cemilan di sela-sela kegiatan Anda, seperti menonton TV, berkumpul bersama teman atau keluarga, dan sebagainya, alangkah baiknya Anda memakan cemilan yang memiliki nutrisi lebih baik dan tinggi. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, tentu keinginan untuk memakan makanan yang tidak sehat dapat berkurang.

Anda bisa saja mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung lemak baik bagi tubuh Anda. Tidak hanya itu saja manfaat buah alpukat, karena lemaknya mampu membuat Anda kenyang dalam waktu yang cukup lama.

5. Merubah sajian makanan menjadi lebih sehat
Buah Alpukat Bisa Membantu Anda dalam Mengatasi Kelaparan Sesaat 300x177 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Jika Anda sering masak, buatlah masakan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi yang tinggi. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, hal tersebut bisa menjadi suatu kebiasaan yang sehat bagi Anda dan keluarga Anda. Kalau Anda merasa bosan dengan masakannya, Anda bisa mengubah tampilannya agar lebih menarik untuk disantap.

6. Waktu tidur yang cukup
Tidur yang Cukup Dapat Mengurangi Rasa Lapar Berlebihan 300x233 » 6 Strategi dalam Proses Mengurangi Makanan Tidak Sehat
Jika Anda membiasakan waktu tidur Anda kurang cukup, maka Anda akan mudah mengalami kelaparan dan sulit untuk menahan keinginan memakan makanan yang tidak sehat. Maka dari itulah, usahakan waktu tidur Anda cukup dengan tidur tidak larut malam. Usahakan pula untuk tidak makan menjelang tidur karena akan mengakibatkan gangguan pencernaan yang nantinya bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Adanya strategi tersebut tentu akan sangat efektif jika Anda melakukannya dengan cara sungguh-sungguh dan rutin. Kalaupun Anda sedang berkumpul bersama dengan teman-teman dan mengkonsumsi junk food ataupun fast food, kurangilah porsinya agar tidak memberikan efek pada proses pengurangan makanan tidak sehat Anda.